Review Skin Diluc Bintang 5, Red Dead of Night, Layak Dibeli?

Sebagai Skin B5 pertama, HoYoverse tidak main-main mendesain skin ini, namun tentu dengan harga yang lebih mahal dari skin lainnya.

Genshin Impact akhirnya mengeluarkan skin bintang 5 pertamanya. Apakah skin Diluc ini layak dibeli? Simak ulasan lengkapnya di sini.

Di versi 2.8, Genshin Impact merilis dua buah skin untuk dua karakter klasik mereka, yaitu Diluc dan Fischl. Untuk pertama kalinya, mereka merilis sebuah skin dengan rarity B5 untuk Diluc, dengan nama: Red Dead of Night.

Selama versi ini berlangsung, skin Diluc akan mendapatkan harga promo  seharga 1980 Genesis Crystal. Setelah berganti versi, harga skin ini akan menjadi 2480 Genesis Crystal. Seberapa worth sih skin baru ini?

Berbeda dengan skin pendahulunya, terdapat sejumlah perubahan dan update saat menggunakan skin ini. Berikut ini perubahan-perubahannya:

1. Outfit baru. 2. Voiceline baru. 3. Efek visual pada Elemental Skill dan Burst dengan aksen merah maron. 4. Efek suara pada Elemental Skill dan Burst menyerupai suara rantai. 5. 2 Animasi idle baru.

Terdapat juga penyesuaian di gaya rambut Ponytail Diluc, yang sedikit ditinggikan dari versi normal-nya, menjadikan Diluc tampak sedikit lebih tinggi dan lebih keren dari versi pemilik Dawn Winery-nya.

Informasi Penting sebelum membeli skin

Walaupun di splash art digambarkan bahwa Diluc sedang memegang Wolf's Gravestone, sayangnya senjata ini tidak satu paket dengan skin-nya. Selain itu, pemain juga tidak akan mendapatkan satu buah Diluc. Penting untuk pemain baru, untuk memperhatikan hal ini sebelum membeli.

Namun tak perlu khawatir, pemain masih bisa membeli skin ini tanpa perlu memiliki karakternya. Item ini akan tersimpan di akun pemain, sampai pemain mendapatkan karakter yang sesuai.

Ulasan Red Dead of Night

Tidak bisa dipungkiri, HoYoverse memang pandai memikat hati (dan dompet) para pemainnya, khususnya para Diluc main. Mereka merilis sebuah skin, yang tidak hanya memanjakan mata, namun juga memperhatikan kontinuitas cerita.

Skin ini sama sekali tidak mencerminkan Diluc sebagai seseorang yang berasal dari Mondstadt. Ia malah cenderung lebih mirip dengan karakter dari Snezhnaya, seperti Childe atau anggota Fatui Harbinger lainnya.

Sebagai informasi, Genshin Impact merilis sebuah manga yang dirilis sebelum Genshin Impact dirilis. Diluc merupakan salah satu karakter yang menjadi spotlight di dalam manga tersebut. Terdapat suatu momen, ketika Diluc bertarung menggunakan rantai dan Delusion, yang tidak sembarang orang bisa miliki. Mungkin saja, HoYoverse mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah skin yang kini bisa dinikmati oleh pemain.

Secara visual, aksen merah tua yang diberikan  skin ini juga sangat keren, yang menjadikan sosok Diluc semakin gahar. Ditambah lagi dengan Phoenix yang ia luncurkan saat Elemental Burst, yang akan terbang berputar di akhir.

Suara rantai yang terdengar saat pemain mengaktifkan Elemental Skill-nya sangatlah renyah dan refined di telinga, yang membuat setiap ayunan E-nya sangatlah satisfying. 

Seberapa Worth skin Diluc ini?

Untuk sampai ke pernyataan terpenting ini, terdapat beberapa sudut pandang yang diberikan. Berikut ini beberapa poin yang bisa menjadi pertimbangan, jika Anda sedang bimbang untuk membeli skin ini atau tidak:

1. Harga

Harga Promo: 1980 Genesis Crystal. Harga Normal: 2480 Genesis Crystal.

Sebagai tolak ukur harga, 1980 GC bisa didapatkan seharga Rp270-350 ribu-an, tergantung dari bonus top-up akun pemain masing-masing. Untuk harga normalnya (2480 GC), bisa didapatkan dengan harga Rp330- 420 ribu-an,

Selain uang yang harus dikeluarkan, Genesis Crystal juga bisa digunakan untuk keperluan gacha, yaitu dengan 1980 GC= 12-13x gacha dan 2480 GC= 15-16x gacha. Apalagi, saat skin Diluc sedang promo, banner Kazuha, Klee dan Yoimiya mengisi versi yang sama.

