20 October 2022

by Sean Edbert

10 Game Horor Terseram Sepanjang Masa, Berani Coba?

Beberapa game horor di bawah ini sangat cocok untuk uji nyali dan memacu adrenalin Anda

Penggemar horor merapat! Karena kali ini, kami akan membahas tentang 10 game horor terseram sepanjang masa. Semua judul berikut ini pastinya dapat membuat jantung berdebar dan bulu kuduk berdiri.

Michael Myers - Image Credit: The Ithacan

Tak terasa kita telah memasuki bulan Oktober, yang artinya ajang Halloween sudah dekat. Seperti yang kita tahu, event Halloween ini identik dengan hal-hal berbau mistis atau horor. Nah, bagi Anda yang mungkin gabut di rumah dan ingin merasakan sensasi mencekam bulan Halloween, daftar ini akan cocok untuk Anda.

Karena seperti judul artikel ini, kami akan membahas tentang game-game horor yang akan membuat bulu kuduk Anda berdiri.

Tanpa basa-basi lebih lanjut, berikut adalah 10 game horor terseram sepanjang masa.

1. Outlast

Siapa sih yang tidak kenal dengan Outlast? Meski sudah berumur sekitar 9 tahun, game horor besutan Red Barrels ini masih sangat bisa membuat Anda bermimpi buruk. Dan bagi Anda yang sering menutupi ketakutan Anda dengan kedok "PC-ku kentang", Outlast seri pertama ini dapat berjalan dengan mulus di PC low-end sekalipun.

Di Outlast, Anda akan menjadi seorang jurnalis kepo bernama Miles Upshur. Sebagai jurnalis tersebut, Anda mendapat informasi tentang sebuah rumah sakit jiwa terbengkalai yang dibuka kembali oleh organisasi bernama Murkoff Corporation. Anehnya, rumah sakit jiwa itu beroperasi dalam kerahasiaan yang super ketat.

Berjiwa pernasaran, Anda akhirnya menerobos masuk ke dalam rumah sakit jiwa itu. Naasnya, ternyata di sana terdapat makhluk-makhluk mengerikan hasil percobaan yang tidak segan untuk mencabik-cabik siapa pun yang mendekat. Nah, tentu saja, Anda diharuskan bertahan hidup, kabur dari rumah sakit jiwa itu, dan melaporkan pada dunia apa yang Anda temukan.

2. Fatal Frame II: Crimson Butterfly

Tidak kalah seram dari Outlast, Fatal Frame II: Crimson Butterfly ini terbit pada 2003 untuk PlayStation 2 dan Xbox. Meski menjadi game jadul, sekuel dari Fatal Frame ini masih dianggap sebagai salah satu game terseram sepanjang masa. Menurut wikipedia, sebagian pemain bahkan terlalu takut untuk menyelesaikan cerita dari game besutan Tecmo ini.

Di game ini, Anda akan berperan sebagai Mio Amakura yang ditemani oleh saudara kembarnya, Miya Amakura. Pada tahun 1988, Mio dan Miya sedang berlibur ke tempat bermain masa kecil favorit mereka di wilayah Minakami, Jepang. Namun, saat bermain, mereka tersesat karena mengikuti kupu-kupu merah misterius yang terbang ke hutan.

Seramnya, mereka tanpa sadar memasuki sebuah desa yang berisi jiwa-jiwa orang mati yang tersiksa. Tugas Anda tentunya adalah membantu kedua gadis itu keluar dari desa terkutuk tersebut.

3. The Mortuary Assistant

Image Credit: DarkStone Digital

Nah, ini dia, game yang membuat saya bermimpi buruk. Tidak hanya seram, The Mortuary Assistant akan berhasil membuat jantung Anda bekerja ekstra. Banyaknya jumpscare, tugas-tugas yang mengerikan, hingga grafik game yang realistik, semua itu dapat membuat Anda sulit tidur di malam hari.

Sesuai judulnya, game satu ini menempatkan Anda menjadi pemagang di sebuah rumah mayat bernama River Fields Mortuary. Selama berbulan-bulan, Anda bertugas untuk membantu petugas kamar mayat untuk melakukan pembalseman dan merawat mayat dengan benar.

Nah, pada satu malam, Anda mendadak dipanggil untuk melakukan beberapa pembalseman. Tetapi, malam itu terasa lebih mencekam dari biasanya. Anda juga akan menemui beberapa kejanggalan saat melakukan pekerjaan Anda. Berani coba?

4. Nun Massacre

Nun Massacre atau juga dikenal dengan Night of the Nun merupakan game horor indie yang dirilis pada tahun 2018 lalu. Meski terbilang baru, game ini mengadopsi gaya grafik 32-bit yang membuatnya terasa seperti game horor era PS1. Dan jujur saja, gaya grafik ini juga membuatnya terasa lebih mencekam.

Sedikit cerita mengenai game ini, Anda akan berperan sebagai seorang ayah yang menerima kabar bahwa anak gadisnya jatuh sakit di asramanya. Namun, saat Anda pergi untuk menjemputnya, sebuah badai bertiup kencang yang menyebabkan jalan ke sana terhalang. Anda terpaksa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melalui hutan menyeramkan. Di tengah perjalanan itu, Anda bertemu dengan seorang suster misterius yang akan menangkap Anda.

5. Visage

Image Credit: SadSquare Studios

Baru rilis pada 2020 lalu, Visage disebut-sebut sebagai "penerus spiritual" dari salah satu game horor terseram yang pernah ada, P.T. Pasalnya, Visage memiliki plot dan gameplay yang sangat identik dengan game besutan Konami itu. Tidak hanya itu, kehororan yang disajikan oleh Visage juga tidak kalah menyeramkan dari P.T. Bahkan, para pemain memuji ketegangan dan efek psikologi yang diberikan oleh Visage.

