Kingston Hadirkan Storage Terenkripsi IronKey Vault dan Flash Disk DataTraveler

Kingston keluarkan flash disk baru untuk enterprise dan pemakaian pribadi berkecepatan tinggi

Kingston saat ini sudah memiliki sebuah drive dengan tingkat enterprise yang diklaim aman dalam melindungi data. Perangkat tersebut adalah IronKey Vault Privacy 50 (VP50) dan IronKey Vault Privacy 80 External SSD (VP80ES). Selain untuk enterprise, Kingston juga menghadirkan 2 perangkan USB flash disk untuk personal. Keduanya adalah Kingston DataTraveler microDuo 3C dan Kingston DataTraveler Micro USB Flash Drive.

Kingston IronKey Vault Privacy 80 External SSD (VP80ES) merupakan SSD eksternal independen pertama dari Kingston dengan layar sentuh dan terenkripsi untuk perlindungan data. IronKey VP80ES dilengkapi pembuka kunci yang sama dengan smartphone serta kemudahan dalam menarik dan memindahkan data. Perangkat ini memiliki sertifikasi FIPS 197 serta enkripsi XTS-AES 256-bit yang digunakan untuk melindungi data khususnya terhadap serangan Brute Force dan BadUSB dengan firmware yang ditandatangani secara digital untuk menunjang proses kerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) hingga pembuat konten. Keamanan yang digunakan sudah sama dengan yang digunakan pada tingkat militer.

SSD eksternal ini menggunakan interface USB 3.2 Gen 1. Perangkat yang satu ini sudah mendukung USB-C mau pun USB A. Hal tersebut membuatnya bisa dikoneksikan ke banyak jenis perangkat seperti smartphone maupun PC.

Drive USB terenkripsi terbaru lainya dari Kingston adalah IronKey Vault Privacy 50 (VP50). Perangkat ini hadir dengan sertifikasi FIPS 197 dan enkripsi hardware 256-bit AES dalam mode XTS untuk keamanan data. VP50 mampu melindungi dari serangan Brute Force dengan mengunci kata sandi pengguna atau Pemulihan Sekali Pakai setelah kata sandi salah 10 kali  berturut-turut dan menghapus kripto pada drive jika kata sandi Admin salah dimasukkan 10 kali berturut-turut.

VP50 juga melindungi dari potensi malware pada sistem yang tidak aman dengan menggunakan mode read only untuk melindungi drive. Selain itu, keyboard virtual bawaan melindungi kata sandi dari keylogger atau screen-logger. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dapat memanfaatkan peran Admin untuk mengelola drive miliknya secara lokal, misalnya menggunakan Admin untuk mengonfigurasi atau mengatur ulang kata sandi Pengguna atau Pemulihan Sekali Pakai karyawan, dan memulihkan akses data pada drive yang terkunci,dan mematuhi undang-undang dan peraturan ketika forensik diperlukan. 

IronKey Vault Privacy 80 SSD Eksternal tersedia dalam kapasitas 480GB, 960GB, dan 1920GB serta didukung oleh garansi terbatas tiga tahun; Kingston IronKey Vault Privacy 50 tersedia dalam kapasitas mulai dari 8GB – 256GB dan didukung oleh garansi terbatas lima tahun.

Selanjutnya adalah Kingston DataTraveler microDuo 3C (DTDUO3CG3) yang memiliki 2 interface USB Type-C dan port USB Type-A. Storage ini tersedia dengan kapasitas hingga 256GB. Perangkat yang satu ini memiliki kecepatan baca USB 3.2 Gen 1 hingga 200 MB/s. Garansi yang diberikan Kingston untuk flash disk ini hingga 5 tahun.

Terakhir adalah Kingston DataTraveler Micro (DTMC3G2). Flash disk USB yang satu ini memiliki kecepatan membaca USB 3.2 Gen 1 hingga 200MB/s. Penyimpanan eksternal ini memiliki kapasitas hingga 256GB. Kingston juga memberikan garansi hingga 5 tahun untuk flash disk yang satu ini.