7 August 2022

by Hans Thio

Guide Claude Mobile Legends 2022: Skill, Item Build, Tips, dan Counter-nya

"Let me introduce you to my partner, Dexter!" - Claude

Claude merupakan salah satu hero marksman terlincah di Mobile Legends. Marksman ini sulit dikuasai karena ia sangat membutuhkan item dan lemah di earlygame. Namun, ketika ia bisa melakukan farm secara bebas, ia akan menjadi marksman yang mempunyai burstdamage, DPS, serta mobilitas yang sangat tinggi.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari Claude secara detail, simak guide Claude Mobile Legends 2022 berikut.

Guide Claude Mobile Legends 2022

Image Credit: Moonton

Overview Gameplay Claude Mobile Legends

Claude adalah seorang marksman yang menyerang dengan senjata dan rekannya, Dexter. Ia memiliki skill yang bisa meningkatkan movementspeed dan skilldash. Berkat skillset-nya yang lincah, Claude menjadi salah satu marksman yang bisa mengincar hero backline dengan mudah.

Seperti marksman pada umumnya, Claude memiliki damage yang tinggi di lategame. Namun, Claude tidak mengandalkan itemcritical ataupun physicalattack yang tinggi. Damage tinggi Claude berasal dari item yang memberikan efek unik terhadap basicattack, seperti DemonHunter Sword dan GoldenStaff. Ini karena skill pasif Claude yang membuatnya mengeluarkan dua basicattack.

Penjelasan Skill Claude Mobile Legends

Pasif: Battle Side-by-side

Dexter membantu Claude di setiap basicattack, memberikan physicaldamage kepada target yang sama. Serangan ini dapat mengaktifkan efek basicattack dari item lain.

Skill 1: Art of Thievery

Claude memancarkan gelombang penganggu ke arah yang ditentukan, memberikan physicaldamage kepada lawan dalam area berbentuk kipas dan mengurangi movementspeed mereka sebesar 20% dan attackspeed mereka sebesar 10%. Untuk setiap lawan yang terkena hit, Claude memperoleh 4% movementspeed dan attackspeed (Claude mendapat 2 stack jika skill ini mengenai hero lawan).

Skill 2: Battle Mirror Image

Claude menciptakan bayangan hologram Dexter di lokasi yang ditentukan. Hologram Dexter akan menyerang lawan di sekitarnya secara otomatis selama 5,5 detik. Basicattack dari hologram Dexter memberikan physicaldamage dan dapat mengaktifkan efek basicattack yang dimiliki Claude.

Selain itu, skill ini bisa digunakan kembali.

Gunakan kembali: Claude berganti tempat dengan hologram Dexter.

Ultimate: Blazing Duet

Claude dan Dexter menembak lawan di sekitarnya secara terus-menerus selama 3 detik. Jumlah tembakan berskala dengan attackspeed Claude. Serangan ini dapat mengaktifkan efek basicattack dari item. Skill ini memberikan 300% damage kepada minion.

Selain itu, skill ini juga memberikan Claude shield yang berskala dengan atribut physicalattack.

Prioritas Upgrade Skill: Blazing Duet -> Art of Thievery -> Battle Mirror Image

Untuk penjelasan skill Claude yang lebih detail, bisa Anda cek di game atau laman resmi Mobile Legends.

Emblem Claude Mobile Legends

Support Emblem — Avarice

Image Credit: Moonton

Karena Claude memiliki mana yang boros, ia sangat membutuhkan atribut mana regen. Emblem support merupakan emblem terbaik untuk mengatasi masalah ini. Tidak hanya mana regen, emblem support juga mempunyai talent yang bisa meningkatkan pemasukan gold Claude selain dari minion.

Battle Spell Claude Mobile Legends

Image Credit: Moonton

Tanpa menggunakan battlespell ofensif, Claude sudah memiliki burstdamage maupun DPS yang sangat tinggi. Oleh karena itu, battlespell yang bisa meng-counter burstdamage dan CC, seperti Flicker, Sprint, atau Purify lebih cocok untuk Claude.

