FIFA 23: Mengenal Berbagai Fitur Baru, Career Mode dan Perbedaan Gameplay

Game ikonik, FIFA 23 kian spesial mengingat jadi seri kerja sama terakhir antara Electronic Arts dan juga FIFA

Salah satu judul game yang memiliki sejarah panjang dalam dunia sepak bola, FIFA kembali hadir dengan seri terbarunya yaitu FIFA 23. Seri judul game tersebut akan resmi dirilis oleh Electronic Arts pada tanggal 30 September 2022.

Untuk platform game, FIFA 23 bisa Anda mainkan pada konsol PlayStation 5 , PlayStation 4, Xbox Series X, Xbox One, dan PC dengan sistem operasi Windows.

FIFA 23 sendiri akan menjadi judul game terakhir di serinya mengingat kerja sama yang tidak diperpanjang oleh FIFA dan Electronic Arts. Sebagai momen penting menandai kerja sama panjang tersebut, Electronic Arts memberikan banyak hal yang berbeda di game tersebut.

FIFA 23, Hadirkan Ikon Sepak Bola Pria dan Perempuan

Sumber: FIFA 23

Sebagai salah satu judul game sepak bola yang memiliki sejarah panjang, FIFA selalu memilih sosok ikonik untuk cover di game miliknya. Beberapa nama bintang besar seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Wayne Rooney, Thierry Henry, Ronaldinho sempat mengisi cover game FIFA.

Untuk seri FIFA 23 ada sedikit perbedaan karena ada dua ikon yang dihadirkan dari sepak bola pria dan perempuan. Dua figur yang dihadirkan adalah Kylian Mbappe dari Paris Saint-Germain dan Samantha Kerr dari Chelsea FCW.

Kehadiran dua figur dari dua sepak bola yang berbeda gender ini menjadi hal yang sangat menarik saat pengumuman game FIFA 23.

FIFA 23 Ultimate Team (FUT)

Sumber: FIFA 23

Fitur yang tidak bisa lekang dari semua gameFIFA 23 adalah FIFA Ultimate Team. Sama seperti seri-seri sebelumnya, Electronic Arts selalu membawa perubahan di setiap serinya dan kali ini giliran FIFA 23.

Apa saja hal yang berbeda di seri game tahun ini? Apakah ada kejutan yang layak sebagai seri game terakhir dari kerja sama FIFA dan Electronic Arts kali ini?

Fitur Cross Play Jadikan Kompetisi FUT Lebih Sengit

Sumber: FIFA 23

Fitur yang sangat mengejutkan adalah cross-play, Anda kini bisa bertanding melawan teman Anda tanpa harus memiliki konsol yang sama. Benar, FIFA 23 bisa dimainkan oleh beberapa konsol seperti PlayStation 5, PlayStation 4, Xbox One, Google Stadia, dan juga PC.

Perbedaan mendasarnya adalah ada di dua tipe yaitu sistem Online Frendlies dan Online Seasons. Singkatnya, tidak semua konsol bisa bertemu satu sama lain, melainkan ada beberapa tipe saja yang memungkinkan Anda bertemu lawan dari konsol lain, berikut di bawah ini detailnya.

Sumber: FIFA 23

Selain konsol tentu ada beberapa hal yang juga menjadi perhitungan tambahan yaitu matchmaking dan sistem Transfer Market atau sesi transfer pemain.

Dengan kehadiran fitur cross-play di FIFA 23, maka FUT Transfer Market akan diperluas dan bisa dilakukan tanpa harus menggunakan konsol yang sama. Meski begitu, sesi Transfer Market juga memiliki beberapa platform saja yang bisa melakukan fitur jual-beli pemain, seperti:

Konsol FUT Transfer Market

  1. PlayStation 4
  2. PlayStation 5
  3. Xbox One
  4. Xbox Series X|S
  5. Stadia

Fitur ini akan memungkinkan pemain pengguna konsol di atas untuk melihat item yang Anda jual. Contoh, bila Anda menjual pemain melalui Google Stadia, maka pemain yang menggunakan PlayStation 4 dapat melihatnya.

FUT Transfer Market Individu

  1. PC
  2. Nintendo Switch

Meski demikian, dua konsol di atas tidak dapat menggunakan fitur cross-play untuk Transfer Market. Jadi bila Anda memainkan FIFA 23 di PC, maka jumlah pemain yang tersedia hanya di PC, begitu juga untuk Nintendo Switch.

