Begini Cara OPPO Reno8 Series Jaga Keamanan Data dan Privasi Pengguna

Berbekal sistem operasi ColorOS 12.1, lini perangkat OPPO Reno8 Series hadir membawa sederet fitur untuk melindungi keamanan data dan privasi pengguna

OPPO telah resmi memasarkan perangkat Reno8 Series di Indonesia. Lini terbaru ini terdiri dari dua model yang berbeda, yakni Reno8 Pro 5G dan Reno8 Z 5G.

Secara fitur dan spesifikasi, Reno8 Pro 5G adalah model yang lebih unggul di antara keduanya. Perangkat mengunggulkan chipset MediaTek Dimensity 8100 Max 5G, tidak ketinggalan pula NPU MariSilicon X yang dirancang untuk semakin memaksimalkan kapabilitas perangkat dalam hal fotografi dan videografi.

Bicara soal kamera, Reno8 Pro 5G dibekali dengan Dual Sony Flagship Sensors (IMX766 & IMX709) untuk menghasilkan gambar dengan kualitas yang memukau di segala kondisi. Bukan cuma itu, perangkat yang dijual seharga 10 juta rupiah ini turut dilengkapi fitur-fitur audio yang sangat mumpuni.

OPPO Reno8 Z 5G / OPPO Indonesia

Reno8 Z 5G di sisi lain hadir membawa spesifikasi yang lebih 'merakyat', yang mencakup chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G, RAM 8 GB, serta layar 6,4 inci AMOLED FHD 60 Hz. Harga jualnya pun lebih ramah kantong di angka 6 juta rupiah. Kendati demikian, Reno8 Z 5G rupanya masih menaruh prioritas ekstra pada sektor kamera, terbukti dari hasil jepretannya di kondisi pencahayaan yang agak tricky.

Namun terlepas dari model Reno8 yang konsumen pilih, mereka tetap akan menikmati sederet fitur keamanan yang sama yang tersematkan di sistem operasi ColorOS 12.1.

Fitur-fitur keamanan ColorOS 12.1 pada OPPO Reno8 Series

Bagi sebagian besar orang, fitur keamanan mungkin tidak terlalu menjadi prioritas. Namun usai melihat beberapa kasus pencurian data oleh hacker yang santer dibicarakan belakangan ini, sebagian konsumen mungkin akhirnya mulai sadar akan betapa pentingnya fitur keamanan dalam perangkat yang digunakannya sehari-hari.

Di Reno8 Series, pengguna dapat menikmati sederet fitur yang dirancang untuk memberikan rasa aman sekaligus nyaman dalam mengoperasikan perangkat. Beberapa fiturnya sepintas mungkin akan terkesan sepele, namun dampaknya cukup besar, seperti contohnya Require Password to Power Off, yang dirancang untuk mempersulit orang lain menonaktifkan ponsel, sebab mereka harus mencantumkan kata sandi agar bisa mematikan perangkat saat ponsel dalam posisi terkunci.

Fitur lain, seperti Recent Tasks Protection, akan membantu mencegah informasi sensitif terekspos ke orang lain saat beralih antar aplikasi. Kemudian ada pula Anti-peeping Notification, yang akan menyembunyikan detail notifikasi apabila perangkat mendeteksi ada orang lain yang sedang melihat layar ketika pesan muncul.

Bagi pengguna yang sering berbagi foto atau video di media sosial, ada fitur Photo Information Protection yang menawarkan opsi untuk menghapus informasi lokasi foto dan metadata foto (nama, waktu, model ponsel, parameter) secara otomatis demi melindungi privasi pengguna.

Selanjutnya, Reno8 Pro 5G dan Reno8 Z 5G juga menawarkan 5-Grade Access Control, yang memberikan kendali penuh kepada pengguna terkait siapa saja yang dapat melihat data maupun kapan datanya diakses.

Untuk menjamin keamanan data dan privasi lebih jauh lagi, OPPO turut menyematkan fitur Secure Keyboard yang akan mencegah perekaman input angka atau teks hingga data yang diinput melalui keyboard ke jaringan internet.

Terakhir, ada fitur Payment Protection yang siap memberikan lapisan proteksi ekstra bagi yang sering melangsungkan transaksi secara digital. Berkat fitur ini, perangkat dapat menjalankan pemeriksaan otomatis pada URL yang diakses saat menggunakan browser OPPO, serta URL yang terdapat dalam pesan yang diterima untuk mengurangi risiko pembayaran dan memastikan semuanya aman.

Sebagai produsen smartphone dengan pangsa pasar yang cukup besar, OPPO memastikan bahwa mereka akan selalu menangani privasi data dan keamanan informasi di tingkat yang melampaui standar industri. Hal ini turut didukung oleh pengakuan dan sertifikasi dari beberapa pihak ketiga yang berwenang, macam ISO, ePrivacy, maupun TrustArc.


Baik OPPO Reno8 Pro 5G maupun Reno8 Z 5G saat ini sudah bisa dibeli melalui channel offline maupun online. Tidak peduli model mana yang akhirnya Anda pilih, Anda pasti akan mendapatkan pengalaman penggunaan yang nyaman sekaligus aman berkat fitur-fitur keamanan dari ColorOS 12.1.