Gadget
for SEO
Gadget

Menilik Keunggulan Desain OPPO Reno8 Pro 5G dan Reno8 5G

5 August 2022Wiku Baskoro

OPPO menghadirkan berbagai hal menarik dari sisi desain di Reno8 Pro 5G dan Reno8 5G

Seru Reno8 akan segera hadir di Indonesia, tinggal menunggu hari saja perangkat penerus seri Reno7 ini akan bisa dimiliki oleh konsumen di Indonesia. Reno8 akan dari beberapa varian, perangkat paling tinggi menghadirkan NPU buatan OPPO sendiri yaitu MariSilicon X.

Sebagai informasi resmi pertama tentang perangkat ini yang bisa disebar ke publik, OPPO menjelaskan berbagai keunggulan dan keunikan dari perangkat Reno8 terutama dari desain dan hasil foto dalam suasana cahaya temaram.

Perangkat yang dijelaskan dari dua fitur ini, desain dan nigh photography ada dua yaitu Reno8 Pro 5G dan Reno8 5G. Dua perangkat ini punya kemiripan tetapi juga perbedaan. Yang versi Pro tentu saja membawa kelebihan yang cukup signifikan dari versi bawahnya.

Reno8 Pro 5G dari sisi desain

Reno8 Pro 5G

Reno8 Pro 5G membawa desain yang cukup menarik untuk seri Reno. Beberapa elemen mengambil dari seri flagship dengan sentuhan khas Reno.

Untuk body belakang, OPPO membawa material gorilla glass dengan proses pembuatannya one time forging up to 800 derajat dengan beban tekanan 120kg. Sedangkan untuk finishing menggunakan tampilan layaknya porcelain. Warna yang dihadirkan ada dua, Glazed Green dan Glazed Black.

Desain unibody dari Reno8 Pro 5G telah disempurnakan lebih dari 100 kali dan menjalani lebih dari 400 hari R&D. Kaca Gorrila Glass yang dijadikan bagian belakang perangkat dibentuk menggunakan cetakan dalam suhu dan tekanan tinggi, untuk memastikan tekstur cetakan halus maka dilakukan pemolesan tiga langkah.

Selain itu ada delapan langkah pemolesan skala nanometer pada kaca. Terakhir bagian belakang dan depan juga dipoles secara menyeluruh dengan presisi tinggi agar terasa halus.

Untuk pengalaman genggam di perangkat ini sangat menarik. Terutama untuk warna Glazed Green, rasa keramik yang kental serta rasa genggam yang cukup mantap. Setidaknya itu yang didapat dari pengalaman singkat memegang perangkat. Bagian bingkai perangkat Reno8 Pro 5G ini menggunakan bahan metal, jadi rasa genggam dan rasa desain secara keseluruhan nyaman dan premium.

Reno8 Pro 5G juga nyaman untuk kegiatan fotografi, layar dengan bezel tipis, pinggiran metal dan ketipisan perangkat membuatnya terasa kokoh tapi tetap ringan.

Untuk layout kamera, OPPO juga memiliki angle unik dalam mengeksekusi tampilannya. OPPO membuat layout kamera belakang dengan desain sebagai tribute pada desain kamera sinema klasik . Desain ini bukan tanpa alasan karena menegaskan bahwa smartphone membawa fitur kamera yang cukup kentara.

Reno8 Pro 5G

OPPO juga menggunakan elemen ‘golden ratio’ untuk memberikan layout yang tidak hanya menarik juga selaras dengan keseluruhan desain. Layout kamera ini juga menjadi selaras dengan elemen desian lain seperti bahan kaca di bagian belakang, finishing untuk layout kamera dan pinggiran perangkat yang dari bahan metal.

Untuk bagian depan, layar 6.7 inci hadir dengan bezel yang cukup tipis untuk memberikan kenyamanan penggunaan.

Di bagian belakang juga hadir Ring Flash yang tampil dengan susunan lingkaran geometris. Menjadikan tampilannya unik tetapi juga fungsional.

Salah satu keunggulan yang dibawa Reno8 Pro 5G adalah hadirnya NPU MariSilicon X yang menjadi salah satu fitur paling istimwa karena mendukung kegiatan fotografi terutama fotografi malam atau cahaya temaram. Nah, untuk membahas sisi kamera, akan dituliskan di artikel lain.

Desain di Reno8 5G

Reno8 5G

Kita beralih ke desain dari Reno8 5G. Secara mendasar membawa nuansa yang cukup sama dengan Reno8 Pro 5G namun dengan beberapa perbedaan.

Dari sisi tampilan belakang Reno8 5G hadir dengan nuansa warna yang mirip seri Reno7. Ada dua warna yaitu Shimmer Gold dan Shimmer Black yang Gold memberikan nuansa warna-warni ketika terkena cahaya. Tampilan belakang ini disebutkan OPPO juga bebas sidik jari.

Untuk desain belakang hadir unibody dengan tampilan belakang terintegrasi antara modul kamera dan penutup belakang. Tampilan ini dibuat untuk mencegah debu menumpuk di sekitar area kamera.

Untuk layout kamera sendiri masih membawa nuansa yang sama dengan Reno8 Pro 5G yaitu tribute ke desain sinema kamera klasik. Sebagai pelengkap, juga hadir Ring Flash seperti varian Pro.

Perbedaan paling mendasar yang berhubungan dengan kemampuan pemrosesan hasil foto terutama untuk kualitas cahaya temaram yaitu ketidakhadiran MariSilicon X di perangkat ini, karena NPU buatan OPPO ini hanya tersedia di varian Pro.

Reno8 5G

Nah, itu dia informasi tentang desain dari Reno8 Series yaitu Reno8 Pro 5G dan Reno8 5G. Untuk informasi yang berhubungan dengan hasil kamera dan juga video akan di bahas di artikel terpisah.

Sebagai pelengkap ini informasi terkait spesifik yang bisa dibagikan terkait seri Reno8.

Others from #HybridTV

// //