9 July 2022

by Galih

RoboCop Rogue City adalah Game Robocop Terbaru Bergenre FPS

Siap-siap untuk menjadi cyborg penegak hukum.

Menyebut nama RoboCop saat ini mungkin terdengar asing bagi banyak orang. Film tentang polisi yang diubah menjadi sebuah cyborg ini memang tenar di era 80-an, namun usaha untuk membawanya ke dunia modern tidak terlalu berhasil.

Meski gagal di dunia perfilman, namun kelihatannya Robocop memiliki potensi untuk membangun namanya di dunia video game. Karena dalam showcase terbarunya, publisher Nacon menunjukkan game terbaru yang berjudul RoboCop: Rogue City.

Melalui trailer perdananya, game ini menunjukkan inspirasi besar dari tiga film perdananya yang dirilis pada tahun 80-an silam. Latar yang diambil juga masih sama seperti filmnya, yaitu Kota Detroit, Amerika Serikat yang dikuasai oleh kriminal.

Pemain akan berperan sebagai solusi penjaga perdamaian baru yang dikeluarkan oleh Omni Consumer Products Corporation bernama RoboCop. Seperti namanya Robocop bertugas sebagai polisi yang akan menegakkan hukum di Detroit dengan bantuan kekuatan dan berbagai peralatan robotik yang ia miliki.

Bersamaan dengan perkenalannya, developer Teyon juga memamerkan langsung gameplay perdananya. Studio yang sebelumnya bertanggung jawab dalam game adaptasi film lainnya yaitu  Terminator: Resistance yang dirilis pada 2019 silam.

Dalam trailer perdana tersebut terlihat jelas bagaimana latar Amerika Serikat di tahun 80an yang penuh dengan kriminalitas. RoboCop pun tampil dengan armor silver mengkilat ikoniknya. Sayangnya setelah itu game-nya berubah ke pandangan orang pertama.

RoboCop memang dibuat menjadi sebuah game first-person shooter (FPS) tentunya untuk membuat pengalaman menjadi seorang cyborg-nya semakin kuat. Apalagi game ini juga memperlihatkan tampilan membidik musuh layaknya di film klasiknya dulu.

Image Credit: Nacon

Grafis yang diusung dalam dalam RoboCop: Rogue City ini tampak cukup menakjubkan dan realistis. Apalagi terlihat dari beberapa cuplikan gameplay-nya, game ini juga telah mengimplementasikan ray-tracing.

Kerennya dari beberapa adegan terlihat bahwa game ini akan memperlihatkan kekerasan dengan cukup terlihat. Terutama dari cipratan darah, dan juga bagian tubuh musuh yang hancur. Persis dengan film aslinya yang memang cukup dewasa.

Sayangnya, pemain harus bersabar hingga tahun depan untuk dapat memainkan game ini. Karena RoboCop: Rogue City ini baru akan dirilis pada Juli 2023 mendatang untuk PlayStation 5, Xbox Series X|S, dan juga PC lewat Steam.