Huawei MateBook X Pro Diluncurkan di Bangkok, Tipis dengan Intel Core Generasi ke 12

Laptop premium dari Huawei ini memiliki badan yang tipis dan bobot ringan. MateBook X Pro sudah ditenagai dengan Intel Core i Generasi Ke 12. Berapa Harganya?

Pada acara yang diadakan oleh Huawei di Bangkok pada tanggal 27 Juli 2022, salah satu perangkat yang diluncurkan adalah Huawei MateBook X Pro. Laptop yang satu ini ditujukan untuk pasar yang lebih premium. Tentunya hal ini sangat terlihat dari bentuknya yang tipis dan desainnya yang premium. Huawei membuat Matebook X Pro dengan bahan metal.

Bahan metal tersebut sudah dibuat oleh Huawei dengan coating anti karat. Untuk bobotnya, MateBook X Pro hanya 1,26 kg saja. Layar pada laptop ini memiliki dimensi 14,2 inci yang memuat 92,5% dari seluruh badannya.

Layar tersebut memiliki resolusi 3120 x 2080 dengan 264 PPI. Hal tersebut ditemani dengan refresh rate 90 Hz serta 10 titik sentuh dilayarnya. Layar tersebut juga mendukung 2 gamut warna, yaitu DCI-P4 dan sRGB. Untuk keamanan, layarnya sudah memiliki 9H Super hardness yang tahan terhadap goresan.

Untuk sistem pendinginan, laptop tipis ini sudah dibekali dengan 2 Huawei Shark Fin Fan. Udara pun diambil dari 3 sisi laptop yaitu dari kiri, kanan, serta bagian depannya. MateBook X Pro juga menggunakan vapor chamber untuk meratakan panasnya sehingga mudah dibuang.

Untuk mendukung Smart Office dari Huawei, MateBook X Pro juga sudah mendukung fitur Smart Conference. Hal ini berarti bahwa kamera yang dipasang sudah memiliki AI Camera. Laptop ini sendiri memiliki 6 speakers agar suara yang dikeluarkan lebih kuat dan keras. Selain itu, dibagian depan laptop ini sudah memakai 4 microphone.

Untuk meningkatkan performa, Huawei sudah membekali MateBook X Pro dengan fitur Super Turbo. Fitur ini nantinya akan meningkatkan kinerja CPU, GPU, RAM, penyimpanan internal, bahkan baterainya. Huawei mengklaim bahwa Super Turbo mampu meningkatkan kinerja hingga 34% dan efisiensi hingga 50%.

Huawei MateBook X Pro sudah menggunakan prosesor terbaru Intel Core i generasi ke 12. Untuk yang masuk ke Indonesia, prosesor yang dipilih adalah Intel Core i7 1260P dengan 4P+8E core. Walaupun menggunakan TDP 28 watt, Huawei meningkatkannya menjadi 30 watt.

Huawei MateBook X Pro sudah tersedia saat ini di Indonesia. Laptop ini dijual dengan harga Rp. 32.999.000 dan hanya varian dengan Intel Core i7 1260P saja yang dijual. Pengguna pun mendapatkan beberapa hadiah dengan total Rp. 3.200.000 yang meliputi tas ransel, Office, mouse, dan Telkomsel Orbit.

Sayang memang, pada saat perhelatan di Bangkok, dengan waktu yang sangat mepet, saya tidak bisa mencoba perangkat ini dengan cukup waktu. Namun saat melihat desainnya, memang perangkat ini terlihat cantik. Saya sangat menyukai desain touchpad-nya yang tidak kotak biasa seperti kebanyakan laptop. Hal ini membuatnya mudah untuk diklik tombol mouse kiri dan kanan.

Karena tipis, perangkat ini memiliki 4 port USB-C. Huawei sendiri sudah menyebutkan bahwa ke 4 nya sudah mendukung Thunderbolt 4. Jadi, pengguna perangkat ini tinggal membeli sebuah USB-C hub agar bisa menggunakan USB-A yang saat ini masih mendominasi pasar penyimpanan eksternal. Selain itu, USB-C hub biasanya juga sudah menyediakan HDMI dan RJ45 untuk LAN.

Laptop ini juga masih menggunakan layout keyboard yang sama dengan beberapa perangkat Huawei lainnya. Hal tersebut seperti tombol WiFi tersendiri di antara tombol F6 dan F7. Feel keyboard-nya juga masih sama dengan beberapa laptop Huawei lain, seperti MateBook 14s.

Oleh karena pendeknya waktu, saya hanya bisa berharap agar Huawei Indonesia bisa meminjamkan unit review-nya kepada Hybrid. Tentunya saya masih penasaran untuk menggunakan laptop ini dan mengujinya lebih lanjut.