Namun, jika lawan tidak memiliki hal tersebut, Anda bisa menggunakan Vengeance battlespell yang memantulkan damage serta memberikan penggunanya damagereduction. Dengan Vengeance, Claude dapat meningkatkan daya tahannya saat menggunakan ultimate.

Item Build Claude Mobile Legends

Image Credit: Moonton

1. Warrior Boots/Tough Boots

WarriorBoots dan ToughBoots merupakan sepatu yang wajib dibeli di awal game. Ini karena dua sepatu ini memiliki atribut defense yang lumayan di early dan midgame.

2. Demon Hunter Sword

DemonHunterSword merupakan item pertama yang wajib di-build Claude. Item ini esensial untuk Claude karena pasif uniknya yaitu Devour. Devour dapat diaktifkan oleh serangan Dexter. Selain itu, item ini juga meningkatkan sedikit atribut physicalattack dan attackspeed.

DevourBasic attack akan memberikan 9% dari HP target yang tersisa sebagai physical damage tambahan. Setiap basic attack memberikan 3% physical lifesteal selama 3 detik. Efek ini bisa di-stack hingga 5 kali.

3. Golden Staff

Cocok digabungkan dengan DemonHunterSword, GoldenStaff merupakan item yang memiliki atribut attackspeed serta physicalattack. Item ini cocok dipakai bersama DemonHunterSword karena pasif uniknya yaitu EndlessStrike: Setelah setiap 2 basicattack non-critical, attackspeed dari basicattack berikutnya akan meningkat sebesar 100% dan efeknya akan aktif sebanyak 2 kali.

Dengan adanya GoldenStaff, pasif unik DemonHunterSword dapat diaktifkan dua kali dalam satu basicattack.

4. Brute Force Breastplate/Corrosion Scythe

Claude menjadi sasaran yang empuk saat menggunakan ultimate-nya. Oleh karena itu, itemdefense seperti BruteForceBreastplate dapat menjadi pilihan yang bagus untuk Claude.

BruteForceBreastplate merupakan itemdefense yang bisa meningkatkan physicaldefense, magicdefense, dan movementspeed dengan pasif uniknya, BruteForce.

Namun, jika Anda ingin membuat item damage, Anda bisa mencoba CorrosionScythe itemphysical yang memiliki kemampuan untuk memberikan efek Slow melalui basicattack. Selain itu, CorrosionScythe juga memiliki atribut dan pasif unik yang meningkatkan attackspeed.

5. Malefic Roar

Mempunyai atribut serta pasif unik yang memberikan atribut physical PEN, MaleficRoar menjadi item yang wajib di-build hero physical. Item ini sangat berguna untuk melawan hero yang mempunyai physicaldefense yang tinggi.

6. Immortality/Wind of Nature

Untuk slot terakhir, Claude dapat memakai item anti burst, seperti Immortality yang mampu memberikan hidup tambahan, atau WindofNature yang bisa membuat hero Anda kebal terhadap seluruh physical damage selama 2 detik.

Tips Claude Mobile Legends

  1. Claude dapat memeriksa bush dengan kedua skill-nya, Artof Thievery dan BattleImageMirror. Berkat hal tersebut, Claude bisa mencegah ambush dan gank dari lawan.

  2. Claude bisa meng-clear lane dengan cepat menggunakan ultimate-nya. Jika Anda berhasil meng-clear lane lebih cepat dari lawan, Anda bisa melakukan roam dan mencari gold di lane lain atau recall untuk memulihkan HP dan mana.

Dengan metode ini, Claude bisa mendapatkan gold lebih cepat dan membuat Demon Hunter Sword di early atau midgame.

Counter Claude Mobile Legends

Image Credit: Moonton

Claude memiliki kelemahan yang sama seperti marksman lainnya, yaitu efek CC dan burstdamage. Karena itu, hero yang memiliki efek CC target seperti Chou, Franco, dan Aurora dapat mematikan pergerakan lincah Claude dengan mudah.

--

Jika Anda lebih penasaran dengan hero Marksman yang lebih baru, kami juga sempat membuatkan panduan untuk Melissa. Atau, mungkin Anda lebih suka bermain dengan menggunakan Marksman yang tak kalah lincah dengan Claude? Anda bisa mencari tahu lebih jauh soal Wanwan.