28 September 2022

by Lukman Azis

Intel Resmi Umumkan Prosesor Desktop 13th Gen Intel Core Raptor Lake

Model paling topnya adalah Intel Core i9-13900K yang memiliki hingga 24 core dan 32 thread, serta clock speed hingga 5,8 GHz

Dalam ajang tahunan Intel Innovation, Intel akhirnya mengumumkan keluarga prosesor 13th Gen Intel Core. Mencakup enam prosesor desktop unlocked dan dipimpin oleh Intel Core i9-13900K yang memiliki hingga 24 core dan 32 thread, serta clock speed hingga 5,8 GHz.

Prosesor desktop 13th Gen Intel Core dengan codename Raptor Lake ini dibangun di atas teknologi proses Intel 7 dan kinerja arsitektur hybrid x86. Itu menghadirkan peningkatan kinerja single-threaded hingga 15 persen dan kinerja multi-threaded yang hingga 41 persen lebih baik.

Pada generasi ini, performance hybrid architecture dari Intel menghadirkan Performance-core (P-core) tercepat yang pernah ada. Serta menambahkan lebih banyak Efficient-core (E-core) hingga dua kali lipat sehingga memberikan peningkatan kinerja single-threaded dan multi-threaded untuk menangani banyak beban kerja komputasi intensif.

Keluarga prosesor desktop 13th Gen Intel Core akan terdiri dari 22 prosesor dan lebih dari 125 system design dari para mitra yang memberikan pengalaman tanpa kompromi dalam performa aplikasi dan kompatibilitas platform. Termasuk prosesor Intel Core 'K' untuk konsumen PC kelas atas.

Intel Raptor Lake menawarkan pengalaman overclocking untuk semua kalangan, baik expert maupun pemula. Pengguna dapat melihat kecepatan overclocking rata-rata yang lebih tinggi di seluruh memori P-core, E-core, dan DDR5. Intel juga memperbarui fitur easy 1-click overclocking, Intel Speed โ€‹โ€‹Optimizer untuk melakukan overclocking dengan mudah.

Ekosistem Intel Extreme Memory Profile (XMP) 3.0 menyediakan berbagai pilihan modul overclocking. Ketika digabungkan dengan Intel Dynamic Memory Boost, fitur ini memberikan pengalaman overclocking memori yang lebih mudah, baik dengan DDR4 maupun DDR5.

Intel juga melengkapi prosesor 13th Gen Intel Core dengan beberapa fitur baru dan yang sudah ada ditingkatkan guna memberikan performa dan pengalaman terdepan untuk gaming, kreasi konten, dan pekerjaan. Termasuk Intel Adaptive Boost Technology dan Thermal Velocity Boost yang secara oportunistik meningkatkan frekuensi clock di prosesor berdasarkan power dan thermal headroom saat diberikan workload.

Pengguna dapat memanfaatkan peningkatan kinerja prosesor 13th Gen Intel Core ini dengan chipset motherboard Intel 600 yang ada saat ini atau seri baru Intel 700. Didukung memori DDR5-5600 dan DDR5-5200 terbaru, tetapi tetap kompatibel dengan memori DDR4. Mendukung PCIe Gen 5.0 dengan hingga 16 lane di prosesor. Cache L2 hingga 2x dan peningkatan cache L3.

Intel juga meluncurkan chipset Intel 700 Series terbaru yang hadir dengan fitur-fitur canggih. Meliputi delapan lane PCIe Gen 4.0 tambahan dikombinasikan dengan PCIe Gen 3.0 yang menghadirkan total 28 lane, peningkatan port USB 3.2 Gen 2x2 (20 Gbps), dan HDMI Gen 4.0 meningkatkan throughput chipset-to-CPU untuk akses cepat ke perangkat dan jaringan periferal.

Prosesor desktop 13th Gen Intel Core โ€˜Kโ€™ dan chipset Intel Z790 akan tersedia mulai 20 Oktober 2022, termasuk boxed processor, motherboard, dan penjualan perangkat desktop. Harga prosesor flagship Intel Core i9-13900K adalah US$589.

Sumber: Intel & TheVerge