8 June 2023

by Galih

Tips Menjadi Pro di Mobile Legends dari Samsung Galaxy Gaming Academy

Samsung terus berusaha meningkatkan pengalaman bermain para penggunanya

Bermain game tentu merupakan kegemaran dari banyak anak muda di dunia saat ini, termasuk di Indonesia. Apalagi bermain game kini juga membuka kesempatan untuk dapat masuk ke dalam skena profesionalnya.

Hal itulah yang membuat banyak gamer ingin meningkatkan kapasitas mereka menjadi lebih kompetitif. Namun sayangnya sebanyak 92% gamer mengatakan mereka tidak memiliki kesempatan untuk masuk ke tim profesional.

Padahal sebanyak 98% gamer terus terang ingin mengikuti program pencarian bakat dalam format turnamen. Tujuannya tentu untuk mendapat perhatian dan kontrak eksklusif dari tim profesional, sementara beberapa lainnya tetap menginginkan hadiah uang.

Untuk itulah Samsung menyelenggarakan Samsung Galaxy Gaming Academy, wadah pencarian bakat gamer terbaik Indonesia. Program ini menjadi wadah bagi para gamer untuk unjuk kebolehan dan berkompetisi, dengan memanfaatkan kecanggihan perangkat Samsung Galaxy.

"Kami ingin membantu semua orang yang ingin menikmati gaming sebagai passion dan masa depan mereka, dengan kecanggihan perangkat Samsung Galaxy," ujar Taufiq Furqan, MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia.

Salah satu pelatih dalam Samsung Galaxy Gaming Academy, yaitu Coach Bangduk bahkan membagikan beberapa tips untuk para gamer Mobile Legends: Bang Bang yang ingin menaikkan level permainan mereka ke level profesional. Berikut rangkuman singkat, tips pro Mobile Legends Samsung.

Pelajari semua hero

Image credit: Samsung

Salah satu tantangan dari Mobile Legends: Bang Bang adalah daftar hero yang sangat luas. Dengan role dan tingkat kesulitan hero yang berbeda-beda, seringkali terjadi perebutan role ketika melakukan ranked match.

Hal inilah yang membuat Coach Bangduk merasa bahwa seorang pemain profesional perlu mempelajari dan menguasai lebih banyak hero sehingga mudah mengisi role yang belum diisi oleh orang lain.

Pelajari aspek makro dan mikro

Setelah memahami fungsi role dan hero di poin sebelumnya, para pemain pro juga wajib memahami aspek makro dan mikro yang ada dalam game. Makro adalah pengetahuan yang harus dimiliki oleh pemain di dalam game maupun di luar game.

Contoh paling penting dari aspek makro ini adalah penguasaan map. Hal ini dikarenakan penguasaan map akan memperbesar kemungkinan menang. Untuk melatihnya pun bisa dengan banyak bermain dan juga menonton pertandingan profesional.

Sedangkan aspek mikro adalah mekanik atau skill, termasuk kemampuan mendengarkan dan mencari posisi musuh. Aspek ini bisa dilatih dengan bermain sebanyak mungkin sampai bisa membawa hero masing-masing ke next level dalam gameplay.

Gunakan smartphone dengan spesifikasi terbaik

Image credit: Samsung

GameMobile Legends: Bang Bang mungkin dianggap ringan untuk smartphone-smartphone modern saat ini. Namun ketika membicarakan ranah game profesional, maka gamer tetap harus mempertimbangkan spesifikasi terbaik.

Maka dari itu, Samsung memastikan Galaxy A34 5G dan A54 5G memenuhi semua hal tersebut. Sebut saja penggunaan prosesor octa-core dengan chipset Dimensity 1080 di Galaxy A34 5G dan Exynos 1380 di Galaxy A54 5G.

Ditambah lagi keduanya telah dilengkapi dengan layar Super AMOLED beresolusi FHD+ yang memastikan gambar game dapat ditampilkan sempurna. Sebagai pelengkap, kedua smartphone ini juga telah memiliki tingkat kecerahan 1000 nit.

Pilih smartphone dengan refresh rate tinggi

Di dalam ranah kompetitif game mobile, banyak aspek yang perlu diperhatikan pada smartphone yang digunakan. Karena di masa sekarang, spesifikasi yang tinggi saja tidak cukup bila tidak diimbangi dengan refresh rate layar yang juga tinggi.

Beberapa pilihan smartphone Samsung yang memiliki refresh rate tinggi adalah Galaxy A34 5G dan A54 5G. Kedua smartphone andalan Samsung ini memiliki refresh rate hingga 120 Hz, memastikan gameplay yang ditampilkan tampak mulus.

Aktifkan fitur Game Booster

Image credit: Samsung

Di masa lalu, fitur Game Booster banyak diabaikan karena dianggap hanya gimmick belaka. Namun seiring berjalannya waktu fitur ini terus dikembangkan dan bahkan kini dapat meningkatkan pengalaman bermain.

Menyalakan fitur Game Booster sekarang dapat mengoptimalkan kinerja smartphone Samsung, termasuk memastikan bahwa tidak ada gangguan seperti notifikasi aplikasi yang masuk saat bermain game.

Penutup Tips Pro Mobile Legends Samsung

Samsung memastikan bahwa semua kebutuhan gaming dari para gamer dapat dipenuhi oleh Galaxy A34 5G dan juga Galaxy A54 5G. Keduanya juga memberikan pilihan bagi para gamer untuk menyesuikan bujet yang mereka miliki.

Image credit: Samsung

Samsung Galaxy A34 5G sendiri dijual dengan harga mulai dari Rp4.999.000, sedangkan model Galaxy A54 5G dijual mulai dari harga Rp 5.999.000, membuat keduanya saling mengisi rentang harga yang ada.

Samsung juga masih menerima pendaftaran program Samsung Galaxy Gaming Academy yang telah dibuka sejak 29 Mei lalu dan akan dibuka hingga 19 Juni 2023 mendatang.

Pemenang Samsung Galaxy Gaming Academy akan dipersiapkan untuk berpartisipasi di Piala Presiden Esport dengan mengikuti pelatihan intensif bersama para coach terbaik pilihan Samsung.