16 March 2022

by Glenn Kaonang

Amazon Luncurkan Game Mirip Metaverse untuk Ajarkan Konsep-Konsep Dasar Cloud Computing

AWS Cloud Quest: Cloud Practitioner adalah game edukatif mirip metaverse yang dirancang untuk mengajarkan cloud computing secara menyenangkan

Perjalanan Amazon di industri pengembangan video gametidak bisa dibilang mulus. Namun hal itu rupanya tidak mencegah Amazon untuk terus mendalami bidang ini. Yang terbaru, Amazon meluncurkan sebuah online RPG. Namun ketimbang menyasar kalangan gamer secara umum, game anyar ini justru dibuat untuk keperluan pendidikan.

Adalah AWS Cloud Quest: Cloud Practitioner, judul dari game edukatif yang Amazon rilis baru-baru ini. Amazon merancang game ini dengan tujuan untuk mengajarkan konsep-konsep dasar cloud computing dalam cara yang menyenangkan. Jadi ketimbang membaca modul dan menonton video-video penjelasan begitu saja, kita bisa belajar dengan menyelesaikan beragam quest yang tersedia di game ini.

Sepintas tampilan game-nya kelihatan seperti konsep metaverse yang belakangan tengah marak dibicarakan. Dari segi plot cerita, AWS Cloud Quest mengisahkan perjalanan seorang praktisi cloud dalam misinya membantu penduduk suatu kota virtual memecahkan berbagai masalah menggunakan teknologi cloud. Kedengarannya mungkin agak cringe, tapi tetap terdengar jauh lebih menyenangkan ketimbang duduk diam sembari membaca dan mendengarkan materi pembelajaran.

Pada trailer-nya, kita bisa melihat seorang NPC yang meminta bantuan pemain terkait masalah yang dialami oleh server situs ramalan cuacanya, dan solusinya, tanpa perlu terkejut, adalah memigrasikan situsnya ke salah satu layanan milik AWS yang bernama Amazon S3. Setelah berhasil merampungkan berbagai simulasi dan puzzle di AWS Cloud Quest, para pemain akan dihadiahi poin. Selain untuk kustomisasi karakter, poin-poin tersebut juga bisa dipakai untuk membangun bagian-bagian dari kota virtual di dalam game, dan inilah yang pada dasarnya menjadi objektif utama yang harus dicapai agar bisa menang.

Dalam siaran persnya, Amazon menjelaskan bahwa selama bermain, pemain bakal diajak untuk mendalami kategori dan layanan-layanan utama AWS sekaligus cara membangun solusi-solusi berbasis cloud yang sederhana. "Kami ingin membuat konsep-konsep cloud computing yang abstrak menjadi nyata lewat aktivitas interaktif yang secara langsung mempersilakan pelajar untuk mempraktikkan teori," jelas Kevin Kelly selaku direktur dari Cloud Career Training Programs di AWS.

Buat yang tertarik mencoba dan ingin mengasah kemampuannya seputar cloud computing, AWS Cloud Quest: Cloud Practitioner sekarang sudah bisa dimainkan secara gratis lewat AWS Skill Builder.

Via: CNBC.