Jika Anda bingung memilih antara sebuah karakter baru, atau skin Diluc, dianjurkan untuk mengamankan karakter yang diinginkan terlebih dahulu. Hal ini karena tak menentunya kapan karakter tersebut akan kembali rerunSebagai konteks, Kazuha dan Klee membutuhkan waktu sekitar 1 tahun untuk kembali rerun. Sedangkan untuk skin Diluc, akan tetap tersedia di shop, dan bisa dibeli kapan saja.

Namun, jika Anda tidak ada rencana untuk mendapatkan sebuah karakter dalam waktu dekat, skin Diluc bisa menjadi salah satu skin yang cukup worth it, untuk melengkapi koleksi Anda.

2. Karakter

Yang dimaksud dengan karakter adalah Diluc itu sendiri. Mengenai Diluc sebagai karakter, banyak hal yang bisa dibahas, seperti:

- Diluc merupakan main DPS.

Sebagai main DPS yang mengambil waktu on-field yang cukup lama, skin ini akan sangat worth dipakai. Beda halnya dengan karakter seperti Fischl atau Albedo, yang hanya muncul untuk meninggalkan objek di arena, sehingga sulit untuk dinikmati gameplay-nya.

Namun, hal ini bisa menjadi tidak worth, karena bisa saja Diluc dipaksakan ke dalam sebuah komposisi tim yang sebenarnya tidak cocok, hanya demi melihat skin-nya. Kecuali, Diluc Anda pakai saat melakukan eksplorasi di open world, dengan musuh yang sangat mudah, tanpa perlu memikirkan komposisi tim yang "benar".

  1. - Diluc merupakan karakter yang mulai "ditinggalkan"

Diluc merupakan karakter yang dirilis sejak pertama kali Genshin Impact ada. Saat itu, ia merupakan karakter yang paling dicari, karena memiliki damage yang besar, dengan penampilan yang sangat memukau.

Namun seiring berjalannya waktu, mulai muncul karakter-karakter yang memiliki role serupa, baik dengan elemen atau dengan role yang sama. Di versi 1.3, mulailah dikenal istilah "Big 3 Liyue", yang berisikan karakter-karakter DPS terkuat asal Liyue, yakni Ganyu, Xiao dan Hu Tao.

Setelah itu, ditemukan pula potensi dari sebuah komposisi tim, yang beranggotakan karakter B4, yaitu tim National dan Taser, yang memiliki performa sangat bagus. Asumsi "karakter B5 selalu lebih baik" lambat laun mulai bergeser. Malah, sekarang karakter baru dinilai apakah ia bisa memperkuat tim National atau tim Taser, atau mungkin bisa membuka sebuah jalan ke arah sebuah komposisi tim baru, yang setara.

Posisi Diluc yang dipuja-puja di era awal Genshin Impact, kini mulai berganti  sebagai penghuni tetap Serenitea Pot. Apalagi, karena didominasi pemain laki-laki, otomatis mayoritas pemain Genshin Impact cenderung lebih memperhatikan karakter-karakter perempuan ketimbang karakter laki-laki-nya.

Namun, tidak ada salahnya menyukai Diluc. Salah satu kelebihan Diluc, yang tidak dimiliki sebagian besar karakter-karakter yang lebih baru adalah gameplay-nya yang sangat mudah dan straight-forward. Karakter seperti Hu Tao, Eula, Yae Miko, hingga Raiden Shogun, memiliki cara bermain yang cukup ribet, dan membutuhkan pemahaman mengenai rotasi yang benar.

Contoh karakter yang lebih baru, yang memiliki gameplay sederhana, bisa ditemukan di karakter seperti Kamisato Ayato atau YoimiyaGameplay yang mudah, sangat memudahkan pemain kasual, yang tidak terlalu mau ribet, atau pemain yang bermain di mobile, yang akan sangat mengapresiasi gameplay karakter yang simple.

Kesimpulan

Jika Anda memang menyukai Diluc, skin ini akan selalu worth the money. Namun jika Anda membeli skin ini karena adanya FOMO (Fear of Missing Out) atau mungkin terperangkap teknik marketing dan hype belaka, sebaiknya Anda pertimbangkan kembali keputusan Anda.

Bukankah akan percuma, uang yang sudah dikeluarkan untuk skin ini, pada akhirnya akan terlantarkan begitu saja di tas Anda?

===

Itulah tadi ulasan dan beberapa poin yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. Semoga artikel ini bisa membantu Anda, untuk mengambil skin ini atau tidak.