Penyegaran FIFA Ultimate Team, Kini Lebih Fleksibel

Sumber: FIFA 23

Ada beberapa penyegaran yang didatangkan Electronic Arts dalam salah satu mode terpopuler di game miliknya yaitu FIFA Ultimate Team (FUT). Pada seri kali ini Anda bisa membuat sebuah tim dari rangkaian pemain-pemain bintang dan menyesuaikan chemistry seluruh tim.

Koneksi Antar Pemain

Sumber: FIFA 23

Pemain di FIFA 23 sekarang bisa memberikan koneksi yang antara pemain tanpa harus di formasi berdampingan. Dengan kata lain, kini seorang striker sebagai ujung tombak juga bisa tetap terhubung dan mendapatkan chemistry point dengan seorang kiper belakang jajaran bek.

Indikator Chemistry yang Variatif

Sumber: FIFA 23

Bila Anda perhatikan ada indikator baru di FIFA 23 yang berbentuk tiga logo berlian. Sebenarnya konsep ini sama seperti dengan seri FIFA Ultimate Team lainnya, namun Anda memiliki chemistry yang dibagi menjadi 3 indikator yang berisikan pemain dari level klub, liga, dan negara.

Tambahan Attribute Pemain

Sumber: FIFA 23

Setiap pemain di tim Anda akan memiliki attribute dasar yang menunjukkan sisi chemistry di antara pemain-pemain di susunan tim.

Anda juga bisa melihat ikon tanda seru ketika pemain yang Anda pilih berada di luar posisi aslinya. Tentunya semakin banyak chemistry point yang diraih (0 sampai 3 poin), maka semakin baik juga permainan yang dihasilkan oleh pemain pilihan Anda di formasi tim.

Positioning Pemain Kunci

Sumber: FIFA 23

Sembarangan melakukan pertukaran pemain? Maka bersiaplah dengan penurunan attribute pemain kunci Anda. FIFA 23 mengenalkan fitur positioning yang memungkinkan pemain Anda untuk memiliki 3 posisi di luar posisi utama.

Sebagai contoh, Joao Cancelo merupakan seorang bek kanan (RB), namun dia bisa memiliki posisi lain untuk ditempatkan di berbagai formasi seperti gelandang bertahan (DMF), bek sayap kiri (LB), hingga bek sayap kanan (RWB).

Kartu FUT Heroes, Kolaborasi Unik dengan Marvel

Sumber: FIFA 23

Apa jadinya bila pemain sepak bola memiliki gaya bertanding selayaknya pahlawan super? Rupanya Electronic Arts mewujudkan 'ide gila' tersebut melalui FUT Heroes bersama dengan Marvel.

Kerja sama ini menjadi yang pertama sepanjang 14 tahun sejarah FIFA Ultimate Team dirilis. FUT Heroes merupakan seri pack pemain yang memiliki gaya khusus dengan gaya pahlawan super.

Untuk seri FUT Heroes bersama Marvel, hanya dihadirkan 21 pemain untuk memperingati tim yang bertanding di FIFA World Cup 2022 Qatar dan jajaran legenda dari beberapa negara.

Sumber: FIFA 23

Isi dari pack pemain FUT ini tentu memiliki gaya pahlawan unik para legenda sepak bola seperti Nakata dari Jepang, Crouch dari Inggris, Jay Jay Okocha dari Nigeria, Yaya Toure dari Pantai Gading, Diego Forlan dari Uruguay, dan lain sebagainya.

Buat Stadion Khas Sesuai Tim Anda

Sumber: FIFA 23

Mewujudkan sebuah tim yang kuat tentu tidak lengkap tanpa atmosfer stadion yang berbeda. Dalam seri FIFA 23 FUT, kini Anda bisa melakukan perubahan berbagai aspek saat bermain di laga kandang.

Beberapa hal yang bisa Anda rubah adalah warna ciri khas yang dihadirkan para fans, spanduk dukungan, logo yang hadir di digital, chant para supporter, dan lain sebagainya.

FIFA 23 Career Mode

Fitur FIFA 23, Penyegaran Gameplay Career Mode

&feature=emb_title

Bermimpi menangani sebuah tim sepak boal besar? Anda bisa mengukur sejauh mana Anda bisa mengatur dan membentuk tim sebagai seorang manajer atau pelatih.

