Build Beidou Genshin Impact Terbaik: Artifact, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

"If you can change something, change it. If you can't, don't waste time thinking about it." - Beidou

Beidou merupakan salah satu karakter yang power level-nya kurang dijelaskan dengan baik di Genshin Impact. Karena itulah, perlu sedikit pengetahuan dan pemahaman terkait cara kerja skill-nya. Sekuat apakah Beidou? Bagaimana meracik build terbaik untuk Beidou? Simak ulasannya berikut ini.

Build Beidou Genshin Impact Terbaik

 

Overview Gameplay Beidou

Beidou merupakan karakter B4 Electro dengan senjata claymore. Ia merupakan karakter DPS yang mampu menghasilkan damage Electro secara off-field. Karena itu, banyak yang menganggap remeh Beidou, sebab cara bermainnya terkesan sederhana dan tanpa menghasilkan angka yang fantastis.

Kekuatan terbesarnya terletak di Elemental Burst-nya, dengan memanggil naga yang akan menyerang secara memantul kepada musuh terdekat. Damage bersifat pantulan inilah yang membuat potensi damage Beidou yang terkesan rendah.

Sebagai konteks, jika terdapat 2 musuh yang berdekatan yang terkena 1 serangan Beidou, maka damage serangan tersebut akan dikalikan sebanyak 3 kali (dikali 5 pada C2). Bayangkan jika Beidou Anda berhasil melancarkan 12 kali serangan, maka akumulasi damage yang tercipta akan sangat tinggi. Berikut ini merupakan perhitungan berapa persen damage yang mampu dihasilkan.

2 targetTotal Damage (Level talenta 6 - 13)
C0 - 1x discharge402% – 612%/detik
C2 - 1x discharge670% – 1.020%/detik
C0 - 12x discharges4.824% – 7.344%
C2 - 12x discharges8.040% – 12.240%
C0 - 10x discharges4.020% – 6.120%
C2 - 10x discharges6.700% – 10.200%

(credit: Keqingmains)

Dengan mekanik pantulan tersebut, Beidou lebih cocok dimainkan ketika bermain melawan musuh berjumlah lebih dari 1. Damage yang ia hasilkan akan sangat jatuh ketika ia melawan satu musuh saja, contohnya seperti ketika melawan musuh boss.

Beidou juga memiliki mekanik unik pada Elemental Skill-nya yang tidak banyak dimiliki karakter lain, yaitu parry/counter. Walaupun membutuhkan pembiasaan refleks dan timing yang tepat, pemain akan mendapatkan kepuasan tersendiri ketika berhasil meng-counter serangan musuh, yang disebut dengan "perfect counter".

Elemental Skill - Tidecaller

Ada 2 versi Elemental Skill, yaitu ditekan dan ditahan.

Jika ditekan, Beidou akan melakukan tebasan ke depan, memberikan Electro DMG kepada musuh.

Jika ditahan, Beidou akan mengangkat pedangnya untuk menahan setiap serangan yang masuk. Damage maksimal yang bisa Beidou tahan dihitung berdasarkan Max HP Beidou. Beidou akan melancarkan serangan Electro yang lebih besar, jika ia menerima serangan setelah membentuk shield, atau durasi versi tahannya selesai.

Catatan

Damage dari skill dengan mekanik "counter" atau "parry" milik Beidou ini sebenarnya memiliki 3 jenis damage, yaitu:

  1. Level pertama adalah ketika skill hanya ditekan, memberikan base damage saja.

  2. Level kedua adalah ketika skill ini ditahan lalu menerima sekali serangan, tebasan Beidou akan mendapatkan bonus damage. 

  3. Level ketiga adalah ketika skill ditahan, lalu menerima 2x serangan. Tambahan damage yang didapatkan akan dikali 2.

Elemental Burst - Stormbreaker

Beidou akan menghantam tanah, memberikan Electro DMG kepada musuh sekitarnya, lalu memanggil buff berupa naga yang akan mengitari karakter aktif. Setiap kali karakter aktif melakukan serangan Normal Attack dan Charged Attack, buff tersebut akan melancarkan serangan Electro berantai, yang akan memantul ke musuh beberapa kali.

Selama buff tersebut aktif, damage yang diterima pemain akan dikurangi, serta mendapatkan tambahan ketahanan terhadap interupsi.

Talenta Pasif 1: Retribution

Saat menekan Elemental Skill tepat ketika sebuah serangan akan masuk, Beidou akan menghasilkan damage Electro maksimum (level ketiga).

