10 December 2021

by Lukman Azis

HP Umumkan Laptop 2-in-1 Elite Folio dan HP Presence Untuk Kolaborasi di Era Kerja Hybrid

Perangkat kerja HP Elite Folio dapat di-update ke Windows 11 Pro dan ditenagai chipset Snapdragon 8cx Gen2 5G

Belakangan ini sistem bekerja secara hybrid semakin ramai diperbincangkan. Kombinasi bekerja secara remote dari rumah dan juga di kantor ini dinilai bakal menjadi tren baru dan diimplementasikan secara lebih masif dalam waktu dekat.

Untuk mendukung model kerja baru yang fleksibel ini, HP telah meluncurkan perangkat kerja berupa laptop 2-in-1 HP Elite Folio. Serta, solusi end-to-end telekonferensi dan kolaborasi bernama HP Presence.

"Teknologi saat pra-pandemi tidak dapat menjadi solusi bagi cara baru dalam berkerja ini. Perusahaan perlu menyediakan perangkat, aplikasi, dan akses ke data yang mereka butuhkan untuk bekerja secara jarak jauh, serta memastikannya aman meskipun berada di luar jaringan kantor. Untuk itu, HP berkomitmen untuk mendukung para pekerja hybrid Indonesia, produk dan solusi kami yang aman dan ditingkatkan selagi mereka beradaptasi dengan cara bekerja baru," ungkap Fiona Lee, Managing Director, HP Indonesia.

HP Elite Folio

HP Elite Folio merupakan laptop 2-in-1 yang ditenagai oleh chipset premium Qualcomm dengan arsitektur Arm yakni Snapdragon 8cx Gen2 5G Compute Platform. Ia menawarkan kenyamanan pengalaman menggunakan smartphone flagship ke dalam sebuah laptop yakni always on dan always connected dengan kecepatan koneksi multi-gigabit 4G LTE dan WiFi 6, serta daya tahan baterai hingga 24,5 jam.

Secara default ia masih menjalankan sistem operasi Windows 10 Pro, tetapi pengguna bisa melakukan update ke Windows 11 Pro yang menawarkan pengalaman baru dengan rangkaian fitur intuitif untuk meningkatkan produktivitas. Untuk multitasking misalnya, terdapat fitur snap layout, snap group, dan desktop yang membantu pengguna mengatur window dan mengoptimalkan layar.

Tersedia dengan harga mulai dari Rp31.700.000, HP Elite Folio memang dibuat untuk para profesional. Terutama business leader dan pekerja eksekutif yang sangat mobile atau siapa pun yang membutuhkan perangkat portabel andal untuk bisnis.

HP Elite Folio menggabungkan apa yang orang-orang sukai dari smartphone, tablet, dan PC dalam satu perangkat, dengan form factor yang bisa ditarik dan desain magnesium unibody fleksibel. Ia didesain untuk menyesuaikan gaya kerja hybrid yang berpindah-pindah tempat, tanpa kipas dan keyboard yang tidak berisik.

Untuk spesifikasinya, HP Elite Folio mengusung layar sentuh IPS 13,5 inci beresolusi WUXGA+ (1920x1280 piksel) dengan kecerahan maksium 1000 nit. Dilengkapi HP Elite Slim Active Pen yang selalu siap, dengan dudukan pengisi daya dan penyimpanan terintegrasi untuk akses cepat.

Untuk menjaga keamanan data pengguna, webcam HD yang memiliki jarak pandang hingga 76 derajat ini punya penutup yang terintergrasi dan panel privasi HP Sure View Reflect opsional untuk melindungi informasi yang tampil di layar. Ia juga dibekali dua mikrofon dan speaker high definition dengan Audio by Bang & Olufsen.

Dapur pacunya mengandalkan chipset Snapdragon 8cx Gen2 yang dibangun dengan proses fabrikasi 7nm, dengan CPU octa-core Kryo 495, dan GPU Adreno 690. Ditopang RAM 16GB LPDDR4-4266 MHz dan penyimpanan internal 512GB PCIe NVMe TLC SSD. Serta, baterai 46 Wh yang didukung teknologi HP Fast Charge yang dapat mengisi ulang baterai sampai 90% hanya dalam 90 menit.

Melanjutkan komitmen HP untuk menghadirkan portofolio PC paling ramah lingkungan, perangkat ini didesain dengan kulit vegan lembut. Bagian luarnya terbuat dari 90% magnesium daur ulang dan ocean-bound plastic pada tutup speaker.

HP Elite Folio tersedia mulai dari Rp31.700.000, sudah termasuk garansi perangkat dan Accidental Damage Protection (kerusakan yang disebabkan tumpahan, jatuh, dan lonjakan listrik, suku cadang yang diperpanjang, dan mencakup tenaga kerja servis) selama tiga tahun.

HP Presence

Meskipun tidak semua orang akan terus bekerja jarak jauh setelah pandemi berakhir, tuntutan perubahan bentuk dan fungsi tempat kerja tradisional seperti kantor akan terus ada. Di era sistem kerja hybrid, kantor akan menjadi pusat kolaborasi dan HP Presence akan menghubungkan ruang kantor ke digital.

HP Presence Meeting Space Solutions ini terdiri dari pilihan paket hardware dan layanan yang bisa disesuaikan sesuai ukuran ruangan, dari kecil hingga besar, dan didesain untuk pengalaman bertelekonferensi lebih baik. Solusi ini mendukung tim IT untuk mempersiapkan rapat dengan mudah, memastikan pertemuan daring dilindungi HP Wolf Security for Business, dan dapat menyelesaikan potensi isu secara proaktif dengan insights cerdas.

Komponen HP Presence Meeting Room Space Solutions memiliki desain elegan untuk menyatu dengan ruang pertemuan dengan mempersembahkan pengalaman audio dan video yang lebih baik. Perangkat ini juga dibuat dengan ocean-bound plastic.

Setiap kit sudah termasuk HP Presence Mini PC, HP Presence Control Center, kabel berkode warna, dan peralatan pemasangan. Solusi HP Presence dikemas dengan rapi dalam kotak dengan aplikasi pengaturan langkah demi langkah, sehingga memudahkan pemasangan.

Teknologi yang ditingkatkan oleh HP Presence memberikan pengalaman di luar ruang pertemuan untuk memungkinkan kolaborasi meskipun terpisah jarak. Solusi ini menggunakan teknologi terbaik HP, termasuk IP dari laboratorium, serta keahlian HP dalam deep printing dan percetakan.

HP EliteOne 800 G8 All-in-One adalah salah satu PC pertama yang dapat ditingkatkan oleh HP Presence dengan pengalaman audio dan video inovatif untuk dunia kerja yang lebih lebih hybrid. HP Presence Meeting Space Solutions akan tersedia mulai kuartal pertama 2022, harga akan diumumkan menjelang ketersediaan barang.