4 April 2024

by Galih

Samsung Ungkap Jajaran Perangkat Rumah Tangga Pintar Baru

Samsung Langsung Luncurkan Produke Bespoke AI di tiga negara sekaligus

Samsung Electronics Co, Ltd hari ini (3 Maret 2024) menampilkan jajaran perangkat rumah tangga pintar terbarunya pada konferensi pers yang diadakan dalam acara peluncuran global, ‘Welcome to ‘BESPOKE AI’.

Tidak hanya di satu tempat, Samsung mengadakan acara peluncuran di tiga lokasi berbeda, yaitu Seoul, Paris, dan New York City. Membuat acara 'Welcome to 'Bespoke AI' ini menjadi salah satu peluncuran paling penting bagi Samsung.

Samsung mengungkapkan visinya tentang bagaimana konektivitas pada produk-produk tersebut dapat memberikan pengalaman yang lebih baik di rumah dan bagaimana AI dapat membantu mengoptimalkan penggunaan perangkat elektronik.

Jong-Hee Han, Vice Chairman, CEO and Head of Device eXperience Division, Samsung Electronics menjelaskan bahwa perangkat rumah tangga Samsung kini tidak hanya mampu melakukan tugas biasa, namun lebih dari yang dibayangkan sebelumnya berkat penerapan AI.

Kini, perangkat rumah tangga Samsung mulai dari kulkas, induction range, hingga mesin cuci telah dilengkapi dengan layar. Hal ini membuat perangkat Bespoke dapat menjadi sarana hiburan serta pusat kontrol perangkat Samsung lainnya yang mudah diakses dan terhubung melalui SmartThings.

"Hari ini kami membagikan visi AI untuk perangkat elektronik pada lebih banyak produk Bespoke melalui konektivitas dan kemampuan AI yang lebih canggih, untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik lagi.” ungkap Jong-Hee Han.

Fitur utama dari produk Bespoke AI terbaru adalah AI Home, yang memungkinkan akses dan kontrol yang intuitif dan mudah atas seluruh ekosistem yang terintegrasi melalui built-in Wi-Fi, kamera internal, chip AI, dan aplikasi SmartThings.

Pengguna dapat mengontrol perangkat secara langsung dari layar LCD 7 inci pada beberapa produk. Fitur-fitur lainnya, seperti Mobile Smart Connect dan Calm Onboarding, dirancang untuk memudahkan penggunaan dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Produk-produk dalam lini produk ini dilengkapi dengan teknologi terbaru, termasuk AI Vision Inside untuk pengenalan bahan makanan, AI Object Recognition untuk mendeteksi objek dalam ruangan, dan Clean Station Steam+ untuk perawatan otomatis.

Samsung juga mengumumkan rencana untuk mengintegrasikan generative AI ke perangkat rumah tangga, memungkinkan asisten suara Bixby untuk memahami permintaan yang kompleks dan memberikan solusi yang sesuai.

Selain itu, perusahaan berkomitmen untuk memperbarui produk yang sudah ada melalui Smart Forward, layanan yang menyediakan fitur-fitur terbaru dan pembaruan keamanan secara berkala.

Acara ini diakhiri dengan pengumuman kolaborasi dengan Disney dan Pixar untuk mempromosikan fitur-fitur baru Bespoke AI Laundry Combo dalam film "Inside Out 2". Yang menunjukkan bagaimana mesin cuci dengan AI Bubble dapat menghilangkan emosi gara-gara cucian.