21 September 2022

by Yubian Asfar

Menang Telak, LOUD Jadi Juara VALORANT Champions 2022 Istanbul!

Melawan OpTic, LOUD sudahi pertandingan dengan skor 3-1 setelah sempat ditahan imbang di babak grand final

VALORANT Champions 2022 Istanbul telah selesai dan membawa LOUD sebagai juara dengan hasil memukau, Tim asal Brasil tersebut sukses menundukkan OpTic Gaming dengan skor 3-1.

Hasil ini menjadi kian spesial mengingat LOUD sempat dikalahkan oleh OpTic Gaming di fase Grup B. Selain itu, kedua tim bisa dibilang menjadi rival di skena esports VALORANT karena sudah bertanding sebanyak lima kali.

LOUD juga bertemu dengan OpTic Gaming dan berhasil menjadi pemenang lewat skor 2-0. Pertandingan di upper bracket final milik LOUD dan butuh satu pertandingan lagi antara DRX atau OpTic Gaming di fase lower bracket final.

Wakil Indonesia, BOOM Esports Gugur di Grup Neraka

Sumber: VALORANT Esports

Indonesia sendiri memiliki wakilnya di turnamen esports level tertinggi untuk VALORANT tersebut. BOOM Esports lolos melalui slot Last Chance Qualifier untuk regional APAC.

Pada regional APAC sendiri ada 3 tim termasuk BOOM yaitu Xerxia dan Paper Rex. BOOM Esports sendiri tergabung di Grup B bersama dengan LOUD, OpTic Gaming, dan ZETA Division.

Bisa dibilang BOOM harus menghadapi para tim-tim besar di Grup B, mengingat berjalannya turnamen hingga babak grand final. BOOM Esports gugur karena kalah 2-0 melawan OpTic Gaming dan ZETA Division dan harus mengubur harapan bertanding ke fase playoff.

LOUD Tuntaskan Misi Balas Dendam dari Fase Grup

Sumber: VALORANT Esports

Dari Grup B, LOUD dan OpTic Gaming jadi 2 tim yang berhak memperpanjang perjalanan sebagai juara. Siapa sangka, 2 tim yang berada di satu grup dengan BOOM Esports ini menjadi finalis.

LOUD dan OpTic Gaming bertanding di babak grand final dengan format best-of-five. Laga pembuka di map Ascent berhasil dimenangkan oleh LOUD dan mampu menambah rasa percaya diri tim.

Namun OpTic menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah menang di map Bind. Pertandingan ini bisa dibilang sangat sengit, bahkan laga pertama sempat diwarnai skor 13-13.

Setelah adu strategi dan skill individu, akhrinya LOUD berhasil menjadi juara berkat 2 kemenangan sekaligus di map Breeze dan Haven. Sacy, Less, dan Aspas menjadi dua pemain yang mencuri perhatian dengan kemampuan aim dan kehebatan dalam membaca situasi.

Dengan hasil ini, LOUD juga berhak membawa porsi hadiah terbesar, berikut posisi 4 besar dengan hadiahnya yaitu:

Juara 1: LOUD - US$300,000 + Trofi VALORANT Champions 2022 Runner-up: OpTic Gaming - US$150,000 Posisi 3: DRX - US$110,000 Posisi 4: FunPlus Phoenix - US$80,000

Sumber: VALORANT Esports

Dengan selesainya VALORANT Champions 2022 Istanbul, maka menandai selesainya VALORANT Pro Circuit di tahun 2022. Riot Games mengaku akan mengumumkan detail untuk turnamen berikutnya yaitu VALORANT Pro Circuit 2023 mendatang.