Tuai Kritik, Dev Overwatch 2 Jelaskan Alasan Pembatalan Mode PvE dan Rencana Penggantinya

Meski PvE jadi alasan utama dibuatnya Overwatch 2, developer mengakui tak sanggup memenuhi rencana awal tersebut

Usai menyampaikan roadmap dan update melalui siaran langsung, developer Overwatch 2 langsung menerima respons negatif dari komunitas. Pasalnya, mereka memutuskan untuk membatalkan mode PvE yang masih dalam tahap pengembangan, yang sudah lama ditunggu oleh para penggemarnya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Overwatch merupakan salah satu game dengan cerita dan dunia yang sangat menarik, sehingga mode cerita yang direncanakan sudah pasti akan menarik minat pemain untuk mengetahui lebih dalam latar belakang karakter dan dunia Overwatch. Sayangnya, komunitas pemain Overwatch pada akhirnya harus menelan kekecewaan atas pembatalan mode tersebut.

Game sekuel dari Overwatch ini pada dasarnya dirilis dengan menerapkan beberapa fitur utama yang membedakan dengan game sebelumnya. Selain mode PvE yang sudah disebutkan sebelumnya, Overwatch 2 tidak akan memungut biaya untuk bermain alias gratis, dan mode 5v5 yang sebelumnya 6v6.

Namun melalui blog resminya, Blizzard menjelaskan bahwa mereka masih berkomitmen untuk merilis sebuah mode PvE "Story Mission", meski nantinya mode ini tidak seperti yang dijanjikan di awal. Namun setidaknya, melalui mode ini pemain bisa menikmati cerita di balik aksi para hero Overwatch.

Selain Story Mission, developer juga berniat untuk merilis sebuah konten co-op baru yang detailnya tidak mereka berikan. Ada juga sebuah cerita yang ingin mereka presentasikan, baik melalui game maupun di luar game. 

Dalam penjelasan Blizzard, Story Mission adalah sebuah mode co-op yang berfokus pada gameplay yang cepat, yang menggabungkan antara cerita, cinematic, dan cutscene untuk menceritakan dunia Overwatch. Jika melihat dari game lain Blizzard seperti World of Warcraft, pemain pasti akan memasang ekspektasi yang sangat tinggi, tidak lain karena video-video sinematik mereka yang sangat menggugah semangat dan emosi.

Story Mission akan menceritakan tentang para pahlawan dari Overwatch, yang bersatu melawan ancaman Null Sector. Ceritanya akan dijalankan secara linear dan runtut, tidak seperti sebelumnya yang hanya bersifat potongan-potongan saja dan berasal dari berbagai sudut pandang hero tertentu. Misi ini rencananya akan bertempat di dalam sebuah peta yang sangat besar, dengan jenis musuh baru dan sinematik baru.

Mode inilah yang masih akan diupayakan dan direncanakan rilis pada Season 6 mendatang. Developer berjanji akan membagikan informasi yang lebih lengkap dalam beberapa minggu ke depan.

Sebenarnya selain Story Mission, ada 1 mode lagi yang disebut dengan Hero Mission (atau Hero Mode). Mode ini nantinya akan membolehkan pemain untuk meningkatkan hero-hero mereka melalui Talent Tree. Nantinya, akan ada mode-mode PvE yang bisa diulang-ulang untuk memaksimalkan Talent Tree tersebut. Secara konsep, mode ini sangatlah menarik dan jauh berbeda dari Overwatch yang pemain kenal.

Namun sayangnya, developer meniadakan mode ini karena banyaknya kesulitan dan rintangan yang mereka alami, yang berpotensi mengganggu pengembangan Overwatch 2 sebagai sebuah game live-service.