14 July 2022

by Sean Edbert

Inilah 10 Game Terpopuler di Semester Pertama 2022 Menurut Cuitan Twitter

Twitter juga mengungkap negara-negara yang paling gencar mengunggah post tentang gaming.

Twitter memang masih jadi salah satu tempat berkumpul favorit untuk pasar gaming. Namun, game-game apa sajakah yang terpopuler di Twitter?

Pandemi COVID-19 yang masih juga melanda membuat banyak orang beralih ke video game sebagai pelariannya. Sakin banyaknya, Twitter kembali mencatat ada sekitar 1.5 miliar 'cuitan' tentang gaming dari awal tahun hingga pertengahan 2022 ini. Data ini diungkap langsung oleh Twitter melalui blog resmi mereka.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, angka tersebut disebut naik sebesar 36%. Hal ini menandakan bahwa Twitter menjadi salah satu platform media sosial yang paling digemari oleh para gamer untuk membicarakan berbagai topik -- terutama gaming.

Bersama data cuitan gaming itu, mereka juga mengeluarkan daftar 10 game yang paling sering dibahas di Twitter. Dan hasilnya, Genshin Impact kembali mencetak posisi pertama yang sebelumnya diraih juga pada tahun lalu. Game FPS besutan Riot Games yang baru berusia 2 tahun, VALORANT juga ikut masuk di daftar ini -- menempati urutan ke-9.

Image Credit: Twitter

  1. Genshin Impact (@GenshinImpact)
  2. Wordie
  3. Ensemble Stars! (@ensemble_stars)
  4. Final Fantasy (@FinalFantasy)
  5. Project Sekai (@pj_sekai)
  6. Apex Legends (@PlayApex)
  7. Elden Ring (@ELDENRING)
  8. Fate/Grand Order (fgoproject)
  9. VALORANT (@PlayVALORANT)
  10. The Legend of Zelda (@NintendoAmerica)

Selain cuitan terbanyak tentang game, Twitter juga menyertakan 10 negara yang paling aktif membahas tentang video game. Dan menariknya, pengguna Twitter dari Indonesia ternyata mencatat posisi kelima -- naik dua peringkat dari 2021. Seperti Genshin Impact, Jepang juga mempertahankan posisi pertamanya sebagai negara yang paling aktif membicarakan game di Twitter.

Image Credit: Twitter

  1. Jepang
  2. Amerika Serikat
  3. Korea Selatan
  4. Thailand
  5. Indonesia
  6. Brazil
  7. Filipina
  8. India
  9. United Kingdom
  10. Meksiko

Menariknya, mereka juga mengungkap liga esports yang paling ramai dibicarakan di Twitter. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, ajang turnamen League of Legends Brazil "CBLOL" masih menempati posisi pertama. Namun, VCT atau Valorant Champions Tour tampaknya hilang dari daftar peringkat tersebut.

Image Credit: Twitter

  1. Campeonato Brasileiro de League of Legends (@CBLOL)
  2. Apex Esports (@PlayApexEsports)
  3. League of Legends Champions Korea (@LCK)
  4. Call of Duty League (@CODLeague)
  5. Overwatch League (@overwatchleague)

Itu tadi data tentang game terpopuler di Twitter di semester pertama tahun ini.

Sayangnya, mereka tidak lagi merilis data tentang event gaming dengan cuitan terbanyak di Twitter. Meski begitu, masih ada beberapa data menarik lainnya seperti atlet esports yang paling ramai dibahas, tim esports, hingga YouTuber. Nah, bagi Anda yang ingin melihat datanya secara lengkap, Anda dapat melihatnya di blog resmi mereka.