30 September 2022

by Yubian Asfar

Eizper Chain Illustrator Contest, Ajang Lomba Para Ilustrator dengan Hadiah Jutaan Rupiah

Eizper Chain melihat potensi di balik karya Game Action RPG berbasis blockchain di tangan karya anak bangsa

  1. Seni ilustrasi memang memiliki peran penting dalam berbagai macam industri kreatif termasuk di dalamnya ada industri video game. Eizper Chain yang menjadi salah satu developer game lokal asal Bandung ingin memperluas peran ilustrasi sebagai daya tarik utama dalam kehadiran sebuah game.

Nantinya daya tarik ini dapat dilihat di berbagai macam karya salah satunya adalah splash art. Banyak sekali game yang dipromosikan lewat ilustrasi seperti splash art dan tentunya bisa membawa nama baik developer game sekaligus memperkenalkan sang pembuat splash art sebagai illustrator.

Mengenal Konsep Splash Art

Sumber: ECIC

Istilah splash art mungkin belum banyak dikenal, meski untuk gamers sering melihat saat bermain game. Biasanya yang lebih familiar dengan istilah ini adalah game developer serta mereka yang berkecimpung di dunia ilustrasi.

Padahal splash art juga bisa dinikmati oleh hampir semua orang, termasuk orang-orang awam. Splash art sendiri merupakan bagian atau section pada game biasanya hadir dalam gambar ilustrasi, yang ditampilkan saat peralihan layar di loading screen dari sebuah game maupun aplikasi.

Meski memiliki konsep gambar atau karya secara umum, tetapi splash art kini lebih identik dengan dunia game karena banyak digunakan untuk mempromosikan karakter, boss baru, hingga event terbaru dari sebuah game.

Sumber: ECIC

Dalam sebuah splash art juga sering kali ditampilkan sejumlah visual yang dikemas dengan komposisi, warna, gesture, pose, ekspresi, hingga setting dari tiap karakter hingga bisa meyampaikan kesan dan informasi dengan efektif.

Tentu splash art yang baik akan dapat menonjolkan keunggulan karakter sebuah game agar para pemain tertarik untuk memainkannya. Tidak jarang, splash art yang menarik dapat mendongkrak penjualan dari sebuah karakter game di kalangan komunitas.

Eizper Chain Illustrator Contest, Upaya Dongkrak Pamor Splash Art

Sumber: ECIC

Melihat potensi tersebut, Eizper Chain, yang merupakan GameAction RPG berbasis blockchain karya anak bangsa ingin mengajak generasi muda Indonesia untuk mengenal lebih jauh tentang splash art.

Melalui sebuah event yang berjudul Eizper Chain Ilustrator Contest atau disingkat ECIC, Eizper Chain membuat sebuah wadah bagi para illustrator untuk berkompetisi membuat karya ilustrasi terbaik mereka dalam bentuk splash art.

Kompetisi Eizper Chain Ilustrator Contest akan digelar dari tanggal 26 September sampai 5 November 2022 dan didukung oleh juri yang memiliki reputasi di dunia ilustrasi seperti, Digital Concept Artist Aedel Fakhrie atau yang lebih dikenal dengan @kontrolaltdelt dan juga para juri yang memiliki reputasi di dunia game seperti perwakilan dari Agate, RRQ Guild, dan Sangnila.

Selain kompetisi, nantinya di dalam event ECIC ini juga peserta dapat mengikuti talkshow bertema Splash Art in Game Industry pada tanggal 8 Oktober. Pada sesi kali ini juga akan dihadiri oleh para profesional berlatar belakang game maupun ilustrastor yang juga termasuk juri dari ECIC.

Sumber: ECIC

Diharapkan, kompetisi dan talk show ini bisa memfasilitasi para illustrator muda agar bisa lebih mengenal tentang besarnya peran splash art yang dibuat oleh seorang illustrator untuk mempromosikan karakter di dalam game.

Selain itu, kompetisi satu ini juga diharapkan mampu menunjukkan bakat yang dimiliki oleh anak-anak muda Indonesia kepada Eizperians (pemain dan peminat game Eizper Chain) yang berada di dalam maupun luar negeri.

Sumber: ECIC

Tertarik untuk membuktikan kemampuan ilustrasi Anda di kompetisi kali ini? Yuk daftarkan diri Anda di sini!

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kompetisi persembahan Eizper satu ini, Anda juga dapat bergabung ke grup telegram Eizper Chain di sini!