9 July 2022

by Galih

The Division Resurgence, Game Mobile Third Person Shooter dengan Elemen RPG

Semesta The Division kini melebarkan sayapnya ke mobile.

The Division Resurgence adalah spin-off dari seri The Division yang akan menuju platform mobile namun dengan elemen khasnya.

The Division memang bukan judul yang paling banyak dicintai oleh banyak gamer. Tetapi Ubisoft memiliki rencana yang besar terhadap franchise shooter mereka tersebut. Dan tersebut terlihat dari konsistensi Ubisoft yang terus mengembangkan semesta dari The Division.

Setelah merilis sekuelnya The Division 2 pada 2019 silam, Ubisoft memang memfokuskan pengembangan franchise-nya ke gamemobile free-to-play yang akan menjadi spin-off dari serinya yaitu The Division Resurgance.

Meskipun dirilis di mobile, namun The Division Resurgance masih tetap mengadopsi mekanisme gamepaythird-person shooter dengan elemen RPG yang kuat. Latar game-nya tetap akan membawa pemain untuk mengeksplorasi area Manhattan, New York pasca wabah.

Salah satu keunikan yang nantinya ditawarkan oleh Resurgance adalah game-nya yang akan mengambil alur cerita berbeda dari apa yang telah disampaikan dalam The Division dan The Division 2. Ubisoft menyebut bahwa mereka akan mengambil prespektif unik kepada kejadian-kejadian kunci yang ada pada dua game sebelumnya.

Pemain memang akan tetap menjadi salah satu agen dari pasukan Strategic Homeland Division seperti sebelumnya. Namun kini mereka harus merebut kembali Kota Manhattan yang dikuasai faksi baru yang menyebut diri mereka sebagai The Freemen.

Untuk gameplay-nya, memang tidak ditampilkan mendetail namun Ubisoft menjamin bahwa The Division Resurgance akan tetap memiliki pengalaman game AAA mereka. Pemain disebut dapat menjelajahi dunianya secara bebas dan menikmati berbagai aktivitas yang disediakan.

Akan ada misi cerita dan juga aktivitas di saentaro map yang dapat dimainkan secara solo maupun kooperatif bersama pemain lain. Ubisoft juga mengatakan bahwa semua aktivitas yang tersedia dalam The Division Resurgance ini berbasis PvE alias mengandalkan AI sebagai musuh.

Seperti dua game sebelumnya, Resurgance juga memfokuskan dirinya dalam kostumisasi karakternya. Pemain akan dapat memodifikasi dan meningkatkan senjata maupun peralatan yang digunakan. Sistem loot, craft, mod, dan upgrade untuk berbagai item dalam game-nya juga tersedia.

Sayangnya, Ubisoft masih belum mengumumkan tanggal rilis untuk The Division Resurgance ini, namun registrasi untuk sesi Closed Alpha kini sudah terbuka. Ubisoft memang mengatakan bahwa mereka akan segera melakukan Closed Alpha ini sesegera mungkin.