Samsung Galaxy S24 Ultra, Rasa Genggam Baru, Fitur AI Bantu Produktivitas 

Galaxy S24 Ultra menjadi kasta tertinggi di perangkat Android, karena menghadirkan spesifikasi fitur AI bawaan yang siap mendukung produktivitas secara maksimal 

Sebagai sebuah perangkat flagship, kasta tertinggi saat ini untuk perangkat Android adalah Galaxy S24 Ultra. Hampir dalam semua lini, Galaxy S24 Ultra membawa kualitas teratas dari sebuah perangkat Android. Mari kita bahas beberapa hal menarik yang jadi keunggulan dari Galaxy S24 Ultra.

Desain dan rasa genggam Galaxy S24 Ultra

Bagi pengguna Galaxy S23 Ultra perubahan rasa genggam ke Galaxy S24 Ultra akan cukup kentara. Meski dari luar desain dari Galaxy S24 Ultra terlihat tidak banyak berubah namun ketika menggunakannya, baru akan terasa perubahan tersebut.

Flat screen, bagian belakang ponsel yang juga flat, serta bahan titanium yang digunakan akan memberikan rasa yang berbeda saat digenggam. Dari sisi tampilan akan cukup terlihat dari bagian depan perangkat. Flat screen yang hadir memberikan kesan yang lebih tegas. 

Unit yang saya coba adalah berwarna Titanium Black. Unit menurut saya cukup serasi karena bagia pinggir (titanium) berwarna agak lebih hitam dari warna belakang ponsel. Jadi memberikan kesan lebih gagah.

Untuk layout kamera belakang, masih cukup mirip dengan seri sebelumnya dengan sedikit enhancement di area ring kecil di. Di bagian depan, layoutnya masih terasa cukup sama namun kini area hitam pinggir layar lebih terasa simetris. 

Perubahan yang bagi saya cukup terasa adalah didesain S Pen. Ujung S Pen kini lebih datar dan selaras dengan nuansa flat yang hadir di keseluruhan ponsel. Selain itu desain dari speaker juga kini berubah. Ada ruang kosong menjorok ke dalam yang menjadikan suara terasa lebih nyaring terdengar. 

Spesifikasi utama Galaxy S24 Ultra

Prosesor yang digunakan oleh Galaxy S24 Ultra adalah Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy yang mumpuni untuk menangani segala macam aktivitas dengan ponsel termasuk juga fitur AI yang ada di Galaxy S24 Ultra. Untuk baterai 5000 mAh dan dukungan fast charging sampai 45W. 

Spesifikasi kamera dari Galaxy S24 Ultra adalah kamera utama 200MP wide angle dan 2x optical quality zoom, 12MP ultra wide, 50MP 5x optical zoom dan 10x optical quality zoom serta 10MP 3x optical zoom. Untuk kamera depan 12MP selfie camera

Dari kamera, peningkatan yang bisa dibahas adalah kemampuan 5X optical zoom di kamera yang beresolusi sampai 50MP. Dengan ini, foto zoom untuk jarang yang tidak terlalu jauh tidak ribet lagi dan bisa menggunakan lensa dengan sensor kamera maksimal yang cukup besar. 

Yang menarik bagi saya justru di bagian layar. Meski saya lebih menyukai desain melengkung untuk ponsel flagship tetapi selama menggunakan Galaxy 24 Ultra, justru saya menemukan keseruan kembali menggunakan layar ponsel yang flat. 

Galaxy S24 Ultra hadir dengan layar 6.8 inci yang tampil dengan flat yang memberikan pengalaman baru yang cukup menyenangkan. Scrolling media sosial, meng-edit konten atau menonton video terasa seru apalagi didukung spesifikasi lain seperti, Dynamic AMOLED 2X, refresh rate 120Hz, lalu resolusi 3120 x 1400 (Quad HD+) dan kedalaman warna 16M. 

Sedangkan untuk keamanan, perlindungan layar sudah dengan Corning Gorilla Armor yang merupakan perlindungan paling tinggi saat ini untuk ponsel konsumen umum yang ada di pasaran dari Corning. 

Segudang Fitur AI 

Fitur AI di Galaxy S24 Ultra bisa membantu produktivitas dan juga meningkatkan hasil kualitas foto. Beberapa fitur AI antara lain Web Assist, Note Assist, Transcript Assist, Chat Assist, Live Translate, Summarize Notes, Photo Assist, Circle to Search with Google, kemampuan AI pada fotografi termasuk Night Mode serta optimasi Zoom 100x. 

Dari banyaknya fitur AI yang disebutkan di atas, beberapa yang jadi favorit saya adalah Web Assist yang memudahkan pekerjaan karena bisa merangkum konten di web serta bisa juga menerjemahkannya, lalu ada Note Assist yang bisa membantu merapikan catatan, ada juga Transcript Assist yang sangat berguna untuk pekerja media, memudahkan dalam membuat transcript dari file audio. 

Dan tentu saja Circle to Search with Google yang memudahkan kita untuk melakukan pencarian atas produk, lokasi atau yang lainnya. Kemudahan dalam penggunaan AI yang ada di Galaxy S24 Ultra juga perlu diacungi jempol. Semua terasa natif, bahkan ada beberapa fitur yang tidak membutuhkan internet alias on device AI. 

Fitur AI juga hadir pada proses fotografi yang memungkinkan optimasi hasil foto agar lebih maksimal. Ada pula fitur Photo Assist yang bisa memberikan usulan apa yang harus dimaksimalkan pada foto, misalnya menghilangkan refleksi, remaster atau beberapa usulan lain.

