17 June 2023

by Lukman Azis

Tips Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android Tanpa Perlu Memasang Aplikasi Tambahan

Ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk memulihkan foto yang terhapus di HP Android dengan mudah di galeri dan file managaer bawaaan

Kamera smartphone memiliki peran yang sangat besar dalam mengabadikan momen sehari-hari, menyimpan kenangan dalam bentuk foto, menyalurkan ekspresi kreatif, dan banyak lagi. Namun, terkadang kita dapat mengalami kejadian yang tidak diinginkan, seperti tidak sengaja menghapus foto berharga di HP.

Ketika itu terjadi, jangan panik karena ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam artikel ini, saya akan membahas tips yang mudah diikuti untuk membantu Anda mengembalikan foto yang terhapus di HP Android dengan mudah tanpa perlu memasang aplikasi tambahan.

Cara Memulihkan Foto yang Terhapus  di Galeri

Metode pertama, kita akan mencoba memulihkan foto menggunakan aplikasi galeri bawaan di smartphone berbasis Android. Sambil cerita, saya itu terkadang mendapatkan komplain ketika mengerjakan project foto. Bukan komplen soal kualitas maupun dari segi kreativitas, tetapi mereka terutama para cewek, tidak mau kalau dalam foto terlihat jelek.

Istri saya misalnya, dia akan menolak kalau fotonya dari bawah (low angle), katanya bikin kelihatan gemuk. Ada lagi, saya memotret pasangan dengan kamera ultrawide dari atas (high angle), menurut saya unik tetapi kata mereka bilang kayak anak-anak. Ketika foto portrait, mereka juga tidak mau kalau pipinya kelihatan tembem.

Nah yang sering terjadi adalah mereka akan memeriksa galeri dan menghapus foto yang terlihat dirinya jelek. Dalam kasus ini, jika kita secara sengaja atau tidak sengaja menghapus foto dari galeri, kita masih punya kesempatan untuk mengembalikkan foto yang terhapus tanpa aplikasi tambahan. Caranya sebagai berikut.

  • Buka aplikasi galeri di HP
  • Klik ikon tiga garis horizontal di pojok kanan bawah atau tiga titik di pojok kanan atas (tergantung merek HP)Lalu cari opsi trash, delete item, recently delete, atau recycle bin
  • Maka akan muncul foto yang terhapus
  • Selanjutnya tinggal pilih foto yang akan dipulihkan ke galeri

Hal yang perlu dicatat ialah biasanya folder sampah di galeri akan bertahan selama 30 hari sebelum benar-benar terhapus selamanya. Selain itu, pada merek HP tertentu seperti ASUS akan muncul opsi “permanently delete” saat menghapus foto dari galeri sehingga tidak bisa dipulihkan.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di File Manager

Seperti aplikasi galeri, file manager bawaan smartphone juga memiliki folder trash atau sampah yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara untuk file yang dihapus oleh pengguna. Jadi ketika Anda menghapus foto, video, atau file lainnya dari file manager, mereka akan dipindahkan ke folder sampah daripada benar-benar dihapus secara permanen dari HP.

Tujuannya untuk memberikan kesempatan untuk memulihkan foto atau file yang secara tidak sengaja dihapus. Jadi jika Anda secara tidak sengaja menghapus foto yang sebenarnya masih dibutuhkan, Anda dapat memeriksa folder sampah dan memulihkannya dengan mudah ke lokasi aslinya.Namun, perlu dicatat bahwa beberapa merek HP Android mungkin memiliki implementasi yang berbeda untuk folder sampah.

Demikian tips untuk mengembalikan foto yang terhapus di smartphone Android menggunakan aplikasi galeri dan file manager bawaan. Jika Anda menggunakan aplikasi penyimpanan cloud dan mengaktifkan fitur backup foto otomatis, ada kemungkinan foto yang terhapus masih dapat ditemukan di folder trash penyimpanan cloud Anda.