11 August 2022

by Galih

WhatsApp Kini Perbolehkan Keluar Grup Diam-diam dan Hapus Pesan Lama

Akan ada fitur-fitur lain yang akan ditambahkan juga nantinya.

Anda sekarang tak perlu takut lagi dengan pesan yang tak sengaja terkirim saat sedang galau. Whatsapp akan izinkan hapus pesan lama.

Dengan semakin banyak digunakannya aplikasi WhatApp untuk berbagai fungsi, semakin banyak juga fitur yang diinginkan oleh para penggunananya. Terutama yang menyangkut masalah privasi dan keamanan.

Untungnya, pengembang WhatsApp juga memahami hal tersebut dan akhirnya memberikan beberapa fitur baru yang akan menambah tingkat keamanannya. Sekaligus memberikan beberapa fitur yang memang sudah banyak diminta oleh para penggunanya.

Ada 4 fitur baru yang diperkenalkan oleh WhatsApp, dan yang paling menarik tentu adalah fitur untuk dapat keluar grup secara diam-diam. Fitur ini tentunya sangat membantu pengguna yang ingin keluar tanpa memberikan notifikasi kepada semua anggota grup.

">">

Nantinya, hanya orang-orang yang menjabat sebagai admin dalam grup itu saja yang akan mendapat notifikasi bahwa ada anggota grup tersebut yang keluar. Hal tersebut tentu memberikan keamanan dua arah sekaligus kepada admin untuk dapat memantau anggotanya.

Kedua adalah fitur untuk menghapus pesan yang sudah terkirim. Bila sebelumnya pesan yang terlanjur dikirim hanya dapat dihapus dalam waktu maksimal 1 jam, 8 menit, 16 detik. Kini WhatsApp menambah batas waktu penghapusannya hingga 2 hari, 12 jam.

">">

 

Kedua fitur di atas sudah dapat digunakan di versi terbaru WhatsApp. Namun ada juga beberapa fitur yang akan segera hadir dalam update WhatsApp selanjutnya. Yang pertama adalah fitur untuk mengatur tampilan online.

Dengan fitur ini nantinya para pengguna dapat memilih siapa saja orang yang dapat melihatnya online di WhatsApp. Pengguna bahkan juga dapat menutupi status onine dirinya kepada siapapun yang memiliki kontaknya.

Kemudian ada juga fitur baru yang akan menghalangi para penggunanya yang dengan iseng melakukan tangkapan layar atau screenshot pada foto atau video yang hanya dapat dilihat sekali.

">">

Terakhir, ada fitur lanjutan dari penghapusan pesan di WhatsApp. Yaitu memberi kuasa kepada admin grup untuk menghapus pesan dari anggota grup. Hal ini tentu berguna agar para admin juga dapat langsung menindak para anggotanya yang mengirimkan pesan tidak sesuai dengan peraturan grup.

Fitur-fitur yang belum dirilis tersebut disebut masih berada di tahap pengetesan. Namun WhatsApp mengatakan bahwa mereka akan merilis fitur-fitur kepada semua pengguna secepatnya.