26 July 2022

by Yabes Elia

Corsair Diprediksi Merugi Sampai $11 juta di Kuartal 2 2022

Karena pasar yang tidak kondusif dengan pasar gaming, menurut sang CEO.

Meski memiliki lini produk yang sangat beragam, Corsair diprediksi merugi hingga jutaan Dollar di kuartal 2 tahun ini.

Corsair adalah salah satu brand komponen PC papan atas, khususnya produk memori/RAM mereka seperti lini Dominator ataupun Vengeance yang jadi rujukan gamer, overclocker, dan para pengguna enthusiast.

Menurut perhitungan internal mereka, Corsair sendiri telah mengumumkan jika mereka memprediksi kerugian sebesar $10-11 juta (Rp149-164 miliar) untuk kuartal 2 (April-Juni).

Dalam rilisnya, Andy Paul, CEO Corsair, mengatakan, "Paruh pertama tahun ini penuh dengan tantangan, seperti yang kita prediksi sebelumnya, dengan kondisi ekonomi makro yang kurang baik memengaruhi belanja konsumen untuk gaming gear, khususnya di Eropa. Hal ini membuat banyak inventory menumpuk di gudang kami ataupun para distributor, sehingga rekanan kami menunda pemesanan baru sembari mereka mengosongkan inventory yang ada."

Meski begitu Paul pun melanjutkan jika pasar PC gaming akan kembali naik di akhir tahun ketika CPU dan GPU baru dirilis. Ia pun memprediksi tren tersebut akan terus berlanjut sampai 2023 dengan banyak komponen-komponen baru terus dirilis.

 
View this post on Instagram
 

A post shared by Hybrid.IDN (@hybrid.dojo)

Jika melihat prediksi Paul tadi, mungkin memang ada banyak lini produk dari Corsair yang relevan dengan siklus CPU ataupun GPU baru, seperti memory, PSU, cooler, dkk. Namun demikian, Corsair juga punya lini produk peripheral, seperti keyboard, mouse, ataupun headset, yang sebenarnya tidak relevan dengan siklus CPU ataupun GPU.

Apalagi persaingan di pasar gaming peripheral juga semakin sengit dengan banyaknya brand dari Tiongkok ataupun brand lokal yang juga sebenarnya rebranding dari Tiongkok juga.

Terlepas dari itu, Corsair sepertinya memang tidak menahan diri untuk mengeluarkan lini baru. Belakangan, Corsair meluncurkan keyboard mechanical pertama mereka yang dilengkapi dengan fitur hotswap, yakni Corsair K70 Pro Mini Wireless. Sebelumnya, Corsair juga bahkan merilis kursi gaming baru mereka, Corsair TC200.

Dan, beberapa bulan yang lalu, Corsair pun meluncurkan laptop gaming pertama mereka yang ditujukan untuk para streamer.

Kita lihat saja bagaimana nasib Corsair di akhir tahun ini nanti.

 
View this post on Instagram
 

A post shared by Hybrid.IDN (@hybrid.dojo)