14 March 2023

by Galih

Samsung Hadirkan Pengalaman Baru di Galaxy S23 Series 5G

Chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy benar-benar menghadirkan pengalaman yang berbeda

Sebagai salah satu brand smartphone kelas atas di Indonesia, Samsung memang terus datang dengan berbagai inovasi. Yang terbaru tentunya melalui seri flagship Galaxy S23 Series 5G.

Setelah dirilis resmi di Indonesia beberapa minggu lalu, smartphone ini memang mendapat banyak pujian dari para reviewer maupun konsumen yang telah mencobanya.

Salah satu aspek krusial yang membuat Galaxy S23 Series 5G ini berbeda adalah peningkatan performa yang signifikan. Hal ini tak terlepas dari keberadaan chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy yang lahir dari kolaborasi strategis antara Samsung dengan Qualcomm.

Sinergi dua perusahaan teknologi terdepan di bidangnya masing-masing ini pun memungkinkan Galaxy S23 Series 5G untuk menghadirkan mobile experience terbarukan dalam keseharian pengguna.

Image Credit: Samsung

“Perpaduan antara Galaxy S23 Series 5G dengan Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy memungkinkan Samsung untuk menetapkan standar baru," ungkap Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia.

Verry melanjutkan bahwa pengalaman premium yang dihadirkan oleh Galaxy S23 Series 5G diklaim tidak bisa ditemukan di perangkat lain untuk saat ini.

Kehadiran prosesor terbaru milik Snapdragon tersebut menghadirkan peningkatan GPU, NPU dan CPU yang memberikan pengalaman streaming, gaming, hingga content creation yang jauh lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Banyak teknologi baru dalam Galaxy S23 Series 5G yang hadir berkat kolaborasi antara Samsung dan Snapdragon tersebut. Contohnya seperti Snapdragon Game Post Processing Accelerator untuk gaming, serta Cognitive ISP dan Multi-frame Noise Reduction (MFNR) untuk fotografi malam.

Berkat kolaborasi yang epik tersebut, Samsung kini optimistis untuk melanjutkan kerja sama dengan Qualcomm agar bisa mengembangkan lebih banyak inovasi baru melalui optimalisasi teknologi paling mutakhir mereka.

Di sisi lain, Qualcomm selaku pengembang Snapdragon ternyata juga memiliki pendapat yang senada. Senior Manager, Business Development, Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto, menyebut bahwa Samsung dan Qualcomm memang memiliki visi dan komitmen yang sama.

Maka dari itu, Qualcomm juga akan terus menggandeng Samsung untuk dapat menghadirkan pengalaman penggunaan smartphone terbaik bagi konsumen di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Kolaborasi strategis Samsung dan Qualcomm didasari oleh kesamaan visi dan komitmen antara kedua belah pihak dalam mengutamakan inovasi berbasis teknologi terkini untuk menghadirkan pengalaman penggunaan smartphone terbaik bagi konsumen di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Melalui kolaborasi ini, Qualcomm bersama Samsung menghadirkan inovasi prosesor Snapdragon tercepat yang pernah ada sebagai komitmen menghadirkan pengalaman konsumen premium untuk perangkat Galaxy unggulan, yaitu dengan peningkatan GPU hingga 41% untuk pengalaman gaming anti lagging, NPU 40% yang mampu memproses AI (Artifical Intelligence) dengan lebih cepat dan tentunya peningkatan CPU 30% untuk memastikan kecepatan performa smartphone. Selain itu Galaxy S23 menghadirkan solusi konektivitas terdepan dari Qualcomm Technologies, termasuk Sistem Modem-RF Snapdragon® X70, sistem RF modem 5G tercepat dan terpintar di dunia.

Sebelumnya, Samsung dan Qualcomm memang telah beberapa kali menjalin kolaborasi strategis. Namun kehadiran Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy di Galaxy S23 Series 5G menegaskan kepemimpinan kedua perusahaan dalam memberikan mobile experience terdepan di industri.