28 January 2022

by Roni Istianto

Pemain Dota 2 Bertambah Pasca Dragon's Blood Season 2

Peningkatan ini menjadi peningkatan terbanyak kedua setelah bulan Oktober 2021 saat The International 10 berlangsung.

Seperti halnya dengan game-game populer lainnya, Dota 2 juga mengalami pasang surut jumlah pemainnya sendiri. Rilisan patch terbaru, turnamen Major, hingga The International adalah momentum saat Dota 2 mendapatkan kenaikan jumlah pemain. Akan tetapi dengan adanya serial anime Dota 2 yang dirilis di Netflix, muncul faktor baru yang berpengaruh pada jumlah pemain Dota 2.

Melalui Steam Chart, grafik jumlah pemain Dota 2 pada bulan Januari 2022 ini mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan ini menjadi peningkatan terbanyak kedua setelah bulan Oktober 2021 saat The International 10 berlangsung. Sedangkan peningkatan tertinggi ketiga terjadi pada bulan April 2021 lalu saat Valve merilis patch dan hero terbarunya.

Sumber Gambar: Gosugamers

Peningkatan jumlah pemain pada bulan Januari ini mencapai hampir 9% atau sekitar 40.388 pemain dengan jumlah pemain tertinggi bersamaan (concurrent players) mencapai 786.118. Sedangkan satu-satunya momen yang terjadi belakangan ini adalah rilisnya serial Dota 2, Dragon's Blood Season 2. Mungkin memang kenaikan jumlah pemain dan tanggal rilis anime tadi yang berdekatan hanya kebetulan, tapi mungkin juga memang ada kausalitas antara keduanya.

Seperti yang ditunjukkan grafik di bawah ini, sejak rilis Dragon's Blood Season 2, jumlah pemain tertinggi terus meningkat dari 656.333 pada 18 Januari menjadi 786.611 pada 23 Januari. 

Sumber Gambar: Gosugamers

Namun korelasinya bukan hanya itu saja. Popularitas hero-hero yang ada di serial animasinya ternyata juga meningkat. Marci, hero terbaru yang dirilis setelah Dota 2 Dragon's Blood Season 1 kemarin mengalami peningkatan jumlah pick-nya pada awal tahun 2022 ini. Hal serupa juga terjadi pada Mirana. Mirana adalah salah satu tokoh sentral dalam Dragon's Blood, yang mengalami kenaikan jumlah pick rate sebesar 1,5% pada bulan Januari ini.

Sumber Gambar: Gosugamers

Sayangnya, tidak semua karakter yang ada dalam serial animasi ini mendapatkan jumlah kenaikan pick rate. Hero seperti Dragon Knight, Lina, Invoker, dan Terrorblade tidak mengalami jumlah kenaikan yang serupa dengan Marci dan Mirana.

Sumber Gambar: Gosugamers

Dragon's Blood Season 2 mungkin memang tidak sebagus Season 1 lalu dan mungkin tidak memenuhi harapan beberapa penggemar. Tetapi angka-angka yang ada menunjukkan bahwa serial animasi ini dapat membawa pemain lama atau pemain baru untuk kembali memainkan game Dota 2.Kita lihat saja apakah kenaikan jumlah pemain Dota 2 ini akan berlangsung terus menerus. Ataukah hanya jangka pendek saja pasca dirilisnya Dota 2 Dragon's Blood Season 2.