Total Penjualan Kalahkan FIFA 22, FIFA 23 Jadi Game Terpopuler di Eropa Pada September 2022

Angka penjualan FIFA 23 lebih baik dari FIFA 22 yang dirilis pada tahun lalu

Setiap tahun, Electronic Arts selalu meluncurkan game FIFA baru. Tidak terkecuali tahun ini. Jika dibandingkan dengan FIFA 22 yang dirilis pada tahun lalu, angka penjualan FIFA 23 tahun ini menunjukkan peningkatan. Tak hanya itu, FIFA 23 juga berhasil menjadi game terpopuler untuk kawasan Eropa pada September 2022.

Angka Penjualan Game dan Konsol di Eropa

Pada September 2022, total penjualan game di Eropa mencapai 14,4 juta unit, menurut data dari GSD. Jika dibandingkan dengan September 2021, total penjualan game di September 2022 mengalami penurunan sebesar 10%.

Dari keseluruhan penjualan game, sebanyak 8,57 unit terjual melalui toko game digital, sementara 5,82 juta game lainnya dibeli via toko retail fisik. Pada September 2022, baik penjualan game digital maupun fisik mengalami penurunan dari tahun lalu. Total penjualan digital mengalami penurunan sebesar 13,8% dan penjualan fisik turun 3,7%.

Sementara itu, total penjualan konsol di negara-negara Eropa -- kecuali Jerman dan Inggris -- mencapai 394 ribu unit pada September 2022. Angka penjualan ini menunjukkan penurunan sebesar 20% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu. Meskipun begitu, angka penjualan pada September 2022 mengalami kenaikan sebesar 29% dari penjualan pada Agustus 2022, menurut laporan GamesIndustry.

Daftar 10 game terpopuler di Eropa pada September 2022. | Sumber: GSD via GamesIndustry

Dari semua konsol, Switch merupakan konsol dengan angka penjualan terbaik di Eropa. Total penjualan Switch di September 2022 naik 11% dari bulan Agustus 2022. Salah satu faktor di balik kenaikan penjualan Switch ini adalah peluncuran Splatoon 3, third-person shooter game yang hanya bisa dimainkan di Nintendo Switch.

Tak hanya Switch, di September 2022, angka penjualan dari PlayStation 5 dan Xbox Series X|S juga mengalami kenaikan. Total penjualan PlayStation 5 naik 28%, sementara angka penjualan Xbox Series X|S naik hampir 2 kali lipat dari penjualan di Agustus 2022.

Sayangnya, pasar aksesori gaming mengalami penurunan sebesar 7% dari tahun lalu. Pada September 2022, total aksesori gaming yang terjual hanya mencapai 1,44 juta aksesori. Kabar baiknya, total penjualan aksesori gaming di September 2022 menunjukkan kenaikan sebesar 22% dari penjualan pada Agustus 2022.

Aksesori yang paling populer di kalangan gamers Eropa adalah PS5 DualSense controller. Dan aksesori terpopuler ke-2 adalah PS4 DualSense. Aksesori non-controller yang paling banyak dibeli adalah PS5 Pulse 3D headset, yang ada di peringkat 5 dalam daftar aksesori terpopuler di Eropa pada September 2022.

PS5 DualSense controller jadi aksesori terpopuler di Eropa.

Di September 2022, game terpopuler di kalangan gamers Eropa adalah FIFA 23 dari EA. Meskipun pasar game Eropa mengalami penyusutan, total penjualan game sepak bola itu justru mengalami kenaikan sebesar 6% dari pendahulunya, FIFA 22.

Setelah FIFA 23, game dengan angka penjualan tertinggi ke-2 adalah NBA 2K23. Popularitas game olahraga basket itu tampaknya menunjukkan tren naik. Buktinya, total penjualan NBA 2K23 naik 23% dari versi tahun lalu.

Total Penjualan FIFA 23 dan FIFA 22

EA meluncurkan FIFA 23 pada 27 September 2022. Dengan segera, game sepak bola itu memuncaki daftar game dengan penjualan fisik tertinggi di Inggris. Secara keseluruhan, angka penjualan FIFA 23 naik 1,6% jika dibandingkan dengan game FIFA yang dirilis pada 2021.

Seperti yang disebutkan oleh GamesIndustry, angka pertumbuhan penjualan itu memang terkesan kecil. Meskipun begitu, fakta bahwa penjualan FIFA kembali menunjukkan tren naik setelah penurunan selama dua tahun berturut-turut adalah kabar baik.

Sejauh ini, pemilik konsol Sony memberikan kontribusi terbesar pada total penjualan FIFA 23. Sebanyak 41% dari total penjualan FIFA 23 berasal dari pemilik PlayStation 5 dan 30% lainnya dari pemilik PlayStation 4.

Pemilik Xbox One memberikan kontribusi 17% dari total penjualan FIFA 23, sementara Nintendo Switch dan Xbox Series X|S masing-masing memberikan kontribusi sebesar 6% dari total penjualan. Menariknya, angka penjualan FIFA 23 di kalangan pemilik Switch mengalami kenaikan sebesar 20% dari game sebelumnya.

Game FIFA 23 tidak hanya populer di kalangan gamers Inggris atau Eropa, tapi juga di seluruh dunia. Buktinya, hanya dalam waktu 1 minggu setelah peluncuran, game itu berhasil mendapatkan 10,3 juta pemain di dunia. EA mengklaim, FIFA 23 kini menjadi game seri FIFA dengan peluncuran paling sukses.

Satu hal yang harus diingat, FIFA 23 akan menjadi game FIFA terakhir dari EA Sports. Pasalnya, EA memutuskan untuk berhenti menggunakan nama FIFA. Mulai tahun depan, EA akan menggunakan nama "EA Sports FC" untuk game sepak bola buatan mereka.

Angka penjualan FIFA 23 masih lebih tinggi dari FIFA 22. | Sumber: Steam

"Respons dari fans kami untuk FIFA 23 sangat memuaskan. Kami senang karena jumlah pemain FIFA 23 memecahkan rekor baru," kata Nick Wlodyka, Senior Vice President dan General Manager dari EA Sports FC, dikutip dari Eurogamer.

"FIFA 23 memiliki kompetisi Piala Dunia, baik untuk laki-laki maupun perempuan. Kami juga akan memberikan update berupa konten untuk klub sepak bola perempuan. Semua ini memungkinkan kami untuk memberikan pengalaman bermain game sepak bola paling otentik dengan FIFA 23."

Tahun lalu, EA juga meluncurkan FIFA 22 pada September. Sama seperti FIFA 23, FIFA 22 juga langsung merajai daftar game terlaris di Inggris, menurut laporan Yahoo.

Data dari GSD menunjukkan, angka penjualan fisik dari FIFA 22 mengalami penurunan sebesar 34%, walau total penjualan digital justru mengalami kenaikan sebesar 37%. Secara keseluruhan, 77% dari total penjualan FIFA 22 di minggu pertama sejak peluncuran datang dari pembelian digital. Sebagai perbandingan, penjualan digital memberikan kontribusi sebesar 62% dari total penjualan FIFA 21.

Sumber header: Steam