FIFA 23 tetap membawa fitur terkenal ini dan menghadirkan beberapa penyegaran. Apa saja fitur career mode yang akan hadir di FIFA 23?

Fitur Kepribadian Pemain

Sumber: FIFA 23

Kini FIFA 23 Career Mode membawa hal yang sangat unik yaitu Player Personality atau bisa disebut kepribadian pemain. Fitur ini bisa menjadi pertimbangan apakah Anda harus memilih suatu pemain ke dalam formasi tim atau tidak.

Singkatnya, kepribadian pemain akan dibagi menjadi 3 hal utama dengan berbagai kecenderungan sifat, antara lain:

  • Mavericks: Para pemain yang oportunis dan agresif dalam mengejar gol, fokus pada kesenangan individu dan bergerak sesuai intiuisi. Pemain satu ini juga mencari kebebasan di dalam dan di luar lapangan.
  • Virtuoso: Para pemain yang memiliki kemampuan tinggi serta pintar membaca situasi. Pemain dengan kepribadian ini bisa memberikan perbedaan di pertandingan, pribadi yang inisiatif di dalam dan di luar lapangan.
  • Heartbeat: Kepribadian yang fokus pada cara sang pemain mencerminkan situasi pribadinya yang berdampak pada kondisi tim. Watak ini sangat bergantung dari segi pemain terkait empatinya seperti mengunjungi rekan setim yang cedera di rumah sakit, membeli barang mewah untuk kebutuhan egonya, atau menjadi sosok pemimpin di tubuh tim.

Fitur yang menarik dari aspek ini adalah Anda bisa membuka beberapa fitur dari ketiga kepribadian pemain yang akan memberikan status tambahan. Tentu semakin tinggi status kepribadian pemain, maka ada beberapa hal yang bisa dihasilkan dan mampu memberikan kontribusi ke tim Anda.

Fitur Playable Highlights

Sumber: FIFA 23
Playable Highlights merupakan fitur yang akan memberikan skenario pertandingan atau situasi yang memperlihatkan suatu hasil pertandingan. Fitur ini sangat dipengaruhi dari seberapa kuat pemain yang dimiliki, koneksi antara pemain, hingga strategi yang digunakan.

Dalam fitur ini Anda tidak perlu memainkan tim Anda, namun cukup melihatnya selayaknya seorang manajer dan memberikan instruksi. Cuplikan permainan juga terbagi ke beberapa skenario seperti serangan balik, kesempatan serangan yang gagal seperti tendangan meleset atau crossing, dan tentunya tendangan pinalti.

Tampilan Menu yang Berbeda

Sumber: FIFA 23

FIFA 23 Career Mode juga membawa beberapa penyegaran lain di luar fitur yaitu tampilan menu yang lebih responsif dan navigasi yang mudah. Tombol atau pilihan menu juga bisa dilihat lebih mudah sekaligus bisa dimaksimalkan ke berbagai fitur penting lainnya.

Momen Ikonik dan Menarik Para Pemain

Momen kemenangan dan status kepindahan pemain menjadi aspek penting di FIFA 23. Dalam Career Mode, ketiak Anda menang maka akan ada wawancara pemain tergantung dari lawan yang dihadapinya.

Sebagai contoh, bila ada Anda juara turnamen melawan suatu tim yang merupakan mantan klub dari pemain Anda, maka sang pemain akan memberikan wawancara yang emosional.

Atau bila pemain Anda memberikan gol ke mantan klub, maka biasanya sang pemain tidak akan melakukan selebrasi.

Analisa Transfer Pemain

Sumber: FIFA 23

Analisa transfer di FIFA 23 sedikit berbeda karena menghadirkan sistem AI yang lebih seru. Pada game FIFA 23, Anda sebagai manajer dapat melihat beberapa hal yang diperlukan oleh tim Anda terkait performa terakhir.

Sebagai contoh, bila tim Anda sering melakukan gol dari bagian tengah maka sistem akan merekomendasikan pemilihan seorang striker. Di kasus lain, Anda akan direkomendasikan merekrut seorang bek bila mendapatkan gol atau pilihan kiper bila saves yang dihasilkan jauh dari ekspektasi.

