Tecno Hadirkan Pova 3 di Indonesia, Sasar Gamer di Indonesia

Tecno mengeluarkan smartphone untuk para gamer dengan dana yang mepet

Tecno masih merupakan pemain baru di Indonesia. Perusahaan asal Tiongkok yang baru masuk pada bulan Desember 2020 yang lalu ini tengah mengeluarkan smartphone yang dipasarkan untuk para gamer. Nama dari smartphone yang diluncurkan tersebut adalah Tecno Pova 3. Acara peluncurannya sendiri diadakan pada ballroom Sekar Jagad hotel Ibis Style Tanah Abang.

Tecno Pova 3 digadang adalah yang satu-satunya di Indonesia yang memiliki baterai sebesar 7000 mAh. Pengisian dayanya sediri menggunakan charger dengan daya 33 watt yang diklaim bisa mengisi 50% dalam waktu 30 menit. Tecno juga mengklaim bahwa perangkat ini bisa dipakai bermain game hingga 8 jam secara terus menerus.

Smartphone ini menggunakan Mediatek Helio G88 sebagai otak penggeraknya. Perangkat ini memiliki RAM 6 GB dengan tambahan memori virtual sebesar 5 GB yang bernama memory Fusion. Layar dari perangkat ini menggunakan panel jenis IPS dengan refresh rate 90 Hz. Untuk kameranya, Tecno Pova 3 menggunakan sensor ISOCELL JN1 dengan resolusi hingga 50 MP.

Spesifikasi lengkap dari Tecno Pova 3 adalah sebagai berikut

SoCMediatek Helio G88
CPU2x2 GHz Cortex-A75 + 6x1.8 GHz Cortex-A55
GPUMali G52 MP2
RAM6 GB LPDDR4 + 5 GB memory fusion
Internal 128GB UFS 2.1
Layar6,9 inci 2460 x 1080 90Hz IPS
Dimensi173.1 x 78.5 x 9.4 mm
Bobot231 gram
Baterai7000 mAh 33 watt charger
Kamera50 MP / 12,5 MP utama, 2 MP makro, 2 MP AI camera, 8 MP Selfie
OSAndroid 12 HiOS 8.0

Prosesor MediatekMediatek Helio G88 yang terpasang sudah dilengkapi dengan pendingin dari graphite. Untuk perangkat yang beredar di Indonesia, Tecno sudah memberikan NFC pada Pova 3. Perangkat ini juga memiliki edisi spesial yang memiliki lampu RGB di bagian belakangnya agar sesuai dengan tren perangkat gaming saat ini. Varian ini dinamakan Electric Blue LED Gaming Edition.

Tecno Pova 3 varian Electric Blue LED Gaming tersebut dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp. 2.699.000. Sedangkan varian Hitam dan Silver dijual dengan harga resmi Rp. 2.599.000. Ketiga perangkat ini akan didiskon Rp. 100.000 pada saat flash sale. Perangkat ini pun bisa didapatkan pada toko resminya di Shopee.

Jaminan Update

Google ingin perangkat yang menggunakan sistem operasi mereka untuk selalu aman terhadap tangan-tangan jahil. Selain itu, Google juga setiap tahunnya mengeluarkan sistem operasi Android baru yang penuh dengan fitur baru. Lalu bagaimana dengan Tecno untuk perangkat Pova 3-nya? Apakah akan mendapatkan pembaharuan setiap tahunnya?

Jefri Fernado Sinaga selaku Digital Marketing Manager Tecno Mobile Indonesia mengatakan bahwa saat ini Tecno Pova 3 yang beredar di Indonesia sudah menggunakan sistem operasi Android 12. Tecno juga sedang berpartisipasi untuk menjadi salah satu perangkat pertama yang menggunakan Android 13 beta. Oleh karena itu, sudah tentu perangkat ini nantinya akan mendapatkan Android 13. Tecno juga setiap kali mengeluarkan update keamanan untuk menutup celahnya.

Akan tetapi, Jefri belum mengemukakan sampai kapan dukungan update ini akan berlangsung. Untuk hal tersebut, beliau masih harus mendapatkan informasi langsung dari headquarters. Hal tersebut tentu saja agar informasi yang bisa diberikan lebih akurat. Namun dia mengatakan bahwa pengguna jangan khawatir mengenai update-nya karena masih terus dikeluarkan oleh Tecno.