Bawa Rekrutan Anyar, RRQ Umumkan Roster Untuk MPL ID Season 11

Perubahan tim RRQ kali ini bisa dibilang sangat drastis karena ada pergantian nama tim dan roster unggulan

Memasuki MPL ID Season 11, setiap tim sudah harus memiliki roster masing-masing meski memang belum mengumumkannya. Namun Rex Regum Qeon (RRQ) jadi tim pertama yang resmi menampilkan formasi roster miliknya menghadapi turnamen lokal tertinggi untuk skena esports Mobile Legends.

Sebelum resmi diumumkan, memang banyak isu yang berkembang seputar kegagalan RRQ di ajang sebelumnya yaitu M4 World Championship 2022. Pada ajang tersebut, RRQ menempati urutan ketiga karena kalah dari ECHO.

Sumber: Instagram @mlbbesports_official

Kegagalan tim tersebut menjadikan RRQ gagal juara sebanyak 4x di M-Series sejak digelar pada tahun 2019. Imbas kekalahan tersebut, terjadi perubahan pemain besar-besaran, salah satunya kepergian sang pelatih utama, yaitu Acil.

Selain itu, muncul satu pemain bintang yang mengisi bangku pemain RRQ, siapa dia? Berikut jajaran roster RRQ untuk MPL ID Season 11:

  1. Andre "Banana" Raymond Putra
  2. Albert "Alberttt" Neilsen Iskandar
  3. Deden "Clayyy" Muhammad Nurhasan
  4. Schevenko "Skylar" David Tendean
  5. Calvin "VYN"
  6. Muhammad "Lemon" Ikhsan
  7. Deven "RENBO" Markos
  8. Michael "Arcadia" Angelo Bocado - Head Coach
  9. Petra "Fiel" Giovanni - Assistant Coach/Analyst

Nama dan Skuad Baru, RRQ Tampil Beda

Pihak Moonton sendiri mematok tanggal roster-lock agar setiap tim yang berpartisipasi bisa menyiapkan formasi terbaiknya. RRQ sendiri mengalami perombakan yang cukup besar, terlihat dari hilangnya beberapa pilar penting.

Salah satu nama yang disorot adalah R7 yang sementara non-aktif/rehat karena masalah kesehatan pergelangan tangan. Sebenarnya hal ini sering terjadi di beberapa pemain lain, sebut saja REKT, Oura, Donkey, dan Lemon sempat non-aktif karena masalah yang sama.

Sumber: YouTube Team RRQ

Selain itu, sang pelatih yang membawa RRQ lolos ke M1, M3, dan juga M4, Acil, juga hengkang dari susunan tim,. Penambahan berikutnya adalah RENBO, mantan pemain Bigetron Alpha yang kini memperkuat tim RRQ untuk menggantikan bangku kosong yang ditinggalkan R7.

Perubahan terakhir dan paling mencolok adalah pergantian nama tim. Sang CEO RRQ, Andrian "AP" Pauline Husen mengatakan akan ada perubahan nama pasca kegagalan timnya menjadi juara M4 Worlds.

Pasca pengumuman roster, melalui Instagram pribadinya, sang CEO mengatakan bahwa nama RRQ Hoshi berubah menjadi RRQ, tidak ada penambahan nama lagi.

Sumber: Instagram @rrq_ap

Menarik melihat performa tim RRQ di MPL ID Season 11, apalagi tanpa R7. Sang pemain sudah membela tim dalam waktu yang cukup lama, tepatnya dari MPL ID Season 4 hingga MPL ID Season 10.

Kehadiran RENBO pun mengundang banyak pertanyaan karena belum diketahui role apa yang akan dimainkannya di RRQ. Memang di sisi lain, role yang dimainkan Lemon dalam MPL ID S11 juga belum diketahui, tapi di musim lalu Lemon bermain di role midlane.

Tentu dengan kehadiran RENBO, bisa saja Lemon bermain mengisi posisi di gold lane di MPL ID S11 seperti MPL ID S9, atau bahkan Banana yang mengisi EXP lane menggantikan R7 yang rehat.