2 November 2022

by Dimas Galih W.

Hadirkan Lini Berbasis AMD Ryzen, ASUS Luncurkan Zenbook S 13 OLED dan Vivobook 14X

Notebook dengan AMD Ryzen saat ini tidak hanya kencang, namun juga ringan dan memiliki baterai yang panjang

ASUS kembali memperkenalkan dua laptop baru yang menggunakan prosesor teranyar AMD Ryzen. Kedua perangkat tersebut adalah ASUS Zenbook S 13 OLED dan Vivobook 14X. Acara peluncuran kedua perangkat ini diadakan pada Penang Bistro Kebon Sirih pada tanggal 1 November 2022. Acara ini juga sekaligus meresmikan jajaran laptop AMD dari ASUS.

“Dua laptop terbaru ASUS kali ini tidak hanya hadir untuk melengkapi jajaran laptop ASUS di Indonesia, tetapi sengaja kami hadirkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia,” ujar Jimmy Lin, Regional Director, ASUS Southeast Asia. “Zenbook S 13 OLED merupakan laptop yang sangat ringkas, ringan, dan dibekali performa powerful serta daya tahan baterai panjang untuk pengguna dengan mobilitas tinggi. Sementara Vivobook 14X kami hadirkan untuk pengguna yang membutuhkan laptop powerful dengan harga terjangkau.”

“AMD bangga bermitra dengan ASUS untuk peluncuran Zenbook S 13 OLED dan Vivobook 14X yang ditenagai AMD Ryzen™ 6000 Series Processor.” kata Peter Chambers, Managing Director, Sales, AMD Asia Pacific & Japan. “AMD tetap berkomitmen untuk memberikan performa terbaik untuk ragam aplikasi yang sangat menuntut saat ini serta efisiensi daya yang luar biasa untuk perangkat mobile yang membutuhkan penggunaan daya baterai yang lama. Platform Asus Zenbook dan Vivobook, bertenaga  AMD Ryzen 6000 Series Processor adalah bagian dari komitmen kami.” 

Laptop pertama adalah ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302) yang merupakan ultrathin laptop premium. Bobot dari laptop ini hanya 1,1 kg dengan ketebalan yang cuma 1,49 cm. ASUS juga membekali laptop ini dengan 65W USB-C Ultra Mini Universal Adapter yang memiliki ukuran seperti charger smartphone

Zenbook S 13 OLED menggunakan AMD Ryzen 7 6800U Processor yang telah memiliki 8 core dan 16 thread. Clock dari prosesor ini adalah 2,7 GHz dengan kecepatan boost hingga 4,7GHz dengan TDP 15W. Grafis terintergasi yang digunakan pada prosesor ini memakai arsitektur RDNA2. RAM yang terpasang memiliki kapasitas 16 GB LPDDR5-6400.

Layar 16:10 touchscreen beresolusi 2,8K dari Zenbook S 13 OLED telah menggunakan teknologi ASUS OLED dengan sertifikasi Pantone. Laptop ini dilengkapi dengan tiga port USB 3.2 Gen2 Type-C dan telah mendukung fitur USB Power Delivery serta DisplayPort. WiFi 6E yang lebih kencang dari WiFi 6 juga sudah didukung pada laptop ASUS ini. Fitur seperti ErgoSense Keyboard dan ScreenXpert 3.0 juga hadir pada perangkat ini.

Laptop berikutnya adalah ASUS Vivobook 14X (M1403) yang khusus dihadirkan untuk pengguna yang membutuhkan laptop dengan performa kencang. Vivobook 14X ditenagai oleh AMD Ryzen 5 5600 H. Prosesor ini memiliki clock 3,3 GHz dengan boost clock 4,2 GHz dan TDP 45W. Laptop ini memakai memori DDR4 yang kapasitasnya dapat ditambahkan hingga 24GB serta penyimpanan PCIe SSD NVMe berkapasitas 512GB.

AI Noise-Cancelling memungkinkan suara bising di sekitar pengguna Vivobook 14X dapat diredam saat melakukan panggilan atau pertemuan secara online. Vivobook 14X juga telah menggunakan ASUS ErgoSense Keyboard yang dilengkapi NumberPad 2.0 untuk akses ke numpad dengan mudah. Bagian keyboard dan sekitarnya dari laptop ini telah dilapisi oleh ASUS Antibacterial Guard.

Vivobook 14X memiliki ketebalan 1,9 cm dan bobot 1,6 kg membuatnya masih nyaman untuk dibawa bepergian. Pada sisi-sisi laptop ini akan ditemukan USB 3.2 Type-C dan Type-A, HDMI, hingga 3.5mm combo audio jack.

ASUS menjual Zenbook S 13 OLED (UM5302) dengan harga Rp. 20.299.000. Sementara Vivobook 14X (M1403) dibanderol dengan harga mulai Rp9.599.000. Pada acara peluncuran kemarin, diberitahukan bahwa keduanya hanya memiliki 1 varian spesifikasi saja.