Masuki Tahun Baru, CS:GO Kembali Tembus 1 Juta Pemain

CS:GO mendaki kembali popularitasnya sedikit demi sedikit

Counter Strike: Global Offensive atau yang lebih dikenal dengan CS:GO memang bukanlah game baru lagi. Namun di tengah gempuran game-game shooter lainnya, game ini masih menjadi salah satu yang dapat bertahan lama.

Sudah dirilis sejak 2012 silam, tentu masuk akal bila game ini mulai meredup dan kehilangan pemainnya. Namun game buatan Valve ini malah membuktikan hal yang sebaliknya di tahun 2023 ini.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh SteamCharts, game yang sudah berumur lebih dari 10 tahun ini malah mengalami kenaikan jumlah pemain pada awal tahun ini.

Selama bulan Januari 2023 ini saja, CS:GO berhasil mendapat peningkatan sebesar 14,5% untuk jumlah pemain hariannya. Bahkan game ini akhirnya berhasil menembus 1 juta pemain kembali, tepatnya 1.199.684 pemain.

Image Credit: Steamcharts

Sebelumnya, CS:GO telah kesulitan mendapat kembali 1 juta pemain hariannya sejak 2021. Bahkan jumlah pemain CS:GO sempat terpuruk hingga 750 ribu pemain pada bulan Juli 202`1.

Untungnya, selama tahun 2022 silam, jumlah pemain CS:GO berangsur-angsur naik. Meskipun dalam perjalanannya tetap mengalami naik turun, namun kurvanya tetap naik hingga akhirnya menguat di awal 2023 ini.

Uniknya, kenaikan pemain ini tidak memiliki pemicu khusus semisal update atau event baru dari Valve. Update terakhir yang diberikan Valve untuk CS:GO adalah pada pertengahan Desember lalu.

Update itu sendiri hanya mengenai medal kosmetik baru yang tentunya tidak signifikan, sehingga banyak pihak yang percaya bahwa akan dimulainya berbagai turnamen esports CS:GO tahun ini menjadi penyebab utamanya.

Hingga sekarang, sudah ada beberapa event turnamen CS:GO yang sudah diumumkan atau bahkan telah berjalan, seperti BLAST Premier Spring Groups, IEM Katowice 2023, hingga EPL S17.

Skena esports CS:GO memang terus bertahan secara konsisten. Dengan regenerasi yang terus terjaga sehingga turnamen besar seperti Major Championship dan ESL One masih tetap dapat berlangsung hingga tahun ini.

Di sisi lain, para tim dan juga pemain esports CS:GO kini harus mempersiapkan performa terbaik mereka karena beberapa turnamen penting kini sudah berjalan. Dan masih akan ada beberapa turnamen internasional besar maupun kecil yang akan dilaksanakan ke depannya.

Sementara untuk para pemain lainnya, turnamen-turnamen yang tengah berlangsung dapat menjadi pengisi waktu sembari menunggu update CS:GO Operation untuk tahun ini.