ASUS Zenfone 9 Bakal Punya Tombol Scroll Dan Hybrid Gimbal Stabilizer

Disebut Smart Key yang bisa diusap untuk menggulirkan konten di layar

Saat ini, kebanyakan orang berinteraksi dengan smartphone mereka lewat layar sentuh karena cepat, akurat, dan juga sangat responsif. Tiga gerakan utama dalam mengoperasikan smartphone adalah tap, swipe, dan scroll.

Sekarang saya ingin Anda membayangkan, bagaimana jika tombol power yang biasanya ditempatkan di kanan bodi smartphone turut dilengkapi fungsi seperti trackpad yang dulu menjadi andalan BlackBerry. Tombol ini bisa digunakan untuk menggulirkan konten di layar.

Sangat menarik bukan? Kabar baiknya, konsep ini kemungkinan bakal Anda jumpai di kehidupan nyata. ASUS tidak sengaja membocorkan video promo untuk smartphone flagship yang akan datang yakni Zenfone 9 di channel YouTube-nya.

Dalam video singkat yang bocor tersebut menampilkan adegan yang amat menarik, persis seperti yang saya utarakan di atas. Zenfone 9 akan memiliki tombol power yang disebut Smart Key yang merupakan bagian dari fitur ZenTouch yang bisa diusap untuk menggulirkan konten di layar.

Ternyata Samsung juga sudah memiliki fitur yang mirip bernama “finger sensor gestures” di smartphone lipat Galaxy Z Flip3 dan Z Fold3. Namun kemampuannya masih terbatas hanya untuk menampilkan jendela notifikasi.

Apakah ZenTouch di Zenfone 9 akan menjadi sekedar gimmick? Jelas masih perlu dibuktikan, tetapi saya pikir akan sangat berguna bagi mereka yang punya mobilitas tinggi dan yang kerap menggunakan smartphone dengan satu tangan. Saya berharap fitur ini bisa dengan mudah di on/off, misalnya dengan menekan dua kali tombolnya, dan tingkat sensitivitasnya bisa disesuaikan.

Bocoran lain dari pengguna Twitter SnoopyTech menyebut bahwa Zenfone 9 kemungkinan akan mengemas layar 5,9 inci dengan refresh rate 120 Hz yang sama seperti pendahulunya. Tampil compact, tetapi ditenagai chipset Snapdragon 8+ Gen 1 seperti ROG Phone 6 Series.

ASUS Zenfone 9 | SnoopyTech

Sektor kamera juga ditingkatkan secara besar-besaran dengan kamera utama yang membawa fitur “6-axis hybrid gimbal stabilizer” dan bakal didukung aksesori kamera “smart backpack mount”. Baiklah mari kita tunggu saja pengumuman resminya.

Sumber: TheVerge