4 January 2023

by Daniel Hamiaz

Samsung Luncurkan Bespoke Home, Sejumlah Perangkat Dapur Canggih yang bisa Dikostumisasi

Peralatan dapur Bespoke dirancang untuk menghadirkan pengalaman memasak yang lebih personal, serta memudahkan rumah tangga untuk menghemat energi dan biaya

Samsung Electronics baru saja mengumumkan sejumlah produk baru untuk jajaran Bespoke Home, sejumlah produk untuk dapur yang bisa terhubung antar perangkat.

Produk-produk baru tersebut meliputi kulkas Bespoke 4-Door Flex with Family Hub+ dan Bespoke AI™ Oven. Keduanya dirancang demi memenuhi permintaan kustomisasi yang terus meningkat. Selain itu, Samsung juga menyediakan konektivitas cerdas yang semakin canggih, untuk membuat pengguna lebih betah dan nyaman di dapur.

Kulkas Bespoke 4-Door Flex Refrigerator with Family Hub+ terbaru dilengkapi dengan layar bezel-less FHD 32 inci, yang diklaim dua kali lebih besar dibandingkan dengan model sebelumnya. Layar tersebut bisa digunakan sebagai alat komunikasi dengan perangkat lain, serta hiburan serbaguna dengan layar yang mengesankan.

Dashboard juga dirancang lebih besar, agar pengguna bisa mendapatkan kenyamanan dari layanan SmartThings, untuk memantau dan mengontrol semua peralatan rumah tangga yang terhubung.

Selain mampu memenuhi kebutuhan dapur, pengguna juga bisa mendapatkan manfaat dari software Family Hub. Jadi, dari layar tersebut, pengguna bisa menonton dari layanan Samsung TV Plus yang kini memiliki lebih dari 190 kanal gratis. Selain itu, ada juga integrasi dari Google Photos untuk mengubah, berbagi, serta menampilkan foto-foto pengguna.

Jadi, pengguna bisa melakukan kegiatan ringan lain, atau sekadar mencari hiburan, ketika sedang memasak, atau ketika sedang berada di dapur.

Bespoke 4-Door Flex Refrigerator with Family Hub+ akan diluncurkan terlebih dahulu di Amerika Utara dan Korea Selatan pada paruh pertama 2023.

Bespoke Side-by-Side refrigerator dirancang dengan desain flat dan minimalis, dengan panel depan yang bisa dikustomisasi. Kustomisasi yang dimaksud adalah pengguna bisa mengubah warna pintu untuk menyesuaikan dengan interior rumah. Desain kulkas ini dilengkapi dengan fitur Auto Open Door, yakni pegangan tersembunyi untuk memberikan kesan ramping dengan pintu yang mudah dibuka melalui sebuah sentuhan.

Bagian dalamnya dilengkapi dengan penyimpan makanan dan teknologi pendinginan terkini. Beverage Center di bagian dalam kulkas akan menyediakan akses mudah ke Plumbing Water Dispenser dan AutoFill Water Pitcher with Infuser. Seperti namanya, kedua fitur ini akan menyediakan air dingin dan bahkan air dengan perasa alami. Dan dengan Dual Auto Ice Maker, kulkas akan selalu siap untuk menyediakan es ketika dibutuhkan.

Fitur lain seperti Optimal Fresh Zone+ dan Active Fresh Filter akan mempertahankan kesegaran makanan lebih lama sembari menghilangkan 99,99% bakteri. Fitur AI Energy Mode di SmartThings Energy  akan mengoptimalkan kecepatan kompresor dan frekuensi siklus defrost, berdasarkan pola penggunaan dan lingkungan pengguna, sehingga membantu rumah tangga menghemat uang dan mengurangi jejak karbon mereka.

Selain kulkas, ada juga Bespoke AI Oven yang akan memudahkan ketika pengguna ingin menyiapkan makanan panas. Dilengkapi dengan sejumlah fitur canggih dan inovatif, pengguna bisa mendapatkan makanan yang lezat sesuai dengan preferensi diet mereka.

Dengan fitur AI Pro Cooking, pengaturan memasak akan dioptimalkan, sembari memonitor makanan. Bila oven di-set untuk memasak sebuah menu yang sudah dikenali menggunakan cooking mode, temperatur dan waktu terbaik akan direkomendasikan oleh oven. Dengan sistemnya, AI Pro Cooking akan mengirimkan notifikasi peringatan untuk mencegah makanan gosong ketika pengguna tidak mengikuti rekomendasi.

Jika makanan gosong terjadi, maka oven ini mampu mengenalinya dan menghentikannya. Dengan menggunakan kamera internal dan teknologi AI mumpuni, fitur Sense Inside mampu mengenali makanan dan mendeteksi gosong/pembakaran. Sudah ada 80 rekomendasi pengaturan masak yang berbeda dan akan terus ditambahkan ke dalam AI tersebut.

Baik untuk pengguna yang sedang mencoba resep makanan sehat atau ingin memodifikasi resep masakan sehari-hari di rumah, Bespoke AI Oven bisa memanfaatkan SmartThings Cooking dan Samsung Health dari perangkat lain. Nantinya, oven ini bisa menganalisis statistik olahraga dan tujuan diet pengguna, sehingga mampu merekomendasikan pilihan makanan, berdasarkan bahan makanan yang ada di rumah.

Fitur Push to Open Door yang nyaman akan menggantikan pegangan tradisional dengan tampilan yang lebih simpel dan ramping. Oven ini tersedia dalam lima pilihan desain yang elegan dan modern. Bespoke AI Oven saat ini tersedia di Eropa dan akan diluncurkan di Amerika Utara pada kuartal ketiga tahun 2023.

Bespoke dari Samsung dirancang sedemikian rupa untuk menghadirkan pengalaman memasak yang lebih personal, serta memudahkan rumah tangga untuk menghemat energi dan biaya. Untuk kehadirannya di Indonesia, Samsung akan memberikan informasi lebih lanjut di waktu yang akan datang.