Mengenal Bing Chat dan Segala Fiturnya

Bing Chat merupakan jawaban Microsoft atas ChatGPT dari OpenAI

Munculnya ChatGPT dari OpenAI membuat chatbot berbasis AI menjadi populer di kalangan masyarakat umum. Jadi, tidak heran jika perusahaan-perusahaan teknologi besar lain pun mengikuti jejak OpenAI dan merilis chatbot AI mereka sendiri. Google telah merilis Bard, sementara Microsoft memiliki Bing Chat.

Kali ini, saya akan membahas segala sesuatu tentang Bing Chat.

Apa Itu Bing Chat?

Bing Chat merupakan fitur chatbot AI yang terintegrasi pada browser Edge. Chatbot tersebut menggunakan teknologi yang sama dengan ChatGPT, yaitu GPT-4 generative machine learning model. Satu hal yang membedakan Bing Chat dengan ChatGPT adalah chatbot milik Microsoft terintegrasi dengan browser Edge dan search engine Bing. Dengan begitu, Bing Chat bisa mengakses informasi yang lebih baru.

Sama seperti ChatGPT atau Bard, Bing Chat juga dapat memahami dan memberikan jawaban dalam bahasa natural. Alhasil, sesi tanya-jawab dengan Bing Chat akan terasa seperti obrolan dengan manusia.

Fungsi utama dari Bing Chat adalah menjawab pertanyaan pengguna dan memberikan hasil pencarian yang lebih baik bagi pengguna Bing. Namun, Bing Chat juga punya berbagai fungsi lain. Contohnya, Bing Chat bisa membantu Anda untuk membuat rencana perjalanan, membeli tiket, menulis draf email, sampai membuat candaan.

Contoh candaan dari Bing Chat. | Sumber: GizmoChina

Walau terintegrasi dengan search engine Bing, Bing Chat menawarkan pengalaman penggunaan yang sama sekali berbeda. Ketika Anda menggunakan search engine, Anda akan mendapatkan kumpulan tautan sesuai dengan kata kunci yang Anda gunakan.

Sementara jika Anda menggunakan Bing Chat, Anda akan langsung mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang Anda berikan. Bing Chat juga memberikan tautan ke sumber yang ia kutip, sehingga Anda bisa memeriksa sendiri apakah data yang chatbot ini berikan memang valid, lapor Windows Central.

Bing Chat punya tiga gaya bicara yang berbeda, yaitu Creative, Balanced, dan Precide. Secara otomatis, Bing Chat akan menggunakan mode "Balanced." Ketika Anda menggunakan mode "Creative", Bing Chat dapat memberikan jawaban yang lebih bebas dan orisinal. Sementara jawaban dalam mode Balanced cenderung netral, tanpa bias. Dan mode Precise akan mendorong Bing Chat untuk memberikan informasi yang lebih akurat.

Tiga mode percakapan di Bing Chat.

Sekarang, Anda bisa langsung mencoba Bing Chat melalui browser Edge. Anda bahkan tidak harus masuk ke akun Microsoft terlebih dulu untuk mencoba chatbot tersebut. Namun, dalam satu sesi, jumlah pertanyaan atau prompt yang bisa Anda berikan terbatas, yaitu 20 pertanyaan. Setelah itu, Bing Chat akan meminta Anda untuk memulai topi baru.

Sama seperti ChatGPT, Bing Chat juga bisa "mengingat" pertanyaan yang sudah Anda berikan sebelumnya. Pada awalnya, Bing Chat hanya tersedia di desktop. Namun, sekarang, Anda juga bisa menggunakan chatbot itu via iOS atau Android selama Anda punya aplikasi Bing.

Update Terbaru dari Microsoft

Microsoft memperkenalkan Bing Chat pada Februari 2023. Sejak saat itu, Microsoft terus memberikan update untuk Bing Chat. Menjelang Microsoft Build, yang diadakan pada akhir Mei 2023, kreator Windows itu menambahkan fitur chat history untuk Bing Chat. Dengan begitu, Anda akan bisa membaca kembali pertanyaan yang Anda berikan dan jawaban dari Bing Chat.

Selain itu, Microsoft juga menambahkan berbagai fitur lain. Contohnya, optimasi untuk jawaban terkait resep makanan serta peningkatan kualitas auto-suggest dan privasi di sidebar Edge. Bing Chat juga dapat menyertakan gambar yang lebih baik untuk menjawab pertanyaan pengguna dan bahkan memasukkan video.

Bing Chat juga bisa menampilkan gambar.

Di Microsoft Build 2023, ada banyak pengumuman tentang Bing Chat. Salah satu pengumuman terbesar dari Microsoft adalah ChatGPT akan menggunakan Bing sebagai search engine untuk mencari informasi yang ada di internet, termasuk berita terbaru. Selain integrasi dengan Bing, ChatGPT juga dikabarkan akan menampilkan tautan ke situs yang ia gunakan sebagai referensi jawaban.

Lebih lanjut, Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan standar open plugin yang sama dengan OpenAI. Dengan begitu, Microsoft Copilot akan kompatibel dengan ChatGPT dari OpenAI. Hal ini merupakan kabar baik karena pada pertengahan Mei 2023, OpenAI merilis lebih dari 70 plugin bagi para pelanggan ChatGPT Plus, lapor ZDNet.

Saat ini, Anda bisa menggunakan Bing Chat secara gratis. Dan menurut laporan Digital Trends, Microsoft mengungkap bahwa mereka tidak berencana untuk menjadikan Bing Chat sebagai fitur berbayar. Sebagai gantinya, mereka akan menampilkan iklan.

Iklan di Bing Chat. | Sumber: ZDNet

Berkat Bing AI, search engine Bing berhasil mendapatkan 100 juta pengguna harian. Jadi, tidak heran jika Microsoft ingin memonetisasi Bing Chat dengan menawarkan iklan. Sejauh ini, Microsoft telah punya beberapa ide tentang cara menampilkan iklan di Bing Chat.

Pertama, menampilkan iklan di chat. Microsoft mempertimbangkan untuk menampilkan iklan saat Bing Chat memberikan jawaban atas pertanyaan pengguna. Situs yang berkontribusi pada jawaban yang diberikan oleh ChatGPT akan mendapatkan sebagian pemasukan yang Microsoft dapat dari iklan.

Kedua, Microsoft ingin menambahkan fitur hover, yang memungkinkan Bing Chat untuk menampilkan lebih banyak tautan dari sebuah situs. Hal ini diharapkan akan bisa mendorong pengguna Bing Chat untuk mengakses situs tersebut dan menaikkan trafik situs.

Ide terakhir Microsoft adalah menambahkan fitur "rich captions" untuk rekan Microsoft Start. Di metode ini, Bing Chat akan menampilkan konten dengan caption yang menarik, berdampingan dengan jawaban untuk pertanyaan pengguna. Sama seperti fitur hover, fitur rich captions bertujuan untuk meningkatkan engagement dari sebuah situs.

Sumber header: Bing