Web3
for SEO
Web3

Starbucks Bakal Libatkan NFT di Loyalty Program-nya

5 August 2022Glenn Kaonang

Starbucks optimistis perpaduan NFT dan loyalty program-nya akan menjadi cara jitu untuk menggaet konsumen muda

Pelanggan setia Starbucks, bersiaplah melihat NFT dilibatkan dalam loyalty program milik jaringan kedai kopi favorit Anda tersebut. Berbicara saat earnings call terbaru perusahaan, CEO Starbucks Howard Schultz mengatakan bahwa Web3 akan memegang peranan penting bagi masa depan program reward mereka.

Detail mengenai inisiatif Web3 yang Starbucks persiapkan memang masih minim, akan tetapi Howard sempat menyinggung rencananya untuk membangun inisiatif digital ini di atas program Starbucks Rewards yang sudah berjalan. Howard percaya bahwa perpaduan NFT Starbucks dan ekosistem digital Starbucks Rewards bisa semakin membantu menumbuhkan komunitas pelanggan yang loyal.

Starbucks pertama kali mengumumkan ketertarikannya terhadap dunia NFT pada bulan Mei lalu. Kala itu, Starbucks bilang bahwa mereka berniat menghadirkan beberapa koleksi NFT sebagai semacam sistem membership, yang memungkinkan para pemilik NFT-nya untuk menikmati beragam keuntungan eksklusif. Sekarang, kita tahu bahwa ini bakal dikaitkan secara langsung dengan program Starbucks Rewards mereka.

Bagi Starbucks, inisiatif NFT ini juga merupakan strategi yang sangat penting untuk menarik konsumen baru sekaligus mempertahankan pelanggan yang sudah ada, khususnya mereka yang masuk kalangan Gen Z. “Kami tidak ingin berada dalam bisnis di mana basis pelanggan kami menua dan kami memiliki situasi yang kurang relevan dengan generasi muda,” jelas Howard dalam earnings call. Howard juga menambahkan bahwa di sepanjang sejarah Starbucks, mereka belum pernah serelevan sekarang di kalangan Gen Z.

Starbucks Rewards
Inisiatif NFT Starbucks akan dikaitkan langsung dengan loyalty program Starbucks Rewards / Starbucks

Beberapa detail lain, seperti misalnya blockchain apa yang bakal Starbucks gunakan, memang masih tanda tanya besar. Sebelumnya, Starbucks pernah bilang bahwa kemungkinan besar mereka akan mengambil rute multi-chain — atau malah chain-agnostic — dan mereka juga akan mengeksekusi inisiatif Web3 ini dengan tetap berpegang teguh pada prinsip peduli lingkungan.

Kabar baiknya, kita tidak perlu menunggu dan berspekulasi terlalu lama, sebab Starbucks berniat untuk menyingkap semuanya pada 13 September mendatang, bertepatan dengan acara Investor Day yang rutin digelarnya setiap tahun.

Model bisnis Starbucks yang sangat mengutamakan loyalty program memang terkesan cocok ditandemkan dengan NFT, terutama jika melihat banyaknya koleksi NFT populer yang menawarkan utilitas dalam bentuk sistem membership. Starbucks Rewards merupakan salah satu contoh loyalty program yang amat sukses, dan tentunya akan sangat menarik melihat ini dikembangkan lebih jauh lagi dengan melibatkan teknologi NFT.

Sumber: Cointelegraph.

Others from #HybridTV

// //