Pilihan Enchantment Minecraft Terbaik Untuk Senjata, Armor, dan Tools

Kuasai dunia Minecraft dengan beberapa kekuatan enchantment terbaik berikut ini.

Encantment merupakan salah satu fitur paling penting dan paling powerful. Inilah guide enchantment Minecraft terbaik untuk memaksimalkannya.

Damage dan protection dari senjata dan armor Anda sudah tidak memuaskan? Daftar enchantment terbaik di Minecraft berikut ini mungkin dapat menjadi referensi Anda dalam meng-enchant.

Kehadiran Minecraft 1.19 "The Wild Update" memang membawa segudang konten baru. Termasuk boss fight baru yang menempati Deep Dark biome bernama Warden. Tidak kalah dari boss lainnya, sang Warden ini dapat menuntaskan Anda hanya dalam tiga pukulan lho!

Image Credit: MOJANG

Nah, bagaimana sih cara mengalahkan Warden dengan damage dan health-nya yang super tebal? Tentunya dengan meng-enchant senjata dan perlengkapan Anda dengan beberapa enchantment terbaik berikut ini. Namun, bagi yang belum tahu cara menambahkan enchantment di perlengkapan Minecraft, Anda dapat menyimak panduan lengkap yang kami buat beberapa waktu lalu di sini.

Tanpa basa-basi lebih lanjut, berikut adalah daftar enchantment terbaik di Minecraft lengkap untuk armor, senjata, dan perlengkapan Anda.

Enchantment Terbaik di Minecraft

Pertama, kami akan membahas tentang enchantment terbaik yang bisa ditambahkan ke item apa saja. Artinya, enchantment di bawah ini cocok untuk semua armor, senjata, dan perkakas.

1. Mending

Menurut saya pribadi, Mending ini merupakan enchantment terbaik yang wajib Anda gunakan. Pasalnya, enchantment satu ini dapat mengisi kembali daya tahan item Anda dengan mengambil XP dari membunuh mobs maupun mining. Jadi, jika daya tahan senjata Anda sudah sekarat -- Anda tinggal farming mob dan senjata yang digunakan akan kembali seperti baru.

Namun, Mending ini tidak bisa didapatkan melalui Enchanting Table. Anda harus mencarinya dalam bentuk Enchantment Book yang biasanya hadir di beberapa tempat seperti Jungle Temple dan Stronghold. Jika beruntung, Enchantment Book yang berisi Mending juga bisa didapatkan saat memancing atau trading dengan Villager yang berprofesi sebagai Librarian.

2. Unbreaking

Mirip seperti Mending, Unbreaking ini juga dapat memperpanjang daya tahan item Anda. Bukan dengan mengisi kembali, enchantment satu ini memungkinkan item Anda untuk tidak kehilangan durability saat digunakan. Enchantment ini dapat diperoleh dari Enchanting Table, membuatnya lebih mudah didapatkan dari Mending.

Kedua enchantment di atas ini sangat cocok untuk diaplikasikan ke item-item Anda untuk menambah daya tahannya. Apalagi jika item Anda sudah memiliki kombinasi enchantment 'god-tier' seperti di bawah ini.

Enchantment Senjata Terbaik di Minecraft

Image Credit: Gamer Journalist

Jika tadi kita sudah membahas enchantment yang bisa digunakan untuk semua item, kini kita akan masuk ke enchantment yang hanya dapat ditambahkan ke senjata-senjata. Daftar berikut akan dibagi berdasarkan tipe senjata, yaitu Sword, Axe, Bow, Crossbow, dan Trident.

1. Sword

    • Sharpness: Enchantment satu ini dapat meningkatkan damage yang dihasilkan oleh Sword Anda. Jadi, melakukan boss fight, PvP, atau sekadar menghabisi mob akan menjadi lebih mudah. Bahkan, dengan Sharpness V (tier tertinggi enchantment Sharpness) -- Sword Anda dapat membunuh sebagian besar mob dengan satu pukulan. Enchantment ini juga dapat ditambahkan ke Axe.
    • Fire Aspect: Sesuai namanya, Fire Aspect ini dapat 'menambahkan api' ke pukulan Anda. Yup... Enchantment satu ini dapat membakar musuh Anda tiap serangan yang Anda berikan. Menariknya, saat digunakan untuk membunuh Pig, Sheep, atau mob yang menjatuhkan daging-dagingan -- daging yang dijatuhkan akan langsung matang.
    • Sweeping Edge: Enchantment satu ini dapat meningkatkanSweeping Attack (area attack) yang dikeluarkan oleh Sword Anda. Jadi, jika Anda sering melawan mob tawuran alias berkelompok -- Sweeping Edge ini dapat memukul hingga 10 mob sekaligus. Sayangnya, enchantment ini hanya tersedia di Minecraft: Java Edition.

