23 March 2022

by Glenn Kaonang

Nintendo Pensiunkan Dragalia Lost, IP Game Baru Pertamanya di Platform Mobile

Diluncurkan di tahun 2018, Dragalia Lost merupakan IP baru pertama Nintendo yang sebelumnya tidak pernah ada di hardware Nintendo mana pun

Dragalia Lost, game RPG gacha untuk perangkat mobile terbitan Nintendo, akan segera dipensiunkan. Developer yang bertanggung jawab atas pengembangannya, Cygames, baru-baru ini mengumumkan rencananya terkait masa depan Dragalia Lost, dan sayangnya, game tersebut tidak akan bertahan lama.

Kalau Anda kurang familier dengan game--nya, itu bisa dimaklumi mengingat Dragalia Lost memang cuma tersedia di region-region tertentu saja, dan Indonesia tidak termasuk salah satunya. Game ini pertama diluncurkan di tahun 2018 sebagai IP baru pertama Nintendo yang sebelumnya tidak pernah ada di hardware Nintendo mana pun. Dalam dua minggu pertamanya, Dragalia Lost berhasil meraih pemasukan sebesar $16 juta. Per Juli 2019, pemasukannya diperkirakan sudah menembus angka $100 juta.

Dalam pengumumannya, Cygames menjelaskan bahwa campaign utama Dragalia Lost akan berakhir pada bulan Juli 2022 seiring diluncurkannya bagian kedua dari Chapter 26. Sesudahnya, Cygames tidak akan menerima update konten baru lagi, dan akan diberhentikan sepenuhnya, meski tanggal pastinya baru akan diumumkan di lain hari. Saat artikel ini ditulis, campaign utama Dragalia Lost masih berada di bagian kedua dari Chapter 24. Cygames umumnya merilis separuh chapter setiap bulannya.

Buat saya pribadi, sulit rasanya membayangkan menjadi pemain Dragalia Lost: Anda sudah terlanjur cinta dengan game-nya dan penasaran dengan ending dari ceritanya, tapi di saat yang sama Anda tahu semuanya bakal hilang tak berbekas hanya dalam waktu beberapa bulan. Rencananya, Cygames akan mengadakan event yang mendatangkan satu set karakter baru pada 31 Maret, mungkin untuk sedikit mengobati kekecewaan yang dirasakan para pemain Dragalia Lost.

Popularitas Dragalia Lost jelas kalah dari Fire Emblem Heroes, RPG lain Nintendo untuk perangkat mobile yang amat sukses secara finansial. Namun fakta bahwa ia merupakan IP orisinal yang dapat bertahan sekian lama walaupun hanya di beberapa region saja, cukup bisa menunjukkan potensi asli dari game-nya.

Baik Nintendo maupun Cygames sama sekali tidak memberikan alasan kenapa Dragalia Lost bakal ditutup. Namun ini bukan pertama kalinya untuk Nintendo: November lalu, Nintendo menarik game mobile Dr. Mario World dari peredaran tanpa memberikan alasan apa-apa.

Via: GameSpot.