Anda juga bisa melakukan negosiasi di berbagai tahap dengan penawaran yang lebih unik. Seperti contoh, hendak merekrut seorang pemain dari klub lain lewat penawaran harga atau sekaligus meminjamkan/menyertakan pemain sebagai bagian dari penawaran.

Authentic Managers, Bangun Branding Sebagai Manajer

Sumber: FIFA 23

Sering melihat Jurgen Klopp menggunakan jaket parasut? Atau Pep Guardiola dengan jaket tipe turtle neck khasnya? Di FIFA 23 Career Mode, Anda bisa memberikan kesan yang ikonik dan membekas sebagai seorang pemimpin di pinggir lapangan.

Ada berbagai pilihan yang bisa Anda gunakan sebagai seorang manajer seperti kemeja, jaket, kaos, track suit, dan lain sebagainya.

FIFA 23 Pro Club, Buat dan Orbitkan Pemain Custom Milik Anda

&feature=emb_title

Lalu di FIFA 23 ada fitur baru yaitu Pro Clubs yang merupakan sistem online untuk membuat seorang avatar atau Virtual Pro Player yang dibuat oleh Anda. Pada fitur ini Anda juga memilih posisi yang ingin dipilih untuk pemain buatan Anda sekaligus membentuk formasi pemain dengan teman Anda hingga 11 orang.

Tingkatkan Virtual Pro Player milik Anda dengan sistem level dan EXP, tentunya agar kualitas pemain Anda meningkat dan menjadi seorang bintang sepak bola.

Sumber: FIFA 23

Setiap pertandingan yang dimainkan oleh Virtual Pro milik Anda akan menambahkan kemampuan secara bertahap. Nantinya poin yang didapatkan bisa Anda alokasikan ke berbagai kebutuhan atribut sesuai dengan posisi pemain Anda seperti DEF, PACE, SHOT, dan lain sebagainya.

FIFA 23 Volta Football, Gaya Sepak Bola Jalanan yang Penuh Atraksi

Sumber: FIFA 23

Masih ingat dengan FIFA Street di PlayStation 2? Tenang, Anda bisa merasakan keseruan sepak bola jalanan atau futsal cukup di game FIFA 23. Fitur tersebut adalah VOLTA Football Mode yang bisa dimainkan sendiri atau dengan teman Anda.

FIFA 23 VOLTA Football juga memberikan berbagai fitur yang bisa dimaksimalkan di mode tersebut seperti pertandingan tipe skuat, arcade, hingga pertandingan 5v5 melawan teman Anda.

Fitur Kurs In-Game Sajikan FIFA Coins dan FIFA Points

Sumber: FIFA 23

Ada dua kurs yang bisa Anda gunakan di FIFA 23 yaitu FIFA Coins dan FIFA Points. Fitur ini menjadi hal yang lumrah ditemukan karena digunakan untuk memperkuat tim Anda.

FIFA Coin digunakan untuk melakukan kegiatan transfer atau membeli pemain melalui pembukaan kartu atau pack FIFA Ultimate Team (FUT).

Anda bisa mendapatkan FIFA Coin melalui berbagai cara seperti memenangkan pertandingan FUT, menjual pemain melalui fitur Transfer Market, menjual pemain melalui opsi Quick Sell, atau mendapatkan gift dari teman Anda.

Lalu apakah Anda bisa membeli FIFA Coin? Tidak bisa, namun untuk fitur pembelian in-game FIFA menyediakan kurs berbeda yaitu FIFA Points.

Sumber: FIFA 23

FIFA Points merupakan kurs virtual yang digunakan untuk membeli pack FUT dan FUT Draft yang hadir di FIFA Ultimate Team. Tentu sebagai kurs virtual, Anda bisa mendapatkannya dengan membeli langsung dengan uang resmi.

Untuk harga sendiri sangat bergantung dengan kurs yang Anda gunakan seperti Indonesia lewat Rupiah. Tentu meski menarik, FIFA Points tidak memberikan opsi pasti mengenai pemain yang didapatkan melalui pack FUT karena isinya memang random.

Justru bisa saja Anda mendapatkan pemain bagus melalui FIFA Coins yang didapatkan secara cuma-cuma dengan rajin bermain. Namun dengan FIFA Points tentu kesempatan meraih pemain idaman Anda lebih terbuka lebar.