Meta Quest 3 Disingkap: Lebih Ringkas, Lebih Bertenaga, Bisa Mixed Reality

Meta masih akan menjual Quest 2 dengan harga yang lebih murah

Meta belum lama ini menyingkap Meta Quest 3, virtual reality (VR) headset terbarunya sekaligus suksesor dari Meta Quest 2. Dibandingkan pendahulunya yang amat populer tersebut, Meta Quest 3 menjanjikan peningkatan yang signifikan dari segi kenyamanan dan performa, tidak ketinggalan pula sebuah fitur mixed reality yang inovatif.

Meta sejauh ini belum menjabarkan secara detail spesifikasi yang diusung Meta Quest. Namun dalam pengumuman resminya, dijelaskan bahwa Meta Quest mengandalkan panel display dengan resolusi lebih tinggi dan sistem optik yang lebih baik daripada sebelumnya. Dan untuk mengakomodasi kapabilitas visual yang lebih superior tersebut, Meta tak lupa menyematkan chipset Qualcomm Snapdragon generasi terbaru yang diklaim menawarkan kinerja grafis dua kali lebih tinggi daripada yang tertanam di Quest 2.

Yang istimewa, semua itu dapat diwujudkan tanpa membuat fisik perangkatnya jadi bertambah bongsor. Sebaliknya, Quest 3 justru diklaim punya profil optik yang 40% lebih ramping daripada pendahulunya. Jika kedua perangkat disandingkan, perbandingan ukurannya memang cukup kentara. Apakah ini juga berarti bobot Quest 3 lebih ringan? Sayangnya Meta sama sekali belum buka suara soal itu.

Secara desain, Quest 3 masih didominasi warna putih seperti pendahulunya. Namun yang langsung kelihatan berbeda adalah adanya tiga rumah sensor/kamera berukuran cukup besar di sisi depan. Meta memang belum menjelaskan secara merinci fungsi dari komponen ekstra tersebut, namun bisa diasumsikan bahwa semua itu punya peran penting dalam mewujudkan fitur mixed reality milik Quest 3.

Meta menamai fitur tersebut Meta Reality, dan cara kerjanya pada dasarnya merupakan kombinasi dari virtual dan augmented reality. Ketika fiturnya diaktifkan, pengguna jadi bisa melihat apa yang ada di sekitarnya selagi berinteraksi dengan objek-objek virtual yang diproyeksikan. Hal ini jelas akan membuka peluang baru bagi pengguna Meta Quest 3 dalam mengonsumsi konten mixed reality.

Bukan cuma headset-nya saja yang dirombak, controller Touch Plus milik Quest 3 pun juga telah mengalami perubahan cukup drastis. Yang paling utama, versi baru ini tak lagi memiliki bagian melingkar yang menyerupai gelang seperti sebelumnya. Anda tidak suka menggunakan controller? Tidak masalah, sebab Quest 3 telah sepenuhnya mendukung hand tracking tanpa memerlukan aksesori tambahan.

Bersamaan dengan Quest 3, Meta turut mengungkap sederet game baru yang akan hadir di platform VR-nya. Pengguna pun tak perlu khawatir koleksi game lamanya akan langsung kadaluarsa dengan adanya VR headset baru ini, sebab Meta memastikan bahwa Quest 3 kompatibel dengan game-game yang dirilis untuk Quest 2.

Meta berencana memasarkan Quest 3 pada musim gugur 2023 dengan harga $500 untuk varian berkapasitas 128 GB. Meta juga akan menawarkan varian dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, akan tetapi harganya masih belum dirincikan.

Lalu bagaimana nasib Meta Quest 2? Perangkat tersebut rupanya masih akan tetap diproduksi dan dijual secara luas, kali ini dalam harga yang lebih terjangkau: $300 untuk varian 128 GB, atau $350 untuk varian 256 GB. Meta kabarnya juga akan merilis software update yang akan meningkatkan kinerja CPU dan GPU milik Quest 2, sekaligus menghadirkan fitur Dynamic Resolution Scaling.

Di luar Quest 3, Meta juga masih punya sederet perangkat VR dan AR lain yang sedang mereka kembangkan, yang dijadwalkan hadir dalam empat tahun ke depan.

Via: The Verge.