17 September 2022

by Yubian Asfar

Suikoden 1 dan 2 Dapatkan Remaster dari Konami, Siap Dirilis Tahun 2023

Game RPG klasik dari platform PlayStation pertama akhirnya mendapatkan penyegaran dari Konami

Sudah menjadi kebiasaan kalau developer mengambil langkah untuk merilis seri game baru mereka lewat remake atau remaster. Terutama untuk jajaran judul game yang populer. Tidak terkecuali Konami.

Perusahaan pengembang game asal Jepang tersebut resmi mengumumkan proyek remaster untuk game Suikoden 1 dan 2 dengan judul lengkap Suikoden I & II HD Remaster Gate Rune and Dunan Unification Wars di Steam.

Setelah diisukan kurang lebih 1 dekade lamanya, akhirnya Konami mengumumkan proyek remaster tersebut. Suikoden 1 dan Suikoden 2 memang menjadi judul game klasik populer di seri game RPG di platform PlayStation pertama.

Memiliki fitur RPG yang menarik, dibalut ilmu sihir keren, dan tidak lupa pembentukan cerita karakter yang ikonik. Berita yang diumumkan Konami ini mendapatkan sambutan positif, apalagi game tersebut bisa dimainkan di berbagai platform/konsol seperti PlayStation 4, Xbox One, PC dari Steam, dan Nintendo Switch di tahun 2023 mendatang.

Perubahan Versi HD Remaster di Suikoden 1 dan Suikoden 2

Sumber: Steam - Konami

Peningkatan Grafis

  • Grafis pixel yang khas, kualitas grafis, hingga latar belakang dungeon akan mendapatkan efek penyegaran baru seperti petir, awan, animasi bayangan, asap, kabut, percikan api, guguran daun, dan lain sebagainya.
  • Efek serangan dan jalan cerita akan mendapatkan berbagai penyegaran desain yang lebih menarik tanpa menghilangkan ciri khasnya masing-masing.

Sumber: Steam - Konami

Penyegaran Gambar Karakter

  • Semua desain potrait dari karakter Suikoden akan mendapatkan penyegaran gambar yang berkualitas. Tentunya penyegaran ini tidak akan menghilangkan ciri khas Suikoden 1 dan Suikoden 2.

Peningkatan Kualitas Suara

  • Suara saat bertarung di dungeon akan memiliki perubahan sesuai dengan lingkungannya masing-masing. Beberapa suara berkualitas juga membuat suasa petualangan lebih hidup seperti gemericik air, tiupan angin, suara serangga, langkah tapak kaki, dan lain sebagainya.
  • Pertarungan menjadi lebih menegangkan dengan berbagai efek suara yang berkualitas. Serangan dan ilmu sihir dari berbagai elemen juga akan didukung dengan suara yang berkualitas seperti efek suara dari elemen listrik, api dan lain sebagainya.

Sumber: Steam - Konami

Peningkatan Sistem Permainan

  • Berbagai fitur baru juga akan ditambahkan seperti rangkaian dialog pembicaraan, sistem auto-battle, sistem double-speed battle, dan lain sebagainya untuk efisiensi waktu saat bermain.

Sumber: Konami

Seri Suikoden memang menjadi game RPG yang sangat terkenal di seri PlayStation pertama, dengan lebih dari 100 karakter yang bisa dimainkan. Gaya khas pixel dan animasi 2 dimensi juga menjadi memori yang tidak terlupakan, tentunya ditambah jalan cerita yang sangat menarik.

Pengggemar game ini banyak yang berteriak kegirangan ketiga remake diumumkan. Kita tunggu saja update selanjutnya dari Konami.