2 September 2022

by Galih

PUBG Mobile akan Adakan Kolaborasi dengan Dragon Ball

Goku dan kawan-kawan kini akan bertempur di Erangel

Seperti halnya game-game berbasis layanan pada umumnya, PUBG Mobile atau PUBGM kini baru saja mengumumkan kolaborasi mereka selanjutnya. Dan kini game battle-royale ini akan menggandeng serial anime populer Dragon Ball.

Keberadaan kolaborasi ini diumumkan langsung melalui akun media sosial milik PUBG Mobile. Dan terlihat jelas bahwa kolaborasi ini diadakan sebagai perayaan perilisan film terbaru Dragon Ball Super: Super Hero.

Sayangnya, meskipun telah diumumkan beberapa hari yang lalu, namun kolaborasi ini diumumkan baru akan tiba pada 2023 mendatang. Waktu ini tentunya cukup lama, mengingat film Dragon Ball Super: Super Hero sendiri telah dirilis di seluruh dunia.

Selain itu, menurut siaran pers, disebutkan bahwa event ini nantinya akan lebih befokus pada premis dan karakter dari film-nya daripada serial animasi Dragon Ball secara keseluruhan. Jadi seperti kehilangan momen karena tidak bersamaan dengan filmnya.

Krafton dan Tencent juga belum membagikan detail lebih banyak mengenai kolaborasi ini. Namun banyak fans yang percaya bahwa event Dragon Ball ini tidak akan jauh berbeda dengan kolaborasi anime sebelumnya yaitu Neon Genesis Evangelion, Sakura Wars, dan Jujutsu Kaisen.

Ini berarti para pemain bisa memprediksi bahwa event ini nantinya akan membawa beberapa kostum in-game bertema Dragon Ball, item-item tematis dari temanya.

Skenario lain, PUBG Mobile bisa kedatangan beberapa karakter dari film Dragon Ball Super: Super Hero. Sekaligus dengan game mode unik yang mengambil tema dari film Dragon Ball tersebut.

Image Credit: Tencent Games

Sebelumnya, Dragon Ball juga telah melakukan kolaborasi besar dengan game battle royale lainnya yaitu Fortnite. Dalam game milik Epic Games tersebut membawa beberapa karakter anime Dragon Ball, item kosmetik, emote, misi khusus, dan bahkan jurus ikonik 'Kamehameha'.

Dengan tema yang lebih serius, PUBG Mobile mungkin akan mengambil arah yang lebih realistis terhadap kolaborasinya dengan Dragon Ball. Anda yang sudah tidak sabar menanti kolaborasi ini memang harus bersabar untuk menantikan info lebih lengkap dari Krafton dan Tencent.

PUBG Mobile sendiri menjadi produk paling sukses yang dimiliki Krafton. Pada semester pertama 2022 ini PUBG Mobile berhasil mendulang pendapatan hingga $551 juta atau sekitar Rp 8,2 trilun.