6 September 2022

by Glenn Kaonang

LG Luncurkan Platform NFT Khusus untuk Lini Smart TV-nya

Lewat platform NFT LG Art Lab, pengguna bisa melangsungkan aktivitas jual-beli NFT sekaligus menampilkan koleksinya langsung di layar TV

TV dan NFT bukanlah dua hal yang umum diasosiasikan oleh banyak orang. Namun itu tidak mencegah LG mencoba mengawinkan keduanya. Raksasa elektronik asal Korea Selatan itu baru saja meluncurkan platform NFT bernama LG Art Lab, dan untuk mengaksesnya, Anda perlu menggunakan TV LG, spesifiknya yang menjalankan sistem operasi WebOS versi 5.0 ke atas.

Sesuai tebakan, platform anyar ini pada dasarnya merupakan sebuah marketplace NFT yang dapat diakses langsung melalui TV. Pengguna dapat melangsungkan aktivitas jual-beli aset NFT di sana, dan tentu saja, layar besar TV-nya bisa dipakai untuk menampilkan deretan karya seni digital yang ada dalam koleksi masing-masing pengguna. One-stop solution kalau kata LG sendiri.

LG pun tidak lupa menghadirkan fitur bernama LG Art Drops, yang sejatinya berfungsi untuk menyoroti para artis dan memberi bocoran karya-karya seni digital yang akan segera hadir di platform NFT LG. Juga tidak kalah esensial adalah fitur hitung mundur (countdown) atas koleksi-koleksi NFT yang akan segera dirilis, sehingga konsumen yang tertarik dapat memastikan tidak ada kesempatan membeli yang terlewat.

Setiap transaksi di LG Art Lab dapat diselesaikan semudah memindai kode QR yang tampil di layar TV menggunakan smartphone dan melanjutkannya prosesnya via aplikasi crypto wallet Wallypto. Satu hal yang cukup disayangkan adalah, platform ini untuk sementara baru tersedia di Amerika Serikat, dan sejauh ini belum ada informasi terkait rencana ekspansinya ke negara-negara lain.

Platform NFT LG Art Lab dibangun di atas ekosistem blockchainHedera. Nama itu mungkin kurang begitu dikenal di kalangan umum, namun Hedera mengklaim jaringannya jauh lebih cepat dan lebih efisien ketimbang Ethereum, dengan biaya transaksi yang jauh lebih rendah. Keputusan LG memilih Hedera juga bukan suatu kebetulan, sebab LG memang sudah cukup lama menjadi salah satu perusahaan yang mengawasi pengembangan blockchain proof-of-stake tersebut.

Karya seni digital pertama yang akan menyambangi LG Art Lab adalah karya pematung tenar Barry X Ball. Koleksi tersebut sekaligus menjadi debut perdana Barry X Ball di ranah NFT dan para pengguna yang tertarik bisa langsung memantaunya menggunakan fitur LG Art Lab Drops itu tadi.

Sebagai informasi, LG bukanlah produsen TV pertama yang berinisiatif menghadirkan integrasi NFT. April lalu, Samsung lebih dulu menyematkan integrasi NFT di lini TV-nya dengan bekerja sama dengan platform Nifty Gateway. Pertanyaannya, akankah produsen TV asal Jepang dan Tiongkok ikut menyusul ke depannya?

Sumber: LG via PetaPixel.