31 March 2023

by Galih

Kingston Berhasil Jadi Pemasok SSD Teratas Selama Tahun 2022

Penggunaan SSD di komputer seakan menjadi kewajiban

Berbagai penyimpanan data perangkat elektronik kini telah beralih ke teknologi SSD. Mulai dari PC desktop, laptop, hingga konsol game telah mengadopsi SSD agar proses pengolahan datanya lebih kencang.

Dengan banyaknya brand teknologi yang memproduksi SSD hingga sekarang, Kingston ternyata menjadi perusahaan yang paling sukses dalam penjualan SSD-nya selama 2022 silam.

Hal ini ditunjukkan lewat pengumuman resmi dari Kingston Technology menyebutkan bahwa mereka berhasil meraih posisi nomor satu untuk pangsa pasar SSD pada saluran pengiriman.

Meskipun permintaan SSD klien secara keseluruhan di seluruh dunia menurun dibanding tahun 2021. Namun ternyata permintaan untuk SSD berkualitas tinggi Kingston tetap terdorong naik.

Image credit: Kingston

Berdasarkan data pangsa pasar dari perusahaan riset analis TRENDFOCUS menunjukkan Kingston sebagai vendor SSD #1 di saluran tersebut dengan pangsa pasar 24% dan pengiriman 22 juta SSD klien di sepanjang tahun 2022.

Di Q3 saja, pangsa pasar SSD klien Kingston tumbuh secara signifikan sebesar 28,4% di saluran pengiriman dimana menampilkan peningkatan pertumbuhan unit yang sehat terlepas dari adanya tantangan makro.

Pada tahun 2022, tingkat pemasangan SSD drive tunggal pada PC desktop mencapai 75% dan diperkirakan akan mencapai 90% pada akhir tahun 2023. Hal tersebut mengingat mandat Microsoft untuk menghapus HDD sebagai penyimpanan PC utama pada paruh kedua tahun depan.

“Dengan keunggulan kinerja SSD yang saat ini dapat diakses oleh lebih banyak konsumen di seluruh dunia, pangsa pasar Kingston akan terus tumbuh seiring kami memperkuat portofolio produk kami" ujar juru bicara Kingston.

Image Credit: Hybrid

Kingston memang cukup memanjakan berbagai segmen pengguna lewat berbagai lini produknya. Seperti hadirnya SSD NV2 PCIe 4.0 NVMe untuk para pengguna mainstream yang memiliki harga bersaing dibanding rivalnya.

Sedangkan untuk segmen yang menginginkan kinerja tinggi, Kingston menghadirkan menghadirkan SSD KC3000 PCIe 4.0 NVMe M.2 dan SSD FURY Renegade PCIe 4.0 NVMe M.2. Keduanya diluncurkan bagi para gamer ekstrim yang mencari performa tertinggi dari sebuah SSD.

Meskipun begitu, Kingston juga menyadari bahwa untuk mencapai prestasinya tersebut membutuhkan kerja sama tim yang solid. Maka dari itu Kingston tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada para mitra, vendor, hingga para pelanggan mereka.

Ke depannya, Kingston sendiri masih optimis bahwa mereka masih dapat mendorong peluang pertumbuhan SSD-nya ke lebih banyak perangkat elektronik. Setidaknya hingga 2024 mendatang.