Kingston Computex 2023: Tawarkan Solusi Memori untuk Semua Kebutuhan

Akhirnya kembali digelar secara offline, Kingston juga membuka pameran untuk perangkatnya di Computex 2023. Apa saja yang diperkenalkan?

Setelah vakum selama 4 tahun, saya akhirnya kembali ke Taiwan untuk menghadiri Computex 2023. Kali ini, Kingston mensponsori Hybrid untuk pergi ke pagelaran teknologi termegah si Asia tersebut. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, Kingston selalu menyewa sebuah ruangan pada hotel Grand Hyatt Taipei dalam rangka memamerkan produk-produknya. Apa saja yang dipamerkan Kingston pada Computex 2023 ini?

Ruang pameran Kingston yang dibuka pada hotel Grand Hyatt Taipei itu bertemakan Kingston Future Hub. Dalam rangka ulang tahun ke 35, Kingston memberitahukan bahwa mereka sudah menjadi pemasok modul DRAM nomer 1 di dunia selama 19 tahun berturut-turut. Semenjak tahun 2019 pun, Kingston menjadi pemimpin dalam pangsa pasar pengapalan SSD secara berturut-turut.

Pada pameran kali ini, ruangan yang digunakan dibagi ke dalam 5 bagian. Untungnya, saya berhasil mendapatkan giliran pertama untuk dipandu ke setiap bagian-bagian tersebut. Sebagai informasi saja bahwa Computex 2023 kali ini terasa kurang ramai. Hal tersebut karena semua vendor yang ada di Taiwan World Trade Center dan Taipei International Convention Center dipindah ke gedung Tainex 2 di Nangang.

Saat saya mendatangi hotel Grand Hyatt, sangat terasa suasana menjadi tidak seramai dulu, bahkan sepi. Sebelumnya, untuk menaiki lift ke lantai atas perlu mengantri beberapa saat terlebih dahulu walaupun masih pada jam 9 pagi. Sekarang saat saya mendatangi Kingston pada tanggal 30 Mei 2023 jam 10 pagi, saya tidak melihat antrian sama sekali. Namun ternyata Future Hub terisi cukup banyak pengunjung.

Bagian pertama dari Kingston Future Hub adalah Enterprise Suite yang menampilkan memori Kingston yang digunakan pada tingkat enterprise. Kingston memperkenalkan DC600M yang merupakan SSD SATA Enterprise yang masih menggunakan 3D TLC NAND. SSD ini akan digunakan pada server rack mount dan memiliki fitur Power Loss Protection. Hal ini akan memastikan bahwa drive tersebut akan berhasil diinisialisasi ulang saat sistem dinyalakan kembali.

Kingston juga memperkenalkan SDCard Industrial yang menggunakan Pseudo SLC. pSLC memiliki kepadatan data yang lebih tinggi dibandingkan dengan SLC. Kinerjanya sendiri lebih baik jika dibandingkan dengan MLC NAND. Ketahanan pada SDCard ini akan mencapai masa pakai 30.000 PE (program/erase).

Bagian kedua adalah Creator Gadget yang merupakan tempat Kingston memamerkan perangkat untuk para pembuat konten. Untuk kebutuhan ini, Kingston memperkenalkan SSD NVMe KC3000 yang sudah meluncur beberapa bulan lalu. Hal yang cukup menarik adalah Workflow Station yang bisa menggabungkan 4 reader khusus seperti USB-A, SD Card, dan microSD yang bisa dicabut pasang dengan koneksi USB-C.

Kingston juga memiliki banyak RAM seperti Fury untuk kebutuhan ini, yang salah satunya adalah memori DDR5 non-binary. DDR5 non-binari adalah jenis memori DDR5 dengan kapasitas yang tidak biasa. Kapasitasnya tidak terpatok 32 GB atau 64 GB dan bisa ada pada kapasitas 24 GB atau 48 GB.

Bagian ketiga adalah VLogger Essentials dimana merupakan perangkat penting untuk para Vlogger. Pada bagian ini, Kingston memperkenalkan banyak media penyimpanan mulai dari SDCard Canvas hingga USB flash drive. Namun yang paling eksklusif adalah SSD eksternal XS1000 yang memiliki dimensi kecil dan memiliki kecepatan baca tulis 1 GB/s pada USB 3.2 Gen 2. Kapasitas yang ditawarkan adalah 1 TB dan 2 TB saja.

Saat saya datang ke Taiwan, pesawat yang ditawarkan adalah menggunakan EVA Air. Ternyata, Kingston memang memiliki kerjasama dengan EVA Air. Kingston bersama EVA Air menggelar kampanye bersama di beberapa negara. Namun sepertinya kampanye tersebut tidak ada di Indonesia.

Bagian ke empat adalah Gamer Ecstasy yang menampilkan PC modifikasi yang dibuat oleh modder di dunia. Dua PC yang dipamerkan pada bagian ini sudah menggunakan RAM Kingston Fury DDR5 non-binary dan Fury Renegade. RAM DDR yang terpasang juga memiliki 18 efek pencahayaan dari aplikasi RGB Fury CTRL.

Saat mendemonstrasikannya, Kingston juga memperlihatkan warna khusus yang memberikan efek tulisan. Caranya adalah dengan mengklik logo Fury CTRL pada bagian kiri atas. Setelah itu, RAM yang terpasang akan menampilkan warna dengan huruf F, U, R, dan Y secara berurutan. Sayangnya, kita belum bisa membuat nama dengan huruf kita sendiri saat ini.

Bagian terakhir adalah Smart Living. Saat pertama melihat, saya berpikiran bahwa Kingston memasuki pasar baru dengan memproduksi jam tangan pintar, laptop, dan drone. Ternyata, dugaan saya salah. Kingston ternyata menjadi pemasok memori pada perangkat-perangkat tersebut.

Hal pertama yang diperkenalkan adalah jam tangan anak-anak Imoo z6 yang ternyata menggunakan memori dari Kingston. Selain itu, Drone dari DJI, laptop dari Acer dan ASUS serta beberapa perangkat lainnya juga diperkenalkan karena menggunakan memori dari Kingston. Hal ini membuat saya menyadari mengapa Kingston menjadi pemasok modul memori nomor 1 di dunia. Bisa jadi, perangkat smartphone yang kita pakai juga menggunakan memori buatan Kingston.

Selain di hotel Hyatt, Kingston juga memiliki acara pada area Nangang. Saya juga nanti akan hadir di sana. Untuk itu, tetaplah di Hybrid dalam menyajikan berita lengkap tentang Kingston di Computex 2023.