2. Bow

    • Infinity: Menurut saya, enchantment ini wajib ada di Bow Anda. Sesuai namanya, Infinity ini dapat mengubah satu Arrow di Inventory Anda menjadi tidak terbatas. Jadi, meskipun Anda hanya memiliki satu Arrow -- Anda dapat menggunakan Bow Anda tanpa khawatir menghabiskan amunisi. Sayangnya, enchantment ini tidak dapat dikombinasikan dengan Mending.
    • Flame: Secara garis besar, Flame ini dapat didefinisikan sebagai Fire Aspect untuk Bow. Pasalnya, dengan Flame ini -- Bow Anda dapat menembakkan Arrow yang terbakar. Jadi, semua mob atau pemain lain yang terkena tembakkan Anda akan langsung terbakar.
    • Power: Sesuai namanya, enchantment Power ini dapat menambahkan damage yang dihasilkan oleh Bow Anda. Musuh yang kena tembakan Anda akan menerima damage yang lebih besar dari biasanya. Ini membuat pertarungan akan jauh lebih mudah.

3. Crossbow

    • Multishot: Jika Crossbow biasa hanya mengeluarkan satu Arrow per tembakan, Multishot ini memungkinkan Anda untuk langsung mengeluarkan tiga Arrow sekaligus. Ini membuatnya sangat cocok saat dipakai untuk menyerang rombongan mob.
    • Quick Charge: Enchantment ini dapat mengurangi waktu reload Crossbow Anda. Jadi, Crossbow Anda dapat menembak lebih cepat. Bahkan, dengan Quick Charge V (tier tertinggi-nya) -- Crossbow dapat menembakkan Arrow secara instan.

4. Trident

    • Loyalty: Enchantment satu ini sangat wajib nih untuk digunakan pada Trident Anda. Pasalnya, Loyalty ini dapat mengembalikan Trident Anda ke Inventory secara otomatis selang beberapa detik setelah dilempar. Jadi, Anda tidak perlu khawatir menghilangkan Trident Anda saat digunakan.
    • Riptide: Menjadi salah satu enchantment paling asyik, Riptide dapat mengubah Trident Anda menjadi alat transportasi. Dengan Riptide, Anda dapat ikut terbang bersama lemparan Trident ala-ala Aquaman. Namun, Riptide hanya dapat digunakan saat berada di dalam air atau saat hujan maupun bersalju.

Enchantment Armor Terbaik

Berikutnya, kita akan lanjut ke beberapa enchantment terbaik yang dapat memberikan Anda proteksi lebih baik saat menerima serangan. Beberapa enchantment di bawah ini akan dibagi sesuai tipe Armor-nya.

1. Semua Armor

Enchantment-enchantment berikut ini dapat ditambahkan ke semua jenis Armor yang Anda punya.

    • Protection: Enchantment satu ini sangat wajib untuk digunakan pada Armor Anda. Sesuai namanya, Protection dapat memberikan proteksi ekstra dengan mengurangi damage yang akan diterima oleh pengguna Armor secara drastis. Namun, Protection ini tidak dapat melindungi Anda terhadap damage dari effect Poison, api, Potion of Harming, dan sebagainya.
    • Thorns: Cocok untuk PvP, Thorns dapat mengembalikan sebagian damage yang Anda terima ke penyerang. Namun, enchantment satu ini dapat menghabiskan durability Armor Anda lebih cepat. Jadi, sangat direkomendasikan untuk mengombinasikan Thorns dengan Unbreaking atau Mending.

2. Helmet

    • Respiration: Bagi yang suka menyelam, Respiration ini akan sangat berguna bagi Anda. Pasalnya, enchantment ini dapat memperpanjang napas Anda di bawah air. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kehabisan udara saat menyelam.

3. Boots

    • Frost Walker: Dengan Frost Walker, Anda bisa membekukan air dengan menginjaknya -- membuat Anda dapat berjalan di atas air. Artinya, Anda tidak lagi memerlukan Boat untuk menyebrangi sungai. Sayangnya, layaknya Mending -- Frost Walker ini tergolong sebagai Treasure Enchantment. Jadi, Anda tidak akan menemukan enchantment satu ini di Enchanting Table.
    • Feather Falling: Sesuai namanya, enchantment ini dapat memperhalus pendaratan Anda saat jatuh dari tempat yang tinggi. Dengan kata lain, Feather Falling dapat mengurangi fall damage yang Anda terima.

Enchantment Tools Terbaik

Lanjut lagi, kini kita akan membahas tentang enchantment terbaik yang bisa ditambahkan ke Tools atau perkakas Anda. Enchantment berikut ini cocok untuk diaplikasikan ke Pickaxe, Axe, Shovel, dan Hoe.

    • Efficiency: Sesuai namanya, enchantment ini dapat meningkatkan efisiensi dari Tool Anda. Artinya, semua Tool dengan enchantment ini speed-nya akan bertambah. Efficiency juga dapat meningkatkan kesempatan Axe dalam menonaktifkan Shield lawan.
    • Fortune: Enchantment satu ini wajib ada di Pickaxe Anda. Pasalnya, Fortune dapat meningkatkan item drop yang dihasilkan dari mining. Jadi, saat menemukan Diamond -- Anda bisa mendapatkan hingga empat Diamond dari satu Ore.

Penutup

Itu dia tadi semua enchantment terbaik di Minecraft yang bisa Anda gunakan untuk item-item Anda. Meskipun ada beberapa yang tidak bisa dikombinasikan satu dengan lainnya, semua enchantment di atas pastinya dapat memudahkan pemainan Minecraft Anda.

Nah, jika Anda belum mengetahui cara melakukan enchantment di Minecraft -- Anda dapat melihat panduan lengkap yang telah kami buat beberapa waktu lalu di sini.