Dewan Olimpiade Asia (OCA) dan dan AESF Jalin Kerjasama Dengan Tencent Untuk Promosikan Esports di Asia

Dengan adanya kerjasama ini, ekosistem industri esports di Asia diharapkan semakin berkembang pesat lagi.

Dewan Olimpiade Asia (OCA) telah mengumumkan kerja sama dengan salah satu perusahaan terbesar dari Tiongkok yakni Tencent untuk membantu lebih lanjut mempromosikan pengembangan esports di Asia.

Kerjasama yang dijalin ini diumumkan pada rapat Konferensi Pengembangan Olahraga Elektronik Asia dan Upacara Penandatanganan MOU, yang diadakan oleh OCA dan Federasi Olahraga Elektronik Asia (AESF).

Rapat yang diadakan secara online tersebut dihadiri oleh Direktur Umum OCA Husain AI-Musallam, Presiden dari AESF Kenneth Fok, Direktur Umum AESF Sebastian Lau, COO AESF Steve Kim, Senior Vice President Tencent Steven Ma, serta Vice President of Tencent Games dan GM Tencent Esports Mars Hou.

Sumber Gambar: Tencent

Dalam pertemuan online ini, para peserta berbagi wawasan dan bertukar pandangan tentang topik-topik seperti “Perkembangan Masa Depan Olahraga dan Esports di Asia” serta “Promosi danPerkembangan Olahraga di Asia”.

Dalam pertemuan tersebut juga diumumkan kerjasama antara AESF dan Tencent Esports, serta rencana ke depan untuk menyambut gelaran Asian Games. Kedua perusahaan akan bekerja sama untuk persiapan dan fasilitasi esports di Asian Games ke-19 yang akan digelar di Hangzhou, Tiongkok pada bulan September 2022 mendatang.

Dilansir dari esportsinsider, Husain AI-Musallam, Direktur Umum OCA, mengatakan pihaknya senang dapat membangun kerjasama strategis dengan Tencent.Ia juga mengungkapkan harapannya bahwa teknologi dan inovasi Tencent akan membantu OCA dan AESF menghadirkan kemungkinan baru bagi industri esports di Asia.

Steven Ma, Senior Vice President Tencent, juga menegaskan bahwa perusahaan akan terus mendukung OCA dalam mendorong perkembangan olahraga dan esports di Asia.Ia juga berjanji bahwa Tencent akan bekerja sama dengan negara-negara Asia untuk bersama-sama menciptakan ekosistem esports yang lebih maju lagi

Kenneth Fok, Presiden dari AESF, memberikan bocoran bahwa AESF dan Tencent Esports akan berkolaborasi dalam sejumlah proyek di masa depan.Sementara itu, Mars Hou, Vice President Tencent Games, mengatakan bahwa bersama AESF, kedua entitas akan bekerja sama untuk menyelenggarakan acara dan memberikan pengalaman pendidikan kepada para pemain.

Dalam rilis tersebut juga ditegaskan bahwa "Road to Asian Games" akan menjadi platform baru bagi para pemangku kepentingan untuk belajar, berbagi, dan bertukar informasi.Steve Kim, COO AESF, dan Sebastian Lau, General Director AESF, menekankan inisiatif tersebut sebagai awal dari pembuatan sistem standar untuk event esports di Asia.