30 January 2023

by Glenn Kaonang

Amazon Dirumorkan Sedang Bersiap untuk Meluncurkan Inisiatif NFT

Andai rumornya tidak meleset, inisiatif NFT Amazon ini bakal diumumkan pada bulan April mendatang

2022 menjadi saksi atas masuknya brand besar seperti Starbucks ke Web3. Bahkan raksasa Web2 sekelas Meta pun juga serius menjalani transisinya ke Web3 sejak tahun lalu. Tahun ini, sepertinya bakal ada raksasa Web2 lain yang menyusul: Amazon.

Rumor terbaru yang dilaporkan oleh Blockworks menyebutkan bahwa Amazon tengah bersiap untuk meluncurkan inisiatif NFT pada musim semi 2023. Kabarnya, Amazon sudah menetapkan bulan April 2023 sebagai jadwal untuk mengumumkan ambisi besarnya di ranah Web3.

Upaya Amazon untuk merangsek ke sektor Web3 yang semakin ramai ini memang masih tergolong tahap awal, akan tetapi narasumber Blockworks mengklaim bahwa Amazon sudah berhasil menjalin kemitraan dengan sejumlah pemain penting, termasuk para pengembang blockchain Layer 1, startup game blockchain, dan digital asset exchange.

Lebih lanjut, Amazon sepertinya juga menaruh fokus ekstra pada segmen game blockchain. Salah satu strategi yang sedang dibangun adalah untuk mendorong para pelanggan Amazon bermain game blockchain dan mengklaim NFT secara cuma-cuma.

Sejauh ini belum diketahui siapa yang akan memimpin inisiatif NFT dari Amazon ini. Detail mengenai platformnya juga belum ada, meski kemungkinan besar bakal mencakup sejumlah proyek game NFT. Satu hal yang bisa dipastikan oleh narasumber Blockworks adalah, proyek ini bakal dikerjakan oleh Amazon dan bukan oleh divisi Amazon Web Services (AWS).

Tidak seperti Amazon, AWS sejauh ini memang sudah cukup kelihatan gerak-geriknya di ranah Web3. Salah satu langkah terbaru dan paling signifikannya adalah kemitraannya dengan Ava Labs, pengembang blockchain Avalanche. Amazon di sisi lain tidak pernah diberitakan sebagai perusahaan yang sangat antusias terhadap tren kripto maupun blockchain.

Indikasi bahwa Amazon berniat mengeksplorasi segmen NFT sebenarnya sudah tercium sejak tahun lalu, tepatnya ketika CEO Amazon, Andy Jassy, mengatakan bahwa dirinya sangat terbuka akan peluang Amazon berjualan NFT.

Di titik ini, memang tidak ada yang bisa menjamin apakah Amazon dengan inisiatif NFT-nya ini berniat untuk menyaingi para pemain yang sudah ada seperti OpenSea atau Rarible. Namun kalau melihat jumlah konsumen Amazon yang masif, mereka punya peluang besar untuk mengusik persaingan di ranah marketplace NFT.

Gambar header: Marques Thomas via Unsplash.