11 August 2022

by Galih

10 Game Kencan / Dating Sims Terbaik yang Bisa Dimainkan Sekarang

Ada banyak skenario kencan yang bisa dicoba.

Meskipun bukan yang secara terbuka populer, namun genre game kencan atau yang lebih dikenal sebagai dating sims memiliki fans yang cukup masif.

Memposisikan pemain sebagai protagonis dalam film romansa, pemain akan menghadapi berbagai macam jenis percintaan dan situasi unik dengan karakter lainnya

Dengan berbagai keputusan yang harus diambil dan beragam konsekuensinya, banyak gamer yang menggemari sisi sebab-akibat pada alur cerita game-nya.

Dan berikut adalah 10 game kencan terbaik yang saat ini bisa langsung dimainkan oleh Anda:

10. The Sims 4

The Sims 4 mungkin memang bukan game yang berfokus pada aspek simulasi kencan. Namun sistem interaksi antara karakter yang dimiliki The Sims 4 memang cukup mendalam.

Pemain dapat membuat karakter mereka menjalin hubungan dengan karakter manapun yang mereka anggap menarik. Memperdalam hubungan, bahkan hingga menikah dan memiliki keturunan.

9. My Lovely Wife

Untuk yang mencari pengalaman game kencan yang berbeda, maka My Lovely Wife ini layak dicoba. Dalam game ini pemain akan berperan sebagai laki-laki yang ditinggal mati oleh sang istri. Namun dirinya mendapat penawaran untuk mengembalikan istrinya dengan syarat yang cukup berat.

Dirinya harus mendekati para iblis perempuan 'succubus', merayu mereka untuk dapat mengekstrak 'Carnal Essence' yang nantinya digunakan untuk mengembalikan istrinya. Pemain akan memilih apa yang akan dilakukan terhadap 20 succubus yang ada.

8. Arcade Spirits

Bila Anda menyukai dating sims dan juga game arcade, maka game ini merupakan pilihan yang paling tepat. Karena game ini akan menempatkan pemain di dunia ketika game arcade masih berjaya. Pemain akan berperan sebagai anak baru di sebuah pusat game arcade bernama Funplex.

Di sana pemain akan menemui dan berinteraksi dengan berbagai karakter unik mulai dari staff lain yang bekerja di sana hingga para pelanggan yang bermain di sana. Seperti biasa, kedekatan hubungan dengan karakter-karakter di dalam game ini akan mempengaruhi ending yang akan didapat.

6. Florence

Game dating sims memang mayoritas didominasi dengan mekanisme pilihan dan konsekuensi. Dengan banyak karakter di dalamnya untuk berinteraksi. Namun Florence mengambil konsep yang berbeda dan lebih sederhana.

Pemain akan berperan sebagai Florence Yeoh yang lelah dengan rutinitasnya yang membosankan. Namun hidupnya berubah saat dia bertemu dengan seorang pemain celo bernama Krish. Dan drinya akan belajar mengenai cinta, kehidupan, hingga aktualisasi diri.

8. Doki-Doki Literatur Club Plus

Bisa dibilang game ini merupakan game paling populer yang ada di daftar. Dan hal tersebut dikarenakan plot tidak terduga yang dimiliki oleh game ini. Karena hal tersebut game ini bahkan sempat menjadi kontroversi ketika awal dirilis.

Pemain akan menjadi anggota baru dari klub literatur dan akan berkenalan dengan para anggota perempuan yang ada di sana. Plot yang lugu tersebut ternyata hanya kulit yang akan membawa pemain ke sebuah pengalaman horor psikologis.

7. Hooked on You: A Dead by Daylight Dating Sim

Bila game sebelumnya terlalu serius dan menyeramkan bagi Anda, maka game yang satu ini layak dicoba. Seperti namanya game ini memang merupakan spin-offdari game survival-horror Dead by Daylight.

Pemain akan terdampar di sebuah pulau misterius yang secara kebetulan dihuni oleh para pembunuh dari game-nya. Tugas pemain tentu adalah berinteraksi agar dapat menguak misteri yang ada. Selain itu, akan ada beberapa mini-game yang dapat dimainkan pemain di dalamnya.

5. Everlasting Summer

Selanjutnya ada game kencan yang akan memiliki alur cerita layaknya anime. Pemain akan berperan sebagai seorang laki-laki yang sangat jarang berinteraksi dengan orang lain apalagi wanita.

Namun hal tersebut berubah saat suatu hari dirinya tertidur di bus dan terbangun dengan dunia dan dikelilingi oleh orang-orang yang berbeda. Pemain kini harus berinteraksi dengan para karakter lain yang ada di sana untuk mengungkap bagaimana hal tersebut dapat terjadi.

4. Monster Prom

Sepertinya memang menjadi kecenderungan bagi para developer barat untuk mengembangkan game kencan / dating sim dengan cerita dan karkater yang tidak biasa. Seperti untuk game ini yang akan mengajak pemain menjalin hubungan dengan monster.

Tapi tenang, monster dalam game ini digambarkan dalam tampilan menarik dan humanis. Seperti biasa setiap monster ini nantinya akan memiliki kepribadian uniknya masing-masing. Game ini juga memiliki lebih dari 1.000 skenario spesifik yang bisa dicoba.

3. Persona 4 Golden

Seri Persona mungkin memang lebih dikenal sebagai sebuah RPG Action dengan sistem turn-based ikoniknya. Namun game ini juga memiliki elemen kehidupan di dalamnya. Yang memungkinkan pemain untuk berinteraksi dengan karakter lain.

Bahkan, pemain bisa menghabiskan waktu untuk berinteraksi dan menjalin hubungan dengan karakter-karakter yang ada di dalam game. Namun berbeda dari game kencan yang biasanya bermain pada skenario berujung ending. Dalam game ini, hubungan yang kuat akan memperkuat kemampuan mereka yang berguna dalam pertarungan.

2. Senren*Banka

Untuk para penggemar yang menyukai game kencan dengan gaya visual novel lebih tradisional maka game ini adalah jawabannya. Pemain akan menjadi seorang protagonis yang baru saja kembali ke kampung halamannya. Namun situasi di sana kini berbeda karena beberapa hal.

Yang pertama adalah jumlah turis dan wisatawan yang membludak di desa. Sedangkan yang kedua adanya gangguan mistis yang menyerang desa tersebut karena ulah pemain. Dan pemain kini bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah dengan para arwah ini dan tetap menjaga kampung halamannya.

1. Lucy -The Eternity She Wished For-

Game bertema robot manusia atau android memang telah banyak ada. Namun dalam game ini pemain akan berperan sebagai seorang laki-laki di masa depan. Di dunia yang futuristis tersebut android memang bukan hal yang aneh, tapi suatu hari dirinya menemukan sebuah android yang berbeda dari lainnya.

Karena android perempuan bernama Lucy tersebut menunjukkan gelagat bahwa dia memiliki perasaan. Dan pemain akan berinteraksi lebih banyak dengan Lucy dan karakter-karakter lainnya untuk mencari tahu hal tersebut.