Di game ini, Anda akan menjadi seorang pria bernama Dwayne Anderson. Pada tahun 1985, Dwayne menembak istri dan kedua anaknya lalu melakukan bunuh diri. Lalu, secara misterius ia terbangun di kamar kosong yang penuh darah. Setelah keluar dari ruangan itu, ia mendengar pesan suara dari tetangganya, Rose, yang belum melihatnya keluar dari rumah sejak tiga minggu lalu.

Saat mencoba keluar dari rumah, ternyata pintu depan rumahnya terkunci. Dan di saat itu juga, terjadi berbagai macam peristiwa gaib yang pastinya akan membuat bulu kuduk Anda berdiri. Nah, tugas Anda adalah melarikan diri dari rumah bekas TKP pembunuhan itu.

6. Alan Wake

Image Credit: Microsoft Studios

Pertama kali dirilis pada 2010, game action-horror besutan Microsoft Studios ini sangat digemari oleh para gamer hingga mendapat versi remastered-nya pada 2021 lalu. Menariknya, sekuel dari Alan Wake juga disebut-sebut sedang dalam pengembangan dan diperkirakan akan rilis pada tahun 2023. Tidak hanya itu, franchise Alan Wake ini juga akan diadaptasikan menjadi serial TV.

Sesuai judulnya, game ini mengisahkan tentang seorang novelis bernama Alan Wake yang kehilangan istrinya saat berlibur ke sebuah kota kecil, Bright Falls. Istrinya yang bernama Alice diculik oleh sesosok misterius yang menariknya ke dalam danau. Tentu saja, Anda akan berperan sebagai Alan dan harus mengungkap misteri penculikan Alice.

7. Resident Evil

Image Credit: Capcom

Siapa sih yang tidak kenal dengan serial game horor legendaris berjudul Resident Evil? Serial game besutan Capcom yang pertama kali hadir pada tahun 1996 ini masih menjadi salah satu tujuan terbaik saat ingin memacu adrenalin. Dari semua game horor, hanya franchise satu ini yang membekas di benak saya karena atmosfer horor dan keseruannya. Karena itu, tidak heran banyak judul dari Resident Evil masuk di daftar video game terbaik sepanjang masa.

Menurut saya pribadi, game RE yang paling seram adalah Resident Evil 2 dan RE7: Biohazard. Kedua game itu sangat saya rekomendasikan untuk Anda coba. Jika Anda ingin melihat sejarah serta daftar game Resident Evil secara lengkap dari tahun 1996 hingga sekarang, Anda dapat melihatnya di sini.

8. MADiSON

Image Credit: Brutal Gamer

Baru saja rilis pada bulan Juli kemarin, MADiSON merupakan game horor first-person besutan BLOODIOUS GAMES. Meski baru berumur tiga bulan, game satu ini langsung digemari oleh para pemain karena berhasil menyuguhkan atmosfer yang menegangkan, jumpscare yang tidak diduga, serta teka-teki yang menantang.

Plot dari game ini menceritakan tentang Luca, remaja berumur 16 tahun yang mendapatkan kamera sebagai kado ulang tahunnya. Ngerinya, kamera itu disebut-sebut merupakan peninggalan seorang pembunuh berantai yang meninggal 30 tahun lalu. Naasnya lagi, kamera tersebut ternyata terkutuk dan memaksa Luca untuk mengakhiri ritual misterius yang dimulai bertahun-tahun lalu.

9. Until Dawn

Until Dawn merupakan game horor interaktif yang rilis pada tahun 2015. Game horor ini mengharuskan Anda untuk memilih pilihan-pilihan yang tepat di sepanjang jalan cerita. Jangan asal pilih karena tentu saja tugas Anda adalah memastikan semua karakter di game tetap selamat. Nah, karena sistem cerita interaktif ini, Until Dawn mendapatkan banyak pujian dari pemain dan beberapa kali masuk nominasi penghargaan game.

Di Until Dawn, Anda akan mengendalikan delapan remaja yang sedang berlibur di gunung Blackwood. Tanpa disadari, ternyata mereka telah menjadi sasaran makhluk mengerikan bernama The Wendigos. Sepanjang cerita tersebut, Anda harus memilih keputusan-keputusan yang tepat agar kedelapan remaja itu tetap selamat.

10. Soma

Last but not least, ada game sci-fi horor dari Frictional Games berjudul Soma. Rilisnya di 2015 langsung mendapat feedback positif dari para pemain karena cerita dan akting suaranya. Namun, Soma mendapat kritik pedas dalam desain dan pertemuan musuh-musuhnya. Meski begitu, game ini masih berhasil mengantarkan suasana mencekam bawah laut.

Sedikit cerita tentang plot Soma, Anda sebagai Simon Jarrett terbangun secara misterius di suatu fasilitas penelitian bawah laut bernama PATHOS-II. Setelah sedikit penelusuran, Simon menemukan dirinya berada di tahun 2104, satu tahun setelah sebuah komet menghantam dan menghancurkan bumi. Ngerinya, fasilitas itu dipenuhi dengan manusia yang rusak, makhluk mengerikan, robot gila, hingga A.I. yang corrupt. 

Penutup

Itu dia tadi 10 game horor terseram yang pernah dibuat. Kira-kira yang mana nih yang bakal Anda coba? Semua game di atas pastinya akan membuat bulan Oktober (Halloween) ini sangat mencekam untuk Anda.