Ini Peningkatan Yang Dibawa ROG Phone 6 Series, Smartphone Gaming Terbaru ASUS

Hal yang baru pada ROG Phone 6 Series mencakup desain yang diperbarui, chipset Snapdragon 8+ Gen 1, sensor kamera baru, dan banyak lagi

ASUS merilis smartphone gaming pertama dengan branding Republic of Gamers, yakni ROG Phone pada tahun 2018. Sejak awal, smartphone yang dirancang untuk bermain game ini mempunyai desain yang amat keren dengan logo ROG menyala dan dilengkapi spesifikasi hardware mumpuni dengan fitur serta aksesori khusus gaming.

Empat tahun kemudian, kini ASUS telah memperkenalkan ROG Phone generasi keenam yaitu ROG Phone 6 dan 6 Pro. Keduanya ditenagai chipset 4 nm paling mutakhir dari Qualcomm yakni Snapdragon 8+ Gen 1. Bukan hanya itu, layar pada ROG Phone 6 Series juga dibekali refresh rate lebih tinggi, serta sensor kamera dan aksesori baru. Langsung saja, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Yang Baru Di ASUS ROG Phone 6 & 6 Pro

Dari segi desain, bagian belakang ROG Phone 6 Series mendapat sentuhan baru. Bingkai kameranya berukuran lebih besar, penempatan logo ROG RGB pada ROG Phone 6 dan layar sekunder ROG Vision pada ROG Phone 6 Pro ditata ulang.

Sekarang bodi ROG Phone 6 Series mengantongi sertifikasi IPX4 untuk ketahanan terhadap cipratan air dari semua sudut. ROG Phone 6 tersedia dalam opsi warna phantom black dan storm white, sedangkan model Pro hanya storm white.

Untuk kontrol, ASUS menyematkan dua tombol ultrasonic AirTrigger 6 yang mendukung sembilan gerakan berbeda. Dari tap, horizontal slide, vertical slide, swipe, dual partition, dual control, serta yang terbaru dual action, press and lift, dan gyroscope aiming.

Dengan ROG Phone 6 Series, para gamer dapat menggunakan gyroscope untuk mengontrol sudut pandang. Caranya cukup tekan dan tahan tombol ultrasonic, lalu Anda dapat mengontrol area tampilan dengan menggerakkan atau memiringkan smartphone.

Kontrol baru gyroscope aiming ini juga memberi pengalaman baru saat bermain game kompetitif macam MOBA dan battle royale. Anda dapat menemukan musuh atau menjelajahi lingkungan secara mudah dengan memutar smartphone.

Beralih ke bagian depan, ROG Phone 6 dan 6 Pro mengemas layar AMOLED 6,78 inci dengan resolusi 1080x2448 piksel. Memiliki tingkat kecerahan puncak 1.200 nits dalam mode auto dan diproteksi Corning Gorilla Glass Victus untuk menangkis goresan.

Nah yang membedakannya dengan pendahulunya adalah refresh rate layarnya ditingkatkan dari 144 Hz menjadi 165 Hz, tetapi pengguna masih dapat memilih opsi 60 Hz, 90 Hz, 120 Hz, atau 144 Hz di pengaturan layar. Pun demikian dengan touch sampling rate-nya, yang meningkat dari angka 360 Hz ke 720 Hz, sedangkan touch latency-nya hanya meningkat sedikit dari 24 ms menjadi 23 ms.

Pada sektor kamera, ASUS mengganti sensor gambar Sony IMX686 64 MP dengan Sony IMX766 50 MP yang punya ukuran sensor lebih besar yaitu 1/1.73 inci vs 1/1.56 inci di yang baru. Ditemani kamera ultrawide 13 MP, kamera macro 5 MP, dan kamera depannya 12 MP.

Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1

Pindah ke sektor performa, ROG Phone 6 Series tampil gahar berkat chipset tercanggih dari Qualcomm saat ini yakni Snapdragon 8+ Gen 1. SoC yang dibuat pada proses fabrikasi 4 nm ini mengemas CPU octa-core dengan desain tiga cluster, satu inti utamanya ditingkatkan ke Cortex-X2 dengan kecepatan clock 3,2 Ghz.

Selanjutnya ada tiga inti kinerja tinggi Cortex A710 pada 2,8 GHz dan empat inti efisiensi Cortex A510 pada 2,0 GHz. Singkatnya, kalau dibandingkan dengan Snapdragon 888 pada ROG Phone 5, kinerja CPU-nya meningkat sebesar 15%, efisiensi dayanya 20% lebih baik, dan pemrosesan grafisnya 50% lebih cepat.

Untuk ROG Phone 6 tersedia dalam konfigurasi RAM LPDDR5 12 GB atau 16 GB, dengan penyimpanan internal UFS 3.1 sebesar 256 GB atau 512 GB. Sedangkan, ROG Phone 6 Pro hanya tersedia dalam satu konfigurasi saja yaitu RAM mencapai 18 GB dan penyimpanan 512 GB.

ASUS juga memperbarui aksesori pendingin eksternal dengan AeroActive Cooler 6, ASUS mengintegrasikan chip thermoelectric dengan bantuan AI untuk mendeteksi suhu smartphone secara otomatis.

Totalnya ada empat mode pendinginan yang bisa diatur lewat aplikasi Amory Crate, Smart alias otomatis, Cool hanya dengan kipas, Frosty dengan kipas plus chip thermoelectric, dan Frozen yang memaksimalkan chip thermoelectric secara maksimal dengan menghubungkan AeroActive Cooler 6 ke smartphone lewat kabel.

Dari segi dimensi, bentuk AeroActive Cooler 6 memang sedikit lebih besar dari sebelumnya. Sebab ASUS turut menyematkan empat tombol permainan fisik dengan ukuran yang lebih ergonomis. Juga dilengkapi kickstand dan lampu Aura RGB.

Harga ASUS ROG Phone 6 & 6 Pro

Sebetulnya masih ada banyak lagi hal menarik pada ROG Phone 6 yang ingin saya bahas, tetapi saya cukupkan dulu sampai di sini. Sekarang mari tutup dengan harga, ASUS ROG Phone 6 dengan konfigurasi memori 12/256 GB akan dijual seharga €999 (sekitar Rp15,3 jutaan), sedangkan model Pro dengan konfigurasi memori 18/512 GB dibanderol €1.299 (Rp20 jutaan)

Sumber: GSMArena