8 November 2022

by Galih

Diablo IV Disebut akan Meluncur pada April 2023 Mendatang

Akhir tahun akan ada info penting bagi Diablo IV

Setelah sepuluh tahun menunggu, akhirnya para fans Diablo akan dapat segera memainkan seri terbarunya, yaitu Diablo IV atau Diablo 4 tahun depan. Kabar baiknya, jadwal rilis Diablo IVย kini bisa semakin dipersempit ke bulan April 2023.

Kabar tersebut muncul pada podcast XboxEra edisi 5 Oktober lalu melalui sesi 'Rumourmill'. Sesuai namanya, sesi tersebut akan membicarakan rumor terpanas di industri video game saat ini, yaitu jadwal rilis Diablo IV.

Host podcast sekaligus co-founder XboxEra, Jon Clarke, menyebutkan bahwa Blizzard tengah mempersiapkan pembangunan hype untuk Diablo IV yang akan dimulai pada The Game Awards akhir tahun mendatang.

"Anda bisa mengharapkan sebuah trailer baru yang mewah di The Game Awards sekaligus dengan pengumuman tanggal rilisnya. Termasuk pembukaan sesi pre-order," ucap Jon dalam episode podcast tersebut.

Image Credit: Blizzard

Untuk sesi pre-order ini, Blizzard akan mengumumkan beberapa edisi untuk Diablo IV versi digital. Windows Central juga mengamini kabar ini dengan menyebut bahwa Diablo IV juga akan memiliki edisi kolektor premium fisik yang akan hadir dengan berbagai barang untuk para fans berat game-nya.

Tidak hanya itu, Jon juga menyebutkan bahwa Diablo IV ini nantinya akan memiliki sesi Early Access dan Open Beta yang akan tiba pada bulan Februari 2023. Early Access kemungkinan akan diberikan kepada para gamer yang telah melakukan pre-order.

Kedua sumber ini juga menyebutkan bahwa Blizzard telah berencana untuk membuat Diablo IV dengan live-service berbasis musim. Sehingga setiap pergantian musim akan ada update dan konten baru dalam game-nya.

Hal ini sejalan dengan blog updateyang dirilis Blizzard pada Agustus silam. Mereka menyebutkan bahwa di setiap musim baru akan ada fitur besar baru, questline baru, musuh baru, item legendaris baru, dan banyak lainnya.

Blizzard juga secara terbuka mengumumkan bahwa Diablo IV akan membawa microtransaction, yaitu berupa Season Pass pada tiap musim dan juga item-item baru yang akan dijual melalui Cosmetics Shop.

Namun uniknya, Blizzard disebut baru akan meluncurkan musim pertama (Season 1) untuk Diablo IV ini pada kuartal ketiga 2023 mendatang. Padahal game-nya direncanakan rilis pada kuartal kedua.

Sebelumnya, Blizzard telah mendulang kesuksesan besar melalui game mobile Diablo mereka (yang juga dirilis di PC), yaitu Diablo Immortal. Dan Blizzard tentu menargetkan bahwa game utama mereka โ€” Diablo IV โ€” nantinya dapat memiliki kesuksesan yang lebih besar lagi.