Pengalaman penggunaan

Seperti yang dituliskan di awal, rasa genggam dari Galaxy S24 Ultra ini memberikan kesan tersendiri, Layar flat, bezel minimal serta frame titanium menjadikan pengalaman menggenggam menjadi lengkap. Apalagi desain baru dan warna dari S Pen juga menyatu dengan desain dari perangkatnya sendiri. 

Menggunakan sehari-hari perangkat ini untuk berbagai kegiatan menjadi menyenangkan. Termasuk juga untuk hiburan, kualitas layarnya yang epic menjadikan menikmati konten lebih maksimal. 

Suara dari perangkat ini juga terasa maksimal, beberapa kali mendengarkan musik saya sampai tidak perlu menggunakan speaker tambahan karena suaranya sudah baik. 

Untuk kegiatan komputasi dan dukungan atas produktivitas. dengan spesifikasi yang kelas epic di segmen flagship, saya tidak menemukan masalah dalam menggunakan perangkat ini untuk produktivitas seperti meng-edit konten (foto dan video), menjelajah web dan media sosial. 

Tentu saja saya juga mencoba fitur AI yang ada di Galaxy S24 Ultra. Perangkat ini juga tidak masalah dalam mengolah beberapa perintah AI. Beberapa fitur AI yang sering saya gunakan antara lain Circle to Search With Google, AI pada photography, serta web assist. Semua lancar dan tanpa masalah. 

Beralih ke pengalaman menggunakan kamera. Galaxy S24 Ultra bisa digunakan dalam berbagai kondisi. Tidak hanya saat cahaya temaram dan terang saja tetapi juga bisa diandalkan ketika kendala adalah jarak. Kemampuan zoom perangkat ini cukup bisa diandalkan. 

Saya menyebut Galaxy S24 Ultra ini sebagai smartphone untuk konser, alias perangkat mumpuni yang bisa digunakan untuk menonton konser. Dengan perangkat ini saat menonton konser, ketika dekat panggung maka bisa menggunakan fitur 50MP atau menu portrait. Saat jauh (atau ketika Anda mendapatkan kursi yang jauh dari panggung) bisa menggunakan fitur 200MP untuk mengambil foto suasana konser secara keseluruhan, atau yang epic adalah, menggunakan pilihan zoom. Mulai dari 3x, 5x, 10x, 30x atau sampai dengan 100x. Biasanya saya menggunakan maksimal antara 60x-70x kalau jarang terasa cukup jauh. 

Tidak hanya foto, tetapi fitur zoom yang paling berguna saat menonton konser adalah zoom dengan video. Sempat mencoba fitur ini dan hasilnya cukup epic. Setidaknya bisa punya dokumentasi rekaman ketika nonton konser idola atau punya bahan untuk konten di IG reels. 

Untuk foto dengan genre lain, misalnya hitam putih, Galaxy S24 Ultra juga bisa melahapnya dengan cukup baik. Dikombinasikan dengan kemampuan zoom-nya, kita jadi bisa mendapatkan angle-angle foto yang lebih seru. 

Banyak pilihan casing berkualitas dari Samsung 

Aksesoris menjadi salah satu yang kurang dibahas, padahal Samsung sudah menyiapkan berbagai aksesoris yang tidak hanya menarik tetapi juga berkualitas. Salah satu aksesoris yang sempat saya coba adalah casing. Tidak hanya 1 ada 4 casing yang saya coba, dan semua memberi kesan tersendiri. 

Untuk tipe Silicon Case ada dua warna yang saya coba. Cukup menyenangkan menggunakan case ini, bahannya yang doff pada bagian belakang enak ketika digenggam. Selain itu pinggiran case ini meski hanya dari bahan silicon tetapi cukup keras, jadi terasa aman untuk melindungi perangkat.

Untuk tipe yang Shield Case, seperti namanya case ini memberikan perlindungan yang cukup baik untuk perangkat karena cukup tebal dan di bagian tertentu ada dua lapisan.

Sedangkan untuk yang tipe standing grip case, ini adalah case favorit saya, memberikan beberapa fungsi secara sekaligus. Dengan case ini selain perangkat terlindungi juga menambah fungsi untuk bisa menaruh ponsel di meja atau ketika ingin membuat konten bisa menjaga agar tidak lepas dari tangan. Untuk bahas juga cukup baik dan terasa doff

Kesimpulan 

Galaxy S24 Ultra adalah perangkat yang super lengkap. Dari spesifikasi, kemampuan kamera, desain dan kualitas layar semua memberikan kesan yang premium dan paling atas. Ditambah dengan kemampuan AI, Galaxy S24 Ultra menjadi perangkat yang lebih lengkap lagi. 

Menggunakan perangkat ini hampir bisa untuk semua keperluan. Produktivitas bisa karena dukungan spesifikasi processing yang epic, apalagi ada S Pen yang memudahkan untuk bekerja. Lalu untuk foto, fitur zoom, kualitas kamera dan fitur AI-nya menjadikan hasil foto dan video bisa diandalkan. 

Dan untuk hiburan serta bermain game, ada kualitas layar terbaik di perangkat ini serta peningkatan vapor chamber untuk mencegah perangkat jadi panas. Belum lagi kualitas audio serta desain rongga speaker baru yang memberikan pengalaman lebih seru. 

Beberapa hasil foto menggunakan Galaxy S24 Ultra:

Hasil foto siang

Hasil foto portrait

Hasil foto hitam putih

Hasil foto malam

Perbandingan foto 1x, zoom 3x, 5x, dan 10x

Foto lain