12 August 2022

by Galih

Benchmark GPU Intel Arc A750 Tunjukkan Performa Setara RTX 3060

Intel menunjukkan hasil pengujian solid untuk puluhan game.

Intel akhirnya merilis daftar benchmark kartu grafis mereka ARC A750. Bagaimana performanya dibanding GPU lainnya?

Intel memang punya beban besar dalam peluncuran GPU terbarunya, Intel Arc. Apalagi sebelumnya masa depan GPU Intel Arc diduga tengah terancam karena masalah kualitas dan model bisnis yang kurang menarik.

Namun Intel kelihatannya ingin kembali mengembalikan fokus para fans terhadap apa yang akan ditawarkan oleh GPU mereka tersebut, yaitu performa. Kali ini, Intel memamerkan GPU performance mereka yaitu Arc A750.

Tidak tanggung-tanggung melalui postingan di blog resminya, Intel langsung merilis 48 hasil benchmark terhadap GPU Arc A750. Bahkan membandingkannya langsung dengan GPU populer milik NVIDIA, yaitu RTX 3060.

Hasil yang ditunjukkan pun terbilang cukup menjanjikan untuk Arc A750. Karena dalam hasil secara umum GPU ini lebih unggul hingga 5% dari RTX 3060. Dan Intel memberikan pengujian ke dalam berbagai rentang game yang ada di pasaran.

Berbeda dengan benchmark sebelumnya yang sangat terbatas pada game tertentu, dalam hasil pengujian ini Intel memasukkan berbagai judul termasuk game-game populer seperti Fortnite, Call of Duty: Warzone, hingga Red Dead Redemption 2.

Intel juga menjelaskan bahwa GPU Arc A750 ini akan mampu mencapai performa puncaknya ketika menjalankan game-game yang menggunakan API modern seperti DX12 dan Vulkan. Meski begitu Intel tetap optimis bahwa GPU mereka tetap dapat memberikan pengalaman gaming yang sempurna.

Selain itu. yang cukup unik dari hasil pengujian tersebut adalah GPU Arc A750 lebih mendominasi duel melawan RTX 3060 saat diuji pada resolusi 1440p. Dibandingkan di resolusi 1080p yang keduanya bersaing lebih ketat.

Meskipun terlihat memiliki performa gaming yang solid, namun banyak fans yang kini terus menunggu hasil pengujian independen. Apalagi Intel juga masih terus menyempurnakan driver untuk GPU Arc ini.

Image Credit: Intel

Karena untuk saat ini, performa yang diberikan untuk game yang dijalankan menggunakan DirectX 12 jauh lebih baik dibandingkan dengan game-game yang dijalankan menggunakan DirectX 11. Padahal untuk sekarang, DirectX 11 masih digunakan oleh mayoritas game yang ada.

Sayangnya, Intel masih belum mengumumkan kapan mereka akan merilisline-up GPU Arc mereka. Termasuk detail spesifikasi harga yang akan dibanderol untuk setiap modelnya.

Meskpun dari bocoran yang tersebar di dunia maya Intel Arc A750 akan dibanderol pada kisaran $299-$399. Yang berarti Intel punya tugas yang cukup berat menekan biaya untuk dapat mencapai target harga jual yang ada di bawah RTX 3060.