Talenta Pasif 2: Lightning Storm

Jika pemain berhasil mendapatkan damage maksimum (atau level ketiga) dari Elemental Skill-nya , Beidou akan mendapatkan buff, yaitu:

  • Damage dan ATK SPD dari Normal dan Charged Attack-nya akan bertambah 15%.
  • Delay saat akan melancarkan Charged Attack akan dikurangi.

Catatan: Buff ini hanya akan diberikan untuk Beidou, bukan karakter aktif.

Talenta Pasif 3: Conqueror of Tides

Penggunaan stamina saat berenang akan dikurangi sebanyak 20%. Talenta ini tidak bisa ditumpuk dengan talenta lain dengan efek serupa.

Prioritas Talenta: Elemental Burst > Elemental Skill

Konstelasi

Konstelasi Penting: C2

Secara sederhana, konstelasi Beidou dapat dijelaskan seperti ini:

C1: Saat Elemental Burst diaktifkan, karakter aktif akan mendapatkan shield Electro yang dapat menyerap serangan hingga sebanyak 16% dari Max HP Beidou selama 15 detik.

C2: Target pantulan Elemental Burst akan memantul dua kali lagi.

C3: Elemental Skill bertambah 3 level.

C4: Ketika diserang, Normal Attack Beidou akan memiliki serangan Electro tambahan selama 10 detik (bukan bersifat infusion).

C5: Elemental Burst bertambah 3 level.

C6: Selama durasi Elemental Burst, Electro RES dari musuh sekitar akan berkurang sebanyak 15%.

Artifact

Karena damage Beidou sebagian besar terletak pada Elemental Burst, maka Artifact yang cocok buatnya adalah 4-pc Emblem of Severed Fate. Karena Energy Recharge cukup Beidou butuhkan untuk menggunakan Elemental Burst-nya secara konsisten, Artifact ini akan memanfaatkan stat tersebut untuk menambah damage Elemental Burst-nya.

Sebagai alternatif, Anda bisa memakai 4-pc Noblesse Oblige. Ada juga pilihan 4-pcThundersoother, ketika Anda ingin bermain di tim Mono Electro, atau di dalam tim yang konsisten memberikan aura Electro kepada musuh.

Selain itu, Anda juga bisa memakai kombinasi Artifact antara 2-pc Thundering Fury, Noblesse Oblige, Gladiator's Finale, atau Emblem of Severed Fate.

Rekomendasi ER:

  • 180-200% untuk solo Electro.
  • 160-180% jika ada Electro lain di tim.

Main stat yang dicari:

  • Sands: ATK% / ER%.
  • Goblet: Electro DMG Bonus%
  • Circlet: Crit Rate/DMG%

Prioritas substat: Crit Rate/DMG% > ATK% > Energy Recharge% >Elemental Mastery

Senjata

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Untuk senjata terbaiknya, Anda bisa menggunakan Wolf’s Gravestone. Senjata ini akan memberikan stat ATK dalam jumlah yang sangat tinggi, sehingga Anda bisa memfokuskan stat lain melalui Artifact Anda. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan senjata seperti The Unforged, Redhorn Stonethresher, Skyward Pride, Serpent Spine, dan Akuoumaru.

Redhorn Stonethresher merupakan senjata yang cukup baik, mengingat substat Crit DMG-nya yang sangat tinggi, terlepas dari efek pasifnya yang tidak cocok untuk Beidou.

Senjata F2P terbaik untuk Beidou dipegang oleh Luxurious Sea Lord. Senjata ini mampu meningkatkan damage Elemental Burst hingga 24%. Sayangnya senjata ini hanya bisa didapatkan melalui event. 

Untuk pilihan senjata lain, Anda bisa menggunakan senjata seperti Blackcliff Slasher, Rainslasher, Prototype Archaic, Favonius GreatswordSacrificial Greatsword, atau Forest Regalia.

Komposisi Tim

Tim yang sering digunakan Beidou adalah tim Taser, yang memanfaatkan reaksi Electro-Charged. Tim Taser yang paling umum digunakan beranggotakan Sucrose, Xingqiu, Fischl, dan Beidou. Walau berisi karakter-karakter B4, tim ini mampu menghasilkan damage yang sangat tinggi. Kelemahan tim ini adalah tidak adanya healer, yang bisa membuat kenyamanan bermain terganggu.

Variasi tim Taser lain yang bisa Anda gunakan adalah Childe/Ayato/Kokomi, Beidou, Fischl, dan Bennett. Karakter Hydro yang ada di tim ini bisa disesuaikan dengan jenis musuh yang sedang dihadapi. Berbeda dengan tim Taser sebelumnya, Bennett akan bertugas sebagai buffer dan healer.

