6 Perangkat IoT Unggulan untuk Mendampingi Smartphone OPPO

Dari tablet sampai TWS dan smartwatch, perangkat-perangkat ini hadir untuk semakin memaksimalkan kapabilitas smartphone OPPO

Memulai kiprahnya sebagai produsen smartphone, OPPO kini telah berkembang menjadi perusahaan dengan portofolio produk yang bervariasi. Kendati demikian, OPPO tetap tidak lupa pada akarnya, dan sering kali produk-produk non-smartphone besutannya sengaja dirancang agar dapat melengkapi lini smartphone OPPO.

Tablet, smartwatch, earphone, kategori-kategori ini pada dasarnya disiapkan untuk memperluas ekosistem produk OPPO selagi memberikan nilai lebih bagi para konsumen setianya. Di artikel ini, kami telah merangkum deretan produk IoT besutan OPPO yang dapat dibeli di pasar tanah air.

1. OPPO Pad Air

OPPO Pad Air merupakan tablet perdana OPPO untuk pasar Indonesia. Sebagai produk debutan, ia sama sekali tidak mengecewakan, dengan bodi yang ramping dan ringan, serta layar 10,36 inci beresolusi 2K untuk menyajikan visual yang menawan.

Performanya pun tidak perlu diragukan. Berbekal chipset Qualcomm Snapdragon 680 dan RAM 4 GB + 3 GB (extended), OPPO Pad Air siap menjalankan berbagai tugas berat, termasuk yang melibatkan kegiatan multitasking secara intens. Baterainya pun masif di angka 7.100 mAh, cukup untuk pemakaian selama seharian.

Dengan harga cuma Rp3.999.000, wajar kalau tablet ini cepat sekali ludes di pasaran. OPPO pun tak lupa menawarkan sejumlah aksesori opsional untuk semakin meningkatkan kapabilitas Pad Air, yang mencakup Smart Keyboard, Smart Cover, serta Smart Stylus Pen.

2. OPPO Enco Buds2

TWS yang bagus itu tidak harus mahal, dan OPPO Enco Buds2 ini adalah bukti nyatanya. Meski dibanderol seharga Rp399.000 saja, Enco Buds2 rupanya mampu menawarkan fitur-fitur yang sepintas terkesan terlalu mahal untuk segmen harganya.

Dimulai dari desainnya, Enco Buds2 sudah kelihatan lebih premium daripada kebanyakan TWS entry-level. Kinerja audionya pun mumpuni, dengan sepasang driver berdiameter 10 mm yang mampu menyuguhkan suara bass yang mantap. Untuk keperluan berkomunikasi, perangkat ini dibekali AI Deep Noise Cancellation yang berfungsi untuk menjaga suara yang ditangkap mikrofonnya tetap jelas meski sedang berada di tempat yang ramai.

Juga tidak kalah penting adalah aspek kepraktisan yang ditawarkan, utamanya berkat fitur Open Up Flash Connect yang memungkinkan perangkat untuk terhubung ke smartphone sesaat setelah membuka tutup casing-nya.

3. OPPO Enco Air2 Pro

Punya bujet lebih besar dan butuh TWS yang lebih kapabel lagi? Anda bisa melirik OPPO Enco Air2 Pro yang dijual seharga Rp1.099.000. Ia memiliki segala yang ditawarkan Enco Buds2, plus sejumlah fitur ekstra yang tak kalah esensial seperti ukuran driver yang lebih besar, active noise cancellation (ANC), latensi yang rendah untuk gaming, serta in-ear detection yang dapat secara otomatis menyetop dan memutar kembali jalannya audio.

Kehadiran eartip silikon pada Enco Air2 Pro juga berarti TWS ini cocok bagi mereka yang rutin berolahraga, apalagi mengingat bodinya secara keseluruhan tahan debu dan air dengan sertifikasi IP54. Dalam sekali pengisian, Enco Air2 Pro mampu beroperasi sampai 7 jam nonstop, sementara charging case-nya dapat mengisi ulang perangkat sampai tiga kali.

4. OPPO Enco X

Bagi kalangan audiophile yang memprioritaskan kualitas suara di atas segalanya, mereka bisa mempertimbangkan TWS bernama OPPO Enco X ini. Berbekal unit driver ganda coaxial dan desain akustik hasil kolaborasi dengan Dynaudio, Enco X siap menyajikan kualitas audio yang alami dan berkualitas tinggi ala speaker kelas atas.

Tidak berhenti sampai di situ saja, OPPO turut membekali TWS seharga Rp1.799.000 ini dengan transmisi nirkabel LDHC, yang diklaim mampu mempertahankan lebih banyak detail ketimbang tansmisi SBC dan AAC tradisional. Terkait baterainya, Enco X tak hanya mengusung daya tahan yang awet di angka 5,5 jam, tetapi juga case yang kompatibel dengan wireless charging demi semakin memudahkan penggunanya.

5. OPPO Watch Free

Menjalani gaya hidup yang lebih sehat adalah resolusi tahun baru yang paling populer, sekaligus yang paling sulit untuk dipenuhi. Kabar baiknya, di luar sana ada banyak perangkat yang siap membantu Anda mengemban misi tersebut, salah satunya jam tangan pintar bernama OPPO Watch Free ini.

Mulai dari kegiatan berolahraga intensif sampai waktu tidur datang, Watch Free siap memonitor segala gerak-gerik penggunanya, termasuk halnya memberikan peringatan ketika laju jantung pengguna menembus batas normal. Semua informasi tersebut ditampilkan pada layar AMOLED 1,64 inci yang melengkung mengikuti kontur bodinya secara apik.

Tidak sudi direpotkan dengan satu perangkat ekstra yang harus diisi ulang secara rutin? Well, Anda salah tempat, sebab OPPO Watch Free bisa beroperasi sampai 14 hari dalam sekali pengisian. Bahkan ketika kondisi sedang begitu hectic, perangkat seharga Rp1.399.000 ini bisa bertahan seharian meski baru sempat di-charge selama 5 menit.

6. OPPO Band 2

Alternatifnya, Anda juga dapat melirik OPPO Band 2 yang dihargai lebih murah di angka Rp1.099.000. Namun jangan tertipu oleh selisih harganya tersebut, sebab perangkat ini masih sangat mumpuni untuk keperluan memonitor aktivitas sehari-hari maupun pengalaman tidur pengguna.

Secara fisik, ia juga tampil mirip seperti jam tangan dengan layar AMOLED 1,57 inci beresolusi tinggi. Bobotnya relatif ringan di angka 33 gram, dan ia siap diajak berenang ataupun menyelam dengan ketahanan air 5 ATM. Dengan daya tahan baterai hingga 14 hari, OPPO Band 2 dapat menjadi teman komuter yang sangat ideal.