Dengan munculnya elemen Dendro, hal ini tentu akan menambah variasi tim Beidou. Dengan memanfaatkan reaksi Quicken dari Dendro dan Electro, Anda bisa menggunakan tim yang beranggotakan Beidou, Fischl, Dendro MC, dan Kazuha/Sucrose. Damage Electro yang dapat dihasilkan tim ini akan sangat tinggi, berkat reaksi Aggravate, buff dari Sucrose/Kazuha, serta efek Viridescent Venerer.

Anda bisa juga menggunakan komposisi tim yang berisikan dua pasangan terkuat di Genshin Impact, lalu memasukkan mereka ke dalam satu tim. Tim ini akan menghasilkan reaksi Overload secara konsisten. Anggota tim ini adalah Beidou, Fischl, Xiangling, dan Bennett. Karena Overload akan melontarkan musuh berukuran kecil, maka Anda perlu memperhatikan jenis musuh apa yang sedang Anda hadapi.

Hyperbloom merupakan sub-reaksi Bloom (Dendro & Hydro) yang akan mereaksikan lagi Dendro Cores dengan Electro. Namun di tim ini, bukan Beidou yang akan mereaksikan Hyperbloom, melainkan Kuki Shinobu. Hal ini disebabkan karena Elemental Burst Beidou tidak akan memantul ke Dendro Cores. Contoh tim Hyperbloom yang bisa Anda gunakan adalah Beidou, Kuki Shinobu, Kokomi, dan Dendro MC.

Yoimiya merupakan salah satu DPS yang sangat mengandalkan Normal Attack di dalam gameplay-nya. Dengan demikian, Anda bisa memasangkannya dengan Beidou. Untuk karakter sisanya Anda bisa menggunakan karakter seperti Xingqiu yang Elemental Burst-nya juga terpicu oleh Normal Attack karakter aktif, Yun Jin yang mampu memberikan buff untuk Normal Atack, atau Bennett sebagai buffer dan healer.

Tips Beidou Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan demi memaksimalkan build terbaik Beidou:

  1. Walaupun Raiden Shogun merupakan Archon Electro, HoYoverse memutuskan serangan Elemental Burst-nya tidak bisa memicu Elemental Burst Beidou. Mereka berdalih bahwa serangan Normal Attack Raiden Shogun, dianggap sebagai serangan dari Elemental Burst, dan bukan Normal Attack.

Namun sebenarnya, Anda bisa menggunakan Raiden Shogun dan Beidou di dalam satu tim. Hanya saja, jangan gunakan Elemental Burst Beidou dan Raiden Shogun secara bersamaan. Dengan menggunakannya secara bergantian. keduanya memiliki sinergi yang sangat baik. Raiden Shogun mampu meningkatkan damage Elemental Burst Beidou secara signifikan serta mengisi energi Beidou dengan mudah. Untuk 2 karakter sisanya, tergantung reaksi seperti apa yang Anda inginkan.

  1. Properti damage reduction dari Elemental Skill Beidou kerap kali diabaikan, padahal kemampuan ini cukup berguna. Jika karakter aktif Anda akan menerima serangan yang tidak bisa dihindari, Anda tinggal mengganti ke Beidou, lalu menahan Elemental Skill-nya. Selain mampu menyerap damage yang besar, Beidou akan menghasilkan damage Elemental Skill yang sangat besar.

Usahakan untuk mendapatkan Elemental Skill versi ini, karena Beidou menghasilkan partikel energi Electro dengan jumlah yang lebih banyak.

  1. Elemental Burst Beidou bersifat snapshot, yaitu damage yang dihasilkan Burst-nya akan mengingat dan menggunakan stat terakhir ketika karakter tersebut mengaktifkan Elemental Burst hingga akhir durasinya. Dengan demikian, Beidou dapat memanfaatkan buff ATK dari Kujou Sara. Apalagi pada C6, buff yang dihasilkan Kujou Sara akan jauh melampaui Bennett.

Penutup

Semoga dengan penjelasan di atas, Anda bisa mendapatkan informasi yang berguna, untuk memaksimalkan build Beidou terbaik Anda. Apalagi dengan penambahan karakter yang semakin banyak di Genshin Impact, tentu Beidou akan mendapatkan variasi bermain yang lebih banyak dan lebih kuat.

Itu tadi build Beidou Genshin Impact terbaik yang bisa Anda praktikkan sendiri